banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 28 Maret 2011

Tips memilih mitra usaha

Salah satu kunci sukses yang harus diyakini semua pengusaha adalah adanya sinergi. Sinergi disini berarti kita harus menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk dapat meraih kesuksesan di dalam berbisnis. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun menjadi pebisnis yang handal dengan bersinergi.

Dengan sinergi perusahaan/bisnis dapat berkembang dengan pesat karena sinergi yang pas akan menjadi nilai kali/leverage. Sinergi disini yaitu menjalin mitra kerjasama, misal didalam bisnis produk jadi, bisa bersinergi dengan mencari mitra distribusi. Lalu misal bisnis lainnya dengan pola waralaba/franchise dimana franchisee merupakan mitra usaha kita.

Kunci keberhasilan bersinergi adalah dimana mendapatkan mitra yang dapat bekerjasama dalam jangka panjang. Berikut tips memilih mitra menurut buku Harvard Business School, dimana ada 3 hal yang menjadi perhatian utama :
1. Purpose : Tujuan keseluruhan
2. Identity : Karakter - Harus digali lagi
3. Values : Nilai yang diyakini
Dimana ketiga hal tersebut harus sejalan atau sama dengan yang kita yakini. Gunakan proses mirroring / berkaca, dimana jika ketiga hal tersebut sesuai satu sama lain berarti dialah orang ideal menjadi mitra bisnis kita.

Kunci Kesuksesan di dalam bermitra/bekerjasama :
1.Hubungan horisontal : dimana keuntungan seimbang dalam artian adil sesuai kapasitas masing-masing.
2. Kedua belah pihak harus memiliki standart kualitas yang tinggi
3. Ada kecocokan/ kesamaan nilai yang diyakini.

Nilai utama yang harus selaras dari mitra adalah : KEJUJURAN DAN KEADILAN
Dimana misalkan harus ada transparansi dalam hal biaya antara perusahaan kita dengan mitra distribusi, Pendekatan personal sangat penting untuk mengetahui hal nilai kejujuran dan keadilan tersebut. Lakukan wawancara untuk mengetahui sebelum kemitraan berlangsung

Cara mengelola Mitra :
1. Memahami kontribusi laba mitra, tingkat persediaan, strategi bagi mitra
2. Perhatian yang tulus, manajemen yang aktif, promosi penjualan, kepastian produk
3. Memahami sudut pandang dan tingkat kepuasan mitra
4. Adanya integrasi : Saling berbagi informasi dan perencanaan strategi bersama.

Mitra harus aktif menyebarkan informasi tentang merek, terutama dalam hal misi sosial dan lingkungan. Supaya mitra mau aktif mengkampanyekan informasi tersebut lakukan pendekatan personal ke mitra secara konsisten tentang pentingnya kampanye tersebut, yang kan berdampak pada peningkatan penjualan dan brand image dimata masyarakat.

Senin, 07 Maret 2011

Ingin SUKSES ? perbaiki karaktermu..

"Kebanyakan orang mengatakan bahwa kecerdasanlah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakterlah yang melahirkannya. "
-Albert Einstein-

Begitu pula kesuksesan di dalam berbisnis atau kesuksesan dalam bekerja di perusahaan, untuk sukses yang dibutuhkan dominan karakter ketimbang kecerdasan. Kecerdasan muncul seiring karakter sukses yang dimilikinya.

Berikut ulasan menarik mengenai karakter yang dimiliki oleh pribadi sukses.


Topik ini diambil dari sebuah buku yang berjudul ‘The New Alchemist‘ karangan Charles Handy, seorang pengamat dan guru ekonomi yang berada di Inggris. Beliau melakukan survei terhadap sekian ratus orang sukses di Inggris dan mencari karakteristik yang sama yang dimiliki pribadi-pribadi sukses itu.
Hasilnya adalah,
Pertama, orang sukses selalu mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap apa yang ia jalankan. Dedikasi itu 
bisa berupa komitmen, kecintaan, atau ambisi untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.


Kedua, determinasi. Kemauan untuk mencapai tujuan, bekerja keras, berkeyakinan, pantang menyerah dan kemauan untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.


Ketiga adalah berbeda dengan orang lain. Karakteristik ketiga ini sangat menarik. Ternyata orang-orang sukses memakai jalan, cara atau sistem bekerja yang berbeda dengan orang lain pada umumnya.

Setelah dilakukan survei yang lebih mendalam, beliau menemukan juga tiga hal pokok yang mempengaruhi orang menjadi sukses.

Pertama, di masa kecil seseorang mengalami suatu kejadian atau melihat sesuatu yang luar biasa sehingga memberikan inspirasi tinggi kepadanya untuk menjadi sukses. Selain itu, kemiskinan di masa kecil juga turut memberikan inspirasi kepada seseorang untuk meraih sukses.
Kedua, pendidikan. Proses pendidikan terjadi di dalam dan di luar sekolah. Pendidikan dapat berupa pengalaman bekerja dengan orang yang sukses, menemui guru atau dosen yang memberikan inspirasi serta menemui pakar atau mentor yang baik. Hal-hal tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya seseorang di masa yang akan datang.
Ketiga adalah peristiwa atau orang penting lain yang kritikal dalam perjalanan hidup seseorang. Pertemuan dengan seseorang yang sangat pandai dan cerdas, sangat baik serta sukses di dunia bisnis bisa jadi memberikan inspirasi pada seseorang untuk mencapai sukses.

Semoga dapat memberikan pandangan baru bagi kita..
Semua orang bisa sukses...

Success is our right !!