banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 10 April 2016

PENYAKIT PEMBAWA SENGSARA NAN ABADI

Dalam sebuah hadits disebutkan
"Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (qalbu)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Al Imam Ibnul Qoyyim mengungkapkan

“Bumi tidak akan hidup kecuali dengan air. Demikian pula QALBU, ia tidak akan hidup kecuali jika selalu mendapatkan ILMU…

Bedanya, bumi hanyalah membutuhkan air hujan pada saat saat tertentu. Seandainya hujan turun terus menerus, maka diharapkan redanya suatu saat nanti.

Adapun ILMU, maka QALBU selalu membutuhkannya di setiap tarikan nafasnya. Semakin banyak ILMU yang direngkuh seseorang, maka akan semakin baik dan sehat pula QALBUNYA ”

[Miftah Daris Saadah : 1/508-509]

BELIAU juga menyatakan…

“Penyakit QALBU urusannya lebih berat ketimbang penyakit badan. Karena penyakit badan, ujungnya adalah KEMATIAN. Adapun penyakit QALBU maka berujung pada KESENGSARAAN yang ABADI. Dan tidak ada OBAT yang mujarab yang mampu menyembuhkannya selain ILMU ”

[Miftah Daris Saadah : 1/370]

Lalu ilmu apa yang BELIAU maksudkan…

BELIAU menerangkan,
“Namun, ILMU yang dibutuhkan QALBU bukanlah jenis ILMU keseluruhannya. Akan tetapi ILMU yang dimaksud adalah ILMU yang bersumber dan terwarisi dari nabi kita MUHAMMAD. Dan inilah ilmu yang bermanfaat ”

===

Mari Hidupkan Qalbu dengan ILMU, isi waktu dengan mempelajari ilmu yang haq, baik dengan mengikuti pengajian, membaca buku,halaqoh, dan lainnya.
Jadikan agenda prioritas, bukan hanya untuk mengisi diwaktu luang.

#suksesmulia #sukses #motivasi #inspirasi #bahagia #ilmu #qalbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar