banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 22 Maret 2019

Kewajiban Dakwah



•••

Berdakwah

.


Mungkin memang paling enak hidup bebas tanpa beban amanah.. hidup bebas sesuka hatinya puaskan hasrat yang penting hepii.. Nggak perlu diribetkan hal-hal yang bikin pusing.. Apalagi ngurusin problematika umat, nggak bangeuddd.. cukup mikirin gimana caranya diri ini bahagia.. atau agak naik dikit masih rajin ibadah, sedekah, dan ibadah sunnah namun masih kesolehannya untuk dirinya sendiri.

.

Konsekuensi menjadi seorang muslim adalah menjadi pribadi takwa, yang artinya jalankan perintah-Nya dan jauhkan larangan-Nya. Tentunya SEMUA Perintah dan Larangan-Nya bukan ambil mana yang disuka saja.

.

Salah satunya yaitu kewajiban berdakwah menyampaikan yang makruf dan mencegah yang mungkar.

. “Kalian adalah umat terbaik yang dikeluarkan bagi umat manusia, kalian perintahkan yang ma’ruf dan kalian larang yang mungkar, dan kalian pun beriman kepada Allah…” (Qs. Ali-‘Imran: 110)

.

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya! Benar-benar kalian harus memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari yang mungkar, atau Allah akan mengirimkan untuk kalian hukuman dari sisi-Nya kemudian kalian pun berdoa kepada-Nya namun permohonan kalian tak lagi dikabulkan.” (HR. Ahmad)

.

Sebaliknya mereka kaum munafik hidupnya berkebalikan dengan orang beriman, yang  membawa kerusakan dengan malah mengajak kepada keburukan dan melarang/ menghalangi bagi yang ingin taat.

.

“Orang-orang munafiq lelaki dan perempuan, sebahagian mereka merupakan penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka memerintahkan yang mungkar dan melarang yang ma’ruf…” (Qs. At-Taubah: 67)

.

Semakin jelas bahwa ternyata kewajiban berdakwah adalah kewajiban setiap muslim. Jangan tunggu berilmu baru berdakwah, berdakwalah maka kita akan terpacu untuk mencari ilmunya.

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah!

#motivasiislami #yukhijrahbisnis #suksesmulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar