banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Sabtu, 10 Maret 2018

Pemecahan Masalah



Dalam bisnis sering dihadapkan kepada berbagai masalah. Kesemuanya membutuhkan solusi jitu agar masalah tidak semakin berlarut dan menjadi beban. Untuk itu dibutuhkan skil problem solving yang terlatih.

.

Setidaknya ada 4 hal yang harus anda ketahui sebelum memutuskan masalah. Ini juga dapat anda gunakan tidak hanya dalam bisnis, juga dalam masalah kehidupan yang lain.

.

Pertama, DATA. Pastikan anda memiliki data yang detail dari masalah tersebut. Misalkan ada komplain, anda harus memiliki data terkait kode produksi, shift siapa yang bertanggung jawab, siapa yang mengerjakan, dll.

.

Kedua, INFO. Anda harus mendapatkan informasi yang jelas. Misal bila komplain, telusuri komplain dalam hal apa, bagaimana kronologisnya, dll.

.

Ketiga, KNOWLEDGE. Anda tidak dapat memutuskan sesuatu yang anda sendiri tidak kuasai. Jadi pastikan anda kuasai bidang tersebut. Bila tidak paham sebaiknya minta bantuan dengan yang paham. Knowledge yang dimaksud disini juga termasuk pengalaman. .

Keempat, SYARIAT. Anda harus memutuskan sesuatu berdasar syariat / aturan yang Allah SWT tetapkan. Semua hal ada aturan dalam Islam. Setidaknya pahami hal tersebut apakah masuk hal yang Haram, Sunnah, Mubah, atau Makruh. .

InsyaAllah dengan keempat hal ini anda dapat memutuskan suatu keputusan yang jitu. .

Salam sukses berkah berlimpah!

#yukhijrah #suksesberkah #suksesmulia #sukses


Tidak ada komentar:

Posting Komentar