banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 02 Januari 2017

Cara Membangun Great Team #4

Cara Membangun Team Yang Hebat #4
Sebelumnya sudah saya bahas cara membangun Great Team, mulai dari proses perekrutan, penempatan "man in the right place", lalu membuat peraturan perusahaan, berikutnya saya mau membahas tentang CODE OF HONOR.
Oh ya semua materi ini saya ambil dari buku saya yang berjudul "JJMBBOM".
Sebagai pebisnis kadang temukan satu dua orang pelanggar aturan perusahaan yang dibuat. Diberi teguran seperti masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Bahkan sudah diberi sanksi-pun masih juga tidak berubah. 
Jika anda memiliki strong leadership yang tinggi maka pasti sudah dipecat berganti dengan karyawan baru, namun keseringan gonta ganti karyawan (turn over) juga tidak berdampak baik pada perusahaan, karena harus mentraining lagi dari A-Z dan berbagai proses lainnya yang melelahkan.
Jika strong leadership anda standar maka terjadi pembiaran demi pembiaran yang akhirnya karyawan meremehkan aturan perusahaan, dampaknya juga pengaruhi karyawan lain menjadi anggap enteng, budaya perusahaan yang loyo pun terbentuk.
Nah.. serba salahkan? Lalu Solusinya BAGAIMANA ?
Anda bisa membuat yang namanya Code Of Honor atau dalam bahasa Indonesia Kode KEHORMATAN. Ini adalah bagian dari aturan perusahaan, inti dari kode kehormatan adalah memberikan sanksi-sanksi yang sifatnya mendidik.
Dari segi isi, mendidik sangat berkaitan dengan moral dan kepribadian. Jika ditinjau dari segi proses, maka mendidik berkaitan dengan memberikan motivasi untuk belajar dan mengikuti ketentuan atau tata tertib yang telah menjadi kesepakatan bersama. Kemudian bila ditilik dari segi strategi dan metode yang digunakan, mendidik lebih menggunakan keteladan dan pembiasaan.
Mendidik dengan memunculkan rasa malu, sanksi sosial, pemaknaan berguna untuk menguatkan sanksi yang ditetapkan dalam aturan.
Dalam sebuah Hadits
“Malu dan iman itu senantiasa ada bersama-sama. Bila hilang salah satu dari keduanya, hilang pula yang lainnya.” (HR. Al-Bukhari 
Sunan Ibnu Majah 4044: dari Ibnu Umar, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila Allah 'azza wajalla hendak membinasakan seorang hamba maka Dia akan mencabut rasa malu darinya.."
Rasa MALU merupakan petunjuk batasan kapan harus bertindak tegas, ketika sudah tidak ada lagi rasa malu dengan terus mengulangi kesalahan walau telah diberi saksi yang sifatnya mendidik, selanjutnya anda baru dapat mem-PHK karyawan tersebut.
Untuk contoh apa saja Code Of Honor yuk lihat video untuk lebih lengkapnya.
Share supaya makin banyak yang mendapat manfaat dan menjadi amal kebaikan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar