banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 19 Januari 2018

Seburuk-buruk pemimpin





Kalau keindahan, kemegahan, dan kemewahan yang hanya menjadi ukuran. 

Firaun mungkin yang pantas disebut pemimpin hebat dan sukses. Firaun dapat bangun sedemikian megah dan hebat di masa nya, bagi yang pernah ke Mesir akan berdecak kagum melihat peninggalannya.

Nyatanya firaun orang yang dilaknat Allah,  sebab ukuran kesuksesan bukanlah sekedar keberhasilan membangun kemegahan apalagi dilakukan dengan mengambil hak rakyat.

“Sesungguhnya seburuk-buruk pemimpin adalah mereka yang mempersulit (menyusahkan) rakyatnya. Oleh karena itu, janganlah sampai kamu tergolong dari mereka,” (H.R. Bukhari dan Muslim)

“Tidaklah seorang hamba dianugerahi kepemimpinan oleh Alah atas suatu rakyat, lalu ia mati dalam keadaan curang (mengkhianati rakyatnya) melainkan Allah mengharamkan surga baginya,” (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Ya’la Ma’qil bin Yasar).

“Akan muncul pemimpin-pemimpin yang kalian kenal, tetapi kalian tidak menyetujuinya. Orang yang membencinya akan terbebaskan (dari tanggungan dosa). Orang yang tidak menyetujuinya akan selamat. Orang yang rela dan mematuhinya tidak terbebaskan (dari tanggungan dosa).”(HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar