banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 01 November 2016

Pengusaha Pejuang



Para Sahabat Rasulullah adalah orang-orang yang dijamin masuk surga. Mereka contoh terbaik dari kaum muslimin, selain teguh dalam berislam mereka juga teguh berjuang tegakkan Dinul Islam keseluruh penjuru Dunia. Diantara para Sahabat Rasul diantaranya adalah Pengusaha.

Namun bukan sekedar pengusaha biasa, mereka adalah Sosok pengusaha Pejuang! Tidak hanya sebagai konglomerat kaya raya nan dermawan, tapi juga sebagai alim ulama nan berilmu dan sosok panglima yang terjung langsung di medan perang.

Sebut saja Abdurrahman bin Auf ketika perang badar dapatkan hadiah sembilan luka parah menganga di tubuhnya dan dua puluh luka kecil.

Pada masa perang Tabuk, Abdurrahman bin Auf menginfakkan setengah hartanya, senilai 4000 dinar. Satu dinar emas sama nilainya dengan emas seberat 4,25 gram. Infak 4000 dinar berarti setara dengan 1,7 kilogram emas.

Abdurrahman bin Auf bersedekah pada masa hidup Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam sebanyak setengah hartanya yaitu 4000 dinar. Sepeninggal beliau, Abdurrahman bin Auf radhiyallahu ‘anhu mensedekahkan 40.000 dinar [setara dengan 17 kilogram emas], membiayai perbekalan perang di jalan Allah sebanyak 500 ekor kuda dan kemudian membiayai perbekalan perang di jalan Allah sebanyak 500 ekor unta. 

Ja’far bin Burqan berkata: “Telah sampai berita kepadaku bahwa Abdurrahman bin Auf membebaskan 30 ribu rumah.”

Subhanallah, masya Allah…

Abdurrahman bin Auf  membiayai pembelian 30.000 rumah untuk beliau sedekahkan kepada kaum fakir dan miskin yang tidak memiliki rumah.

 Perjuangan harta benda dan jiwa "diwakafkan" untuk kemuliaan Islam. Abdurahman adalah sosok hebat inspirasi  pengusaha pejuang yang patut dijadikan teladan. Bukan hanya hebat berdagang namun seorang ahli agama yang jago perang.

Semoga dapat ikuti jejakmu wahai pengusaha pejuang!

Menuju 4 November 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar