banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 28 Desember 2018

Rezeki bukan hanya harta





Mengacu pada penjelasan Ibnu al Manzhur hakikat rizki tidak hanya berwujud harta atau materi belaka seperti asumsi kebanyakan orang. Tetapi, yang dimaksud rizki adalah yang bersifat lebih umum dari itu. Semua kebaikan dan maslahat yang dinikmati seorang hamba terhitung sebagai rejeki.
.
 Hilangnya kepenatan pikiran, selamat dari kecelakaan lalu-lintas, atau bebas dari terjangkiti penyakit berat, semua ini merupakan contoh kongkret dari rizki. 
.

"Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allâh merubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah Azza wa Jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allâh anugerahkan rizki dari jalur yang tiada disangka-sangka". [HR. Ahmad dan al-Hakim]

.
Perbanyaklah istighfar disetiap kesempatan supaya dianugerahkan kebaikan disetiap langkah kehidupan.
#suksesmulia #motivasi #inspirasi #yukhijrahbisnis

Kamis, 27 Desember 2018

Change or Die



Di zaman yang perubahan terjadi sangat cepat bermain aman adalah hal yang paling beresiko.

.

Ada sebuah ungkapan “change or die” berubah atau mati. Menggambarkan bila ingin terus survive bertahan harus mau berubah melakukan inovasi-inovasi.

.

Pada dasarnya watak manusia adalah mudah bosan, ketika sudah merasakan sesuatu ingin merasakan yang lain lagi. 

.

“Seandainya manusia diberi satu lembah penuh dengan emas, ia tentu ingin lagi yang kedua. Jika ia diberi yang kedua, ia ingin lagi yang ketiga. Tidak ada yang bisa menghalangi isi perutnya selain tanah. Dan Allah Maha Menerima taubat siapa saja yang mau bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6438).

.

Sebagai muslimpreneur yang handal tentu harus cermat melihat fakta tersebut. Diantara cara berinovasi yaitu dengan menjadi berbeda.  Bisa dengan menciptakan kondisi EMOSIONAL kepada pelanggan anda.

.

.


Salah satunya CIPTAKAN PENGALAMAN PELANGGAN!

.

.


Pengalaman Pelanggan untuk bisnis offline seperti Resto, Laundry, Barbershop, Coffeshop dan lainnya yaitu dengan Ciptakan Atmosfer outlet/gerai berupa Musik, Warna, Suhu Ruangan, Wewangian, Desain , Nuansa, dan sampai dengan Makanan sesuai Core Brand yang jadi karakteristik pembeda.

.

.


Contohnya, suatu Resto core Brand-nya tentang space/angkasa, maka buatlah nuansa ruangan bertema ciptakan kondisi EMOSIONAL kepada pelanggan anda.

.

.


Salam Sukses Berkah Berlimpah!

.

Baca penjelasan lengkapnya di http://www.agungnugrohosusanto.com/2017/05/cara-menangkan-persaingan-bisnis-2.html?m=0


Senin, 17 Desember 2018

Persatuan umat

Banyak umat terlenakan seperti hidup dalam sangkar, sibuk dengan urusan dunianya tak peduli dengan penderitaan saudaranya yang ditindas, dibunuh, dipersekusi di uyghur, rohingya, palestina, syria, dll dll

.

Dibutuhkan persatuan umat untuk mengembalikan “izul islam wal muslimin” (kemuliaan  Islam dan Kaum Muslim) 

.

Bagi yang diam tidak mau berjuang terwujudnya ukhuwah Islamiyah kan ditanya di akhirat kelak.

.

Mari rapatkan barisan..

.

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

#yukhijrah #motivasi #inspirasi #hijrah

Jumat, 14 Desember 2018

Hikmah Daud vs Jaluth dalam Bisnis


Selalu ada ibroh (pelajaran) dari kisah-kisah nabi terdahulu bagi kita  yang mau berfikir.

.

Sebagaimana nabi Daud AS mengalahkan raksasa Jalut pelajarannya bisa digunakan dalam strategi bisnis dimasa kini.

.

Tentara zaman dulu punya tiga jenis petarung yaitu kavaleri (pasukan berkuda), infanteri (prajurit berzirah membawa pedang & perisai), artileri (pemanah/pelontar batu).

.

Kavaleri bisa mengalahkan artileri karena kuda terlalu cepat dibidik, prajurit artileri/pemanah bisa mengalahkan infanteri karena menjadi sasaran empuk dengan baju zirahnya yang berat, sedang infanteri dengan tombak panjang dan zirah bisa mengalahkan kavaleri.

.

Jaluth seorang prajurit infanteri berat,kebanyakan berpikir bahwa ia akan berduel dengan sesama prajurit infanteri berat yang akan bertarung jarak pendek.Namun dugaan semua salah justru nabi Daud sebagai pelontar batu (artileri) yang cepat, gesit dan ahli pertarungan jarak jauh.

.

Akhirnya nabi Daud memenangkan duel dengan membuat pertarungan menjadi tidak relevan, dari duel jarak pendek berubah jarak jauh.

.

Demikian dalam menghadapi para raksasa bisnis, bila ingin menang jangan ikuti permainannya, keluarlah dan buat menjadi permainan tidak relevan yaitu dengan membuat value yang tidak dapat dibandingkan.

.

Ketika mengubah aturan permainan persaingan menjadi tidak relevan, mungkin inilah yang sekarang dikenal dengan istilah disruption.

.

“Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendakiNya. “

Al-Baqarah : 251, 

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah!





Senin, 10 Desember 2018

Tujun Hakiki


Sabtu lalu diundang mengisi seminar kewirausahaan syariah di auditorium kampus IST Akprind.  Diawali dengan pembukaan oleh wakil rektor dan panitia.
.
Materi yang saya berikan tentang kewirausahaan secara umum dan bagaimana membangun bisnis yang berkah, yaitu dengan menjalankan bisnis sesuai syariat.
.
Diakhiri dengan tanya jawab, 3 pertanyaan meluncur dari audiens. Salah satu bertanya tentang apa tujuan hakiki saya membangun bisnis?
.
Jawabannya, setiap apapun yang dikerjakan termasuk dalam membangun bisnis adalah untuk meraih keridhoan Allah SWT semata. Itulah tujuan hakiki bagi setiap muslim.
.
Lebih spesifik lagi mencari keridhoan Allah SWT dengan berjuang untuk mengembalikan kehidupan Islam yang sebenarnya. Yaitu dengan berdakwah beri pemahaman kepada umat tentang kewajiban terikat kepada syariat mulai dari level terkecil individu (pribadi), keluarga, bermasyarakat  hingga bernegara. 
.
Persis seperti yang dicontohkan Rasulullah hingga terlaksananya Islam secara keseluruhan di setiap aspek kehidupan. Itulah tujuan hakiki menjawab salah seorang peserta seminar.
.
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma´ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali-Imran: 110).

.
Salam sukses Berkah Berlimpah!


Sabtu, 08 Desember 2018

Akar segala masalah



Berbagai masalah dalam kehidupan diawali adanya sebab sehingga timbulnya akibat.

.

Akar masalah terjadi karena tidak dijalankan syariat didalam kehidupan. Mulai dari aturan hubungan manusia dengan Allah SWT (akidah, ibadah), hubungan manusia dengan dirinya sendiri (pakaian, makanan , akhlak), sampai dengan hubungan manusia dengan manusia lain (muamalah level individu sampai level negara, sanksi hukum Islam)

.

Akibatnya berbagai kerusakan terjadi mulai dari level keluarga, masyarakat hingga negara yang kesemuanya saling terkait.

.

Peran negara sebagai pengurus rakyat memiliki peran besar supaya rakyatnya menjadi pribadi yang bertakwa. Yaitu dengan membuat aturan dan kebijakan sesuai syariat-Nya bagi para pemeluk-Nya, persis seperti yang digagas para founding fathers dalam Piagam Jakarta.

.

“Tidaklah pantas bagi seorang lelaki yang beriman, demikian pula perempuan yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu perkara lantas masih ada bagi mereka pilihan yang lain dalam urusan mereka. Barangsiapa yang durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya sungguh dia telah tersesat dengan kesesatan yang amat nyata.” (QS. Al-Ahzab: 36)

.

 “Wahai kaum Muhajirin! Ada lima hal, jika kalian diuji dengan semua itu—dan aku berlindung kepada Allah agar kalian tidak menjumpainya—Di antaranya, ‘Tidaklah pemimpin-pemimpin mereka berhukum pada selain kitab Allah dan lebih memilih (selain hukum) yang diturunkan Allah, melainkan Allah akan menimpakan permusuhan di antara sesama mereka’.” (Shahih Sunan Ibnu Majah)




Jumat, 30 November 2018

Cara hadapi Generasi Milenial



Baru saja selesai membaca buku ‘when millenials take over’ membahas tentang bagaimana menghadapi generasi milenial yang memiliki karakter berbeda dari generasi sebelumnya.

.

Dalam buku ini membatasi usia generasi milenial yaitu dari tahun kelahiran 1982 - 2004. Ada 4 hal yang ditekankan untuk membangun perusahaan/ bisnis bersama generasi ini :

.

Pertama, Digital. Dimana generasi ini sejak kecil sudah tidak asing dengan yang namanya teknologi. Sehingga buatlah sistem dalam perusahaan dengan maksimalkan penggunaan media digital, terutama secara online.

.

Kedua, Terbuka. Dengan terbuka generasi ini merasa diikutkan sehingga perasaan memiliki keluar dan berdampak pada ide-ide solusi yang tak terpikirkan sebelumnya. Buatlah sebuah platform yang bisa diakses semua anggota team berisi informasi terkini perusahaan.

.

Ketiga, Lentur. Generasi ini tidak suka dengan birokrasi yang bertele-tele, maka wadahi dengan sistem yang ter desentralisasi, sehingga divisi memiliki kewenangan memutuskan supaya terhindar dari birokrasi yang panjang.

.

Keempat, Cepat. Dampak akibat dimanjakan teknologi, sudah jelas membuat generasi ini suka hal yang cepat dan praktis. Maka penuhi kebutuhan cepat ini dengan sistem dan proses bisnis yang bisa menambah kecepatan.

.

Tidak ada generasi yang sempurna, semua ada kelebihan dan kekurangannya. Yang bisa kita lakukan adalah optimalkan kelebihannya itu, serta minimalisir kekurangannya. Sesuaikan dengan gaya kepemimpinan dan jenis bidang usaha yang anda jalankan.

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah!

Selasa, 27 November 2018

Jangan hanya melihat sampulnya



Sesuatu yang terlihat belum tentu hakikatnya. Ada yang tampak derita sejatinya bahagia, sebaliknya yang terlihat bahagia sejatinya derita.

.

Terpenting bukan tampaknya, namun kemampuan mengambil hikmah dikala senang atau susah dengan syukur dan sabar.

.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Amat mengherankan sekali keadaan orang mu’min itu, sesungguhnya semua keadaannya itu adalah merupakan kebaikan baginya dan kebaikan yang sedemikian itu tidak akan ada lagi seseorangpun melainkan hanya untuk orang mu’min itu belaka, yaitu apabila ia mendapatkan kelapangan hidup, iapun bersyukur, maka hal itu adalah kebaikan baginya,sedang apabila ia ditimpa oleh kesukaran – yakni yang merupakan bencana – iapun bersabar dan hal inipun adalah merupakan kebaikan baginya.”(HR. Muslim)


#yukngaji #hijrah #suksesmulia #sukses #motivasi #inspirasi


Rabu, 14 November 2018

Rihlah truly muslimpreneur #1


Rihlah Truly Muslimpreneur by Pengusaha Rindu Syariah jogja
.

Alhamdulillah beberapa waktu lalu kami melakukan rihlah di Gunung Kidul bersama rekan-rekan truly muslimpreneur angkatan pertama.
.
Diawali briefing menunjuk pemimpin rombongan, dengan ini mas Yoyok waroeng SS ditunjuk selaku yang paling mengetahui seluk beluk medan tempuh.
.
"Jika keluar dalam bepergian harus mengangkat salah seorang sebagai pemimpin rombongan.” (HR Abu Dawud).
.
Dilanjut peserta berangkat kegunung kidul menggunakan bus yang telah disiapkan.Sementara Team mobil offroad sudah berangkat lebih dulu stand by di meeting point.
.
Sampai lalu makan di pari gogo, sebuah restoran dengan menu khas wonosari. Barulah kemudian peserta menaiki mobil offroad menuju pantai wedi ombo menikmati sun set sambil mendengarkan hikmah cerita hijrah masing-masing peserta.
.
Selesai maghrib dimasjid terdekat barulah pemanasan off road menuju pantai sedahan,  yang bisa saya bilang seperti private beach karena belum banyak wisatawan kesana. Terang saja untuk bisa sampai kelokasi butuh mobil 4x4 yang bisa menerjang medan curam dan terjal.
.
Lalu setiba di pantai kami cek-in tenda dilanjutkan mandi, sholat dan makan malam. Menu lobster dan ikan bakar menanti untuk dinikmati. Saking lapar selain juga memang lezat, lobster disikat habis sampai kami kenyang nambah berulang kali.
.
Barulah acara kajian dari ustadz Dwi Condro,P.hD.membahas materi akidah serta problematika umat, dengan diiringi api unggun dan deburan ombak semakin menambah syahdu meresap kedalam dada.
.
Hari pertama diakhiri dengan bakar jagung dan sosis. Alhamdulillah setelah bersiap tidur masuk tenda masing-masing hujan cukup deras pun turun menambah nyenyak rekan-rekan yang beristirahat.
.
Jam 03.00 peserta bersiap sholat tahajud dilanjutkan subuh berjamaah. Materi kajian bada subuh diisi oleh ustadz Ade tentang shiroh.
.
Selepas acara bebas, berolahraga, dan sarapan barulah dilanjut acara off road yang cukup ekstrem yaitu menyusuri sungai oyo yang penuh air dan bebatuan. Adrenalin benar-benar dipacu ketika mobil-mobil jeep melibas batu-batu besar.  Rasa-rasa mobil miring seakan mau terbalik.
.
Banyak manfaat dari kegiatan rihlah ini diantaranya, media dakwah untuk saling menguatkan dalam berhijrah, perkuat ukhuwah sesama muslim, sebagai wadah silaturahim, menuntut ilmu agama, perkuat fisik dan mental terhindar dari stres. 
.
Imam An-Nawawi mengatakan: “Rehatkan jiwa kalian dari rutinitas ibadah, dengan melakukan hal yang dibolehkan, yang tidak ada dosa tapi juga tidak berpahala.” Sahabat Abu Darda’ ra. menyatakan: “Sungguh, saya merefress jiwa saya dengan melakukan sebagian sendau-gurau atau permainan yang dibolehkan, agar saya kembali giat dalam melaksanakan kebaikan.” Sedangkan Imam Ali ra. berkata: “Rehatkan hati kalian, karena hati juga merasa bosan sebagaimana jiwa kalian merasa capek dan bosan.”[Faidhul Qadir, Syarh Al-Jami’ Ash-Shagir, Jil. 4, Hal. 40 dengan diringkas.]
.
Nantikan event truly muslimpreneur berikutnya! 

Senin, 05 November 2018

Luruskan niat



Jadikan setiap langkah perjalanan hidup ini diniatkan untuk menggapai ridho Allah SWT semata.

.

Luruskan niat kapanpun dan dimanapun..

.


“Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk hina padanya. Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia, maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 2465)

#sukses #suksesmuda #suksesmulia #motivasi #inspirasi 



Kamis, 01 November 2018

Panduan Kehidupan


Panduan Kehidupan

.

Ketika kulkas dirumah rusak TENTU yang paling tepat untuk memperbaiki adalah penciptanya, yaitu produsen merek kulkas tersebut.

.

Kalau TV dirumah error, juga tentu pertama yang kita ikuti adalah buku panduan merek TV tersebut. Bukan malah panduan TV merek lain atau malah buku panduannya AC.

.

Apalagi kerusakan manusia dan masyarakat di akhir zaman ini, panduan untuk memperbaiki nya yang paling tepat adalah dari yang Menciptakannya. Yaitu Allah SWT melalui Al Quran dan As Sunnah, solusi setiap permasalahan hidup.

.

Namun sayangnya masih banyak yang cari solusi persoalan kehidupan mulai dari masalah ekonomi, sosial, politik, hukum, bahkan bernegara malah menggunakan panduan ciptaan manusia dengan kemampuan akal yang terbatas.

.

“Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu.” (QS Al-Maidah [5] : 49) #suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi #suksesbisnis 


Sabtu, 27 Oktober 2018

Amar maruf nahi munkar


Ingin sukses DUNIA-AKHIRAT ? pertama harus tau ilmunya. Baru kemudian praktik terapkan ilmunya itu.

.

Bagi yang belum miliki ilmunya Sudah seharusnya belajar dengan orang yang berilmu. Benar begitu bukan? 

.

Faktanya “kebanyakan” paham namun sedikit yang mau jalankan. Salah satunya  ulama (orang yang ahli ilmu agama) sudah katakan bahwa amar maruf nahi munkar itu wajib atas setiap muslim.

.

Tapi ?  Masih ada juga yang diam, bahkan lebih parahnya ketika sebagian umat ber-amar maruf nahi munkar saat agamanya dihina malah NYINYIR. Padahal itu juga perintah ulama.

.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”. [Al-Imran :110].


.


“Barang siapa yang melihat satu kemungkaran, maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka dengan lisannya dan jika tidak mampu maka dengan hatinya, dan itu selemah-lemahnya iman”. [HR Muslim].


.

Kata ulama berasal dari bahasa Arab, bentuk jamak dari kata ‘aalim. ‘Aalim adalah isim fa'ildari kata dasar:’ilmu. Jadi ‘aalim adalah orang yang berilmu dan ‘ulama adalah orang-orang yang punya ilmu (agama).

.

"Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang diberikan ilmu (ulama) beberapa derajat" (QS. Al-Mujadalah: 11)

.

Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)”. 

.

Seorang ulama menjalankan peran sebagaimana para nabi, yakni memberikan petunjuk kepada umat dengan aturan Islam, seperti mengeluarkan fatwa, laksana bintang-bintang di langit yang memberikan petunjuk dalam kegelapan bumi dan laut (HR. Ahmad).

.

Bahkan Imam Al-Ghazali dalam Ihya ‘Ulumuddinmengatakan, “Tradisi ulama adalah mengoreksi penguasa untuk menerapkan hukum Allah… kerusakan masyarakat adalah akibat kerusakan penguasa dan kerusakan penguasa itu akibat kerusakan ulama.”

.

Namun hati-hati dalam memilih ulama. Al-Ghazali  membagi ulama dalam dua kategori, yakni ulama akhirat dan ulama dunia (ulama su’).  Salah satu tanda ulama dunia  adalah mendekati penguasa. 

.


Wallahu a’lam.

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #benderatauhid #aksibelatauhid 


Rabu, 17 Oktober 2018

Kengerian dibalik Keindahan








Kengerian Dibalik Keindahan
.
Beberapa Hari lalu bersama rombongan off-road mas Yoyok @waroengss Dan ust @fatihkarim mabit berkemah dipantai sedahan yang indah Dan masih sedikit pengunjung. 
.
Terang saja karena untuk menuju lokasi dibutuhkan kendaraan trail / Jeep untuk melewati Jalan yang terjal bebatuan.
.
Pantai berpasir putih yang diapit Dua tebing tinggi ini ternyata memiliki kengerian. Dalam jeda waktu tidak terlalu lama sudah 4 orang meninggal karena tenggelam. 
.
Tidak jauh dari bibir pantai ada sebuah palung dalam yang tidak begitu terlihat  tertutup air.
.
Ketika kami sampai lokasi dimalam Hari terlihat police line, ternyata team SAR sedang proses pencarian 1 orang pelajar SMA terseret ombak. Biasanya menurut team SAR 1-2 Hari korban tenggelam yang Masuk ke palung akan muncul ke permukaan, namun ini sudah 3 Hari belum terlihat, kemungkinan menyangkut di palung atau terbawa ombak menjauh. 
.
Korban dilaporkan hilang usai berusaha menolong tiga temannya yang terseret ombak. Qadarullah tiga orang temannya berhasil selamat namun yang menyelamatkan malah tenggelam.
.
Usai dilaporkan hilang,  pihak Basarnas DIY bersama relawan dari berbagai instansi langsung melakukan pencarian terhadap korban.
.
Penyisiran dilakukan melalui laut dengan menggunakan perahu jukung, dan jalur darat dengan menyisir tebing-tebing.
.
Kami berkemah dipinggir pantai, sholat malam Dan juga berdoa semoga jenazah segera diketemukan. 
Alhamdulillah keesokan siangnya tubuh diketemukan di pinggir pantai. 
.
Ibrohnya kita untuk berhati-hati dimanapun berada. Justru kadang keindahan membutakan sehingga tidak awas dari bahaya mengancam.
.
 Keindahan Dan kesenangan membuat diri lupa daratan hingga tanpa sadar terjerumus kedalam kemaksiatan.
#suksesmulia #berkah #motivasi #inspirasi


Minggu, 14 Oktober 2018

Nilai dari amal perbuatannya



Al-Hasan Bashri mengatakan, “Nilailah orang dengan amal perbuatannya jangan dengan ucapannya. Sesungguhnya semua ucapan itu pasti ada buktinya. Berupa amal yang membenarkan ucapan tersebut atau mendustakannya. Jika engkau mendengar ucapan yang bagus maka jangan tergesa-gesa menilai orang yang mengucapkannya sebagai orang yang bagus. Jika ternyata ucapannya itu sejalan dengan perbuatannya itulah sebaik-baik manusia.”

.

Ubay bin Ka’ab mengatakan, “Pelajarilah ilmu agama dan amalkanlah dan janganlah kalian belajar untuk mencari decak kagum orang. Jika kalian berumur panjang segera akan muncul satu masa di masa tersebut orang mencari decak kagum orang lain dengan ilmu yang dia miliki sebagaimana mencari decak kagum dengan pakaian yang dikenakan.”

.

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. As-Shaff: 2-3)

.

#selfreminder #motivasi #inspirasi #yukhijrah #yukhijrahbisnis 

Selasa, 09 Oktober 2018

Bisnis di Backing Allah

Bisnis di "backing" Allah SWT
.
Alkisah seorang anak ribut dengan anak lain dijalan hanya karena bersenggolan sepeda motor.
.
Emosi memuncak Dan keduanya sepakat menyelesaikan masalah ini secara jantan disuatu lokasi.
.
Merasa punya banyak teman preman anak satunya mengajak teman2 premannya untuk ikut mengawalnya. Tak lama berselang ia kaget bukan main di lokasi tersebut sudah banyak tentara dengan senjata komplit.
.
Seketika mentalnya turun, yang tadinya merasa punya "backingan" ternyata lawannya lebih hebat lagi "backingnya". Belakangan baru diketahui lawannya adalah anak seorang Jendral.
.
Itulah gambaran bagaimana diri merasa hebat, kuat, percaya diri, dan keyakinan yang besar ketika miliki "backingan" yang kuat.
.
Itu baru "backingan" pada manusia, bagaimana kalau "backingannya" adalah Sang Maha Kuasa pemilik semesta ini seharusnya diri menjadi lebih hebat lagi.
.
Itulah sifat yang harus dimiliki setiap Muslim yang taat, dia tidak merasa takut karena yakin Allah SWT menjadi "backingnya", apalagi di dalam dunia bisnis yang penuh dengan ketidakpastian.
.
Syaratnya selama setidaknya dia melakukan ini :
1. Visi, Misi bisnisnya selaras dengan Visi Misi yang Allah SWT tetapkan. Yaitu semua untuk keridhoan-Nya semata.
2. Bisnisnya dijalankan sesuai syariat.
3. Diiringi menjalankan sunatullah dengan maksimal.
.
Yakinlah ketika ketiganya dijalankan maka bisnis anda akan di "backing" Allah SWT.
.
Salam sukses berkah berlimpah!
#sukses #motivasi #inspirasi #suksesmulia

Minggu, 07 Oktober 2018

Lawan rasa Malas



Sudah menjadi sifatnya manusia untuk mengejar nikmat menghindari sengsara. Namun jangan sampai perasaan ini mendominasi sehingga diri dikuasai kemalasan.

.

Malas beribadah, malas belajar, malas berusaha, malas berdakwah, malas ber- amar maruf nahi munkar, dan berbagai kemalasan lainnya.

.

Padahal sebagai seorang muslim banyak perintah-perintah yang tak bisa terlaksana bila hanya ikuti rasa malas.

.

Cara terbaik melawannya adalah dengan memaksa diri untuk bersegera (tidak menunda-nunda). Diawal memang terasa berat, namun seiring waktu menjadi ringan karena terbiasa.

.

Awalnya berat berjamaah ke masjid, ketika dipaksa rutinkan menjadi terasa ringan. Awalnya berat bersedekah banyak, ketika dipaksa menjadi biasa saja. Awalnya berat datang ke kajian, saat dipaksa malah menanti-nanti jadwal berikutnya. Dll dll.. dengan bersegera menuju taat maka kemudahan-kemudahan kan Allah SWT turunkan.

Rasulullah mengingatkan kita, 

.

“Bersegeralah untuk beramal, jangan menundanya hingga datang tujuh perkara. Apakah akan terus kamu tunda untuk beramal kecuali jika sudah datang: kemiskinan yang membuatmu lupa, kekayaan yang membuatmu berbuat melebihi batas, sakit yang merusakmu, usia lanjut yang membuatmu pikun, kematian yang tiba-tiba menjemputmu, dajjal, suatu perkara gaib terburuk yang ditunggu, saat kiamat, saat bencana yang lebih dahsyat dan siksanya yang amat pedih.” (HR. Tirmidzi).


Selasa, 02 Oktober 2018

Kembali dalam taat

Kembali dalam Taat

.

Ketika mendapat musibah / ujian sudah fitrahnya manusia akan mencari sandaran. Dan tentu yang dijadikan sandarannya adalah sesuatu yang Maha Besar, bukan kepada sesuatu yang lemah.

.

Seringkali kita baru mengingat Allah SWT dikala tertimpa musibah. 

.

“Dan jika kalian ditimpa kesulitan di lautan, terlupakanlah segala yang disembah, kecuali hanya Dia (Allah) saja. Ketika Allah menyelamatkan mereka ke daratan, kalian berpaling (dari keimanan, keikhlasan, dan amal sholih). Dan manusia sungguh kufur (terhadap nikmat Allah)” (Q.S al-Israa’ ayat 67).

.

Padahal disetiap langkah kaki aktivitas yang dilakukan haruslah diniatkan untuk kerdihoan Allah SWT dan dilakukan sesuai cara yang diridhoi-Nya (sesuai syariat).

.

Baik dalam perkara hubungan manusia dengan Allah (akidah), hubungan manusia dengan dirinya (makanan,pakaian, minuman, akhlak), dan juga hubungan manusia dengan manusia lain (ekonomi, pemerintahan, sosial, pidana, politik) .

.

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan (kaffah), dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208)

.

Mari persiapkan diri dengan baik, jalankan syariat secara menyeluruh, bila ajal sudah menjelang maka tak ada yang dapat hentikannya barang sedetik. #yukhijrahbisnis #yukhijrah #sukses #motivasi #suksesberkah 

Kamis, 27 September 2018

Sebab kemalasan


Dulu zaman kuliah karena waktu luang yang banyak, ditambah belum belajar dalam tentang agama akibatnya mengisi waktu dengan hiburan-hiburan bersama teman-teman kampus.

.

Berganti dari satu kegiatan ke kegiatan lain yang tidak ada manfaatnya untuk bekal di akhirat kelak.

.

Banyak diantara teman-teman termasuk saya jadi malas berangkat kuliah esoknya kalau sudah begadang malam.

.

Apapun Setiap yang berlebihan memang tidak baik, dampaknya pengaruhi kegiatan lain menjadi malas. Yang bahayanya kalau yang malas terkait yang diwajibkan syariat bisa jatuh dosa karena tidak dijalankan.

.

Rumusnya lakukan yang wajib, perbanyak yang sunnah, kurangi yang mubah, hindari yang haram. Tidak berlebihan jaga dalam keseimbangan.

.

Dari Mujahid, ia berkata, aku dan Yahya bin Ja’dah pernah menemui salah seorang Anshor yang merupakan sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, para sahabat Rasul membicarakan bekas budak milik Bani ‘Abdul Muthollib. Ia berkata bahwa ia biasa shalat malam (tanpa tidur) dan biasa berpuasa (setiap hari tanpa ada waktu luang untuk tidak puasa). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, 

.

“Akan tetapi aku tidur dan aku shalat malam. Aku pun puasa, namun ada waktu bagiku untuk tidak berpuasa. Siapa yang mencontohiku, maka ia termasuk golonganku. Siapa yang benci terhadap ajaranku, maka ia bukan termasuk golonganku. Setiap amal itu ada masa semangat dan ada masa malasnya. Siapa yang rasa malasnya malah menjerumuskan pada bid’ah, maka ia sungguh telah sesat. Namun siapa yang rasa malasnya masih di atas ajaran Rasul, maka dialah yang mendapat petunjuk.” (HR. Ahmad)

#yukhijrah #yukhijrahbisnis #motivasi #inspirasi #suksesberkah #sukses

Senin, 24 September 2018

Suri tauladan



Tokoh rekaan superhero menjadi imajinasi sebab ingin hadirnya mereka ditengah badai kerusakan  moral yang terjadi.

.


Sejatinya seorang muslim haruslah menjadi The Real “Superhero” karena sosok tauladan sebagai umat terbaik ada pada diri Rasulullah

.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (iaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (QS Al-Ahzab:21)

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #inspirasi #sukses #suksesmulia


Minggu, 23 September 2018

Ajal



Hari ini menyolatkan jenazah teman SMP yang meninggal karena kecelakaan.

.

Benarlah mengapa Allah perintahkan hambaNya untuk bertakziyah karena banyak hikmah disana.

.

Semakin sadar bahwa hidup ini hanya sementara, ajal tidak melihat usia. Tua-muda bila sudah waktunya maka tidak dapat memundurkan barang sesaat pun.

.


Dengan apik, Oppick membuat lirik lagu bila waktu tlah berakhir:

bagaimana kau merasa bangga

akan dunia yang sementara

bagai manakah bila semua

hilang dan pergi meninggalkan diri mu..

.

bagimanakah bila saat nya

waktu terhenti tak kau sadari

masikah ada jalan bagi mu untuk kembali

mengulang ke masa lalu..

.

dunia....di penuhi dengan hiasan

semua..dan sgala yang ada

akan kembali pada nya

bila waktu tlah memanggil

teman sejati hanyalah amal

bila waktu tlah terhenti

teman sejati tinggalah sepi...

.


“Perbanyaklah mengingat pemutuskan kelezatan, yaitu kematian, karena sesungguhnya tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan kesempitan hidup, melainkan dia akan melapangkannya, dan tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan lapang, melainkan dia akan menyempitkannya.” HR. Ibnu HIbban dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’.

.

#yukhijrah #yukngaji #sukses #motivasi #inspirasi


Sabtu, 15 September 2018

Belajar dengan siapapun


Belajar dari siapa saja
.
Belajar itu dari siapa saja, bahkan dari anak kecil sekalipun. Selama hal yang mubah (dibolehkan) / tidak melanggar syariat maka ambillah hikmah darinya.
.
Anak saya yang kelas 3 suka membaca, terkadang baca komik menyelingi kegiatan hapalan Quran-nya. Diajari oleh ustadzahnya kalau lakukan kegiatan mubah seperti nonton kartun/baca komik 1 buku MAKA harus “diganti” dengan baca buku belajar/hapalan yang jumlah waktunya sama.
.
Begitu juga dari anak saya yang kelas 1 sering beritahu tentang siroh nabi yang kadang belum saya tahu.
.
Namun juga ada yang saya tidak setuju, dan perlu diluruskan terutama hal-hal yang bertentangan dengan syariat. 
.
Jadi ambillah hikmah dari siapa saja selama hal yang mubah, apalagi hal yang wajib dan sunnah. Namun untuk bisa memilah hukum diperlukan juga untuk paham ilmu agamanya. Dan itu tidak didapat kecuali dengan mengaji kepada ahlinya (ulama/ustadz/kyai/syaikh) supaya tidak salah jalan. 
.
“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” [An-Nahl 43]
.
“Ilmu itu suatu yang hilang dari seorang mukmin, setiap kali ia mendapatkan sesuatu darinya maka ia mengambilnya kemudian ia mencari lagi yang lainnya” [HR.Al-Baihaqiy]

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #inspirasi  

Foto : kelas Brand Disruption pak Subiakto (pakar, praktisi brand berpengalaman 48 tahun) — bersama Subiakto Priosoedarsono.

Senin, 10 September 2018

Hijrah Hakiki



Masyarakat Arab sebelum Rasulullah saw. hijrah adalah masyarakat Jahiliah.

.

Akidah masyarakat Arab saat itu penuh dengan kemusyrikan.

.

Kehidupan sosial Makkah saat itu penuh dengan kebobrokan moral yang luar biasa. Mabuk, Pelacuran dan perzinaan di Jazirah Arab saat itu adalah hal biasa. Pencurian, pembegalan dan perampokan juga menyeruak di mana-mana. Kekejaman bahkan sampai Anak-anak perempuan yang baru lahir dibenamkan hidup-hidup ke dalam tanah, sebagaimana digambarkan dalam al-Quran (Lihat: QS at-Takwir: 8-9)

.

Di bidang ekonomi, Bisnis yang mereka lakukan saat itu sangat kental dengan riba.

.

Secara politis bangsa Arab saat itu bukanlah bangsa yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain seperti Persia dan Byzantium.

.

Kondisi ini mirip seperti kondisi negeri-negeri muslim saat ini.

.

Setelah Rasulullah saw. berhijrah dari Makkah ke Madinah, kemudian beliau membangun Daulah Islamiyah di sana, lalu keadaan masyarakat Arab pasca hijrah berubah total.

.

Dengan sangat indah Rasulullah saw menggambarkan Madinah al-Munawwarah saat itu dengan sabdanya, ”Madinah itu seperti tungku (tukang besi) yang bisa membersihkan debu-debu yang kotor dan membuat cemerlang kebaikan-kebaikannya.” (HR al-Bukhari).

.

Inilah makna hijrah yang hakiki, bukan hanya “hijrah”/ berpindah dari pribadi maksiat menjadi taat tapi yaitu hijrah menuju penerapan Islam secara Kaffah (menyeluruh)

.

Para fukaha lalu mendefinisikan hijrah sebagai: keluar dari darul kufur menuju Darul Islam (An-Nabhani, Asy-Syakhsiyyah al-Islâmiyyah, II/276).

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #inspirasi

Jumat, 07 September 2018

Mengubah Pelanggan menjadi Pendukung



Bagaimana mengubah pelanggan biasa menjadi pendukung (pelanggan setia?). 

Menurut Survei Gallup Organization ia telah mewawancarai lebih dari jutaan pelanggan, berusaha mengetahui apa yang sesungguhnya mereka inginkan.

Pertama, kebutuhan pelanggan bervariasi berdasarkan industrinya.

Kedua, Setidaknya empat harapan pelanggan yang bersifat hierarkis, dimana pengharapan terendah harus dipenuhi sebelum pelanggan siap untuk memberi pengharapan  yang lebih tinggi :

1. KETEPATAN : mengharapkan ketepatan sesuai pesanan.
2. KETERSEDIAAN : mengharapkan ketersediaan dengan kemudahan diakses.
3. KEMITRAAN : mengharapkan kemitraan dengan mendengar mereka, tanggap terhadap mereka, berada disisi mereka. 
4. NASIHAT : merasakan ikatan yg sangat erat dengan organisasi yang telah membantu pelanggan belajar. 

Disarikan dari buku : First, Break All The Rules (Marcus Buckingham & Curt Coffman)




Senin, 27 Agustus 2018

Sukses bisnis sejati




Saat mengisi di seminar bisnis saya sampaikan bahwa salah satu kunci untuk bisa sukses (baik sukses di dunia dan juga di akhirat kelak) adalah dengan menjaga diri dari DOSA. 
.
Kunci sukses ini tidak pernah saya dengar selama saya pernah ikut berbagai seminar, seakan urusan agama tidak ada kaitannya dengan kesuksesan bisnis, demikianlah pemikiran sekuler.
.
Akibat Pemisahan agama dengan kehidupan membuat banyak orang hanya “bermain” di level sunatullah. “Mendewakan” teknik dan cara-cara raih omset besar semata. Untuk urusan halal haram dalam muamalah menjadi urutan sekian bahkan malah tak terpikirkan.
.
Akibatnya bila syariat dilanggar? Mungkin bisa raih omset maksimal namun kalau Allah SWT sayang tak kan bertahan lama, bila Allah SWT murka akan dilanggengkan (istidraj) hingga ajal menjelang.
.
“Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.” (HR. Tirmidzi)
.

#yukhijrahbisnis #suksesberkah #suksesduniaakhirat #sukses #motivasi #inspirasi

Sabtu, 25 Agustus 2018

Ilmu bekal kehidupan



Kedzaliman dapat terjadi bukan sebab kesengajaan, tapi karena ketiadaan ilmu yang melingkupi.

.

Akibatnya dikira sudah melakukan yang terbaik namun sejatinya berbuat aniaya bagi dirinya atau orang lain.

.

Itulah bagi yang ingin menuju jalan sukses dunia-akhirat diwajibkan bekal ILMU “langit”. Akibat malas berilmu jalan terasa berat dan berliku seakan ujian tiada akhir. 

.

 “Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah [2]: 229)

#yukhijrahbisnis #yukngaji #baca #suksesduniaakhirat #suksesberkah #motivasi #inspirasi 

Rabu, 22 Agustus 2018

Resep Hati tenang




Ketika hati gelisah bukan lari darinya dengan mencari hiburan atau sejenisnya, berharap terlupa dan tenang kembali.

.

Ibarat obat penahan rasa sakit sementara sakitnya hilang namun kembali muncul ketika efek obat hilang.

.

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau KEKHAWATIRAN, atau KESEDIHAN, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya” (HR. Al-Bukhari no. 5642 dan Muslim no. 2573.

.

Bermuhasabah-lah, gali kembali apa yang salah dengan diri dihadapan Allah SWT. Datangi majelis ilmu untuk pahami aturan-aturan yang Allah SWT tetapkan. Ditambah dengan sungguh-sungguh Bertaubat, Taat , dan perbanyak ibadah mengingat diri-Nya. .

Ar Rad ayat 28:

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”.

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah!

.

#yukhijrahbisnis #suksesberkah #suksesduniaakhirat #sukses #motivasi #inspirasi

Sabtu, 18 Agustus 2018

Kehebatan Senjata Pindad






Kehandalan senjata Pindad

.

Teringat waktu kecil kalau ditanya cita-cita  jadi tentara. Keren aja liat jago berantem, jago nembak, jago perang, pemberani. Mungkin juga karena liat Pakde yang juga Kopasus.

.

Tahun 2005 an musim airsoft gun main perang-perangan dihutan bawa replika AK47 dragunov, M4 carbine, baju loreng-loreng. Walau hanya peluru plastik tapi karena sudah di modifikasi bisa bikin kulit bentol juga dari jarak 100 meteran. Dan alhasil dilaporin warga ke Polsek dikira senjata beneran. Hehe.. Dan akhirnya sekarang kalau berlatih nembak langsung ke Komando TNI pakai senjata yang disediakan.

.


Senjata yang ada di foto ini tipe SS (Senapan Serbu) dan SPR (Senapan Runduk)  buatan PT Pindad made in Indonesia. Berbeda dengan pendahulunya, SS-1 yang menggunakan lisensi FN FNC Belgia, Pindad SS-2 adalah rancangan asli PT Pindad yang memadukan desain senapan serbu M16 dan AK47.

.

Kehandalan SS-2 terbukti saat kejuaraan menembak militer internasional AASAM (Australian Army Skill at Arms Meeting). Dengan menggunakan SS2-V4HB, TNI sudah lima kali menjuarai lomba tembak tingkat internasional tersebut.

.

Sedang SPR generasi ke-2 dalam uji coba  mencapai performa yang memuaskan, diantaranya mampu menembus lapisan baja 10 mm dari jarak tembak 2 Km. Kabarnya, saat uji coba pesaingnya seperti Truvelo dan Black Arrow gagal menembus baja 10 mm dari jarak tembak yang sama. Luar Biasa!

.

Ini membuktikan Industri senjata Indonesia tak kalah dengan negara maju lainnya. Semoga Pindad bisa terus inovasi dan hasilkan senjata berkualitas lainnya untuk kemaslahatan umat kelak tentunya.

.

#yukhijrahbisnis #suksesberkah #suksesduniaakhirat #motivasi #inspirasi

Jumat, 17 Agustus 2018

Hati menjadi indikator



Fitrah manusia menyukai keindahan. Namun terlalu besar kecintaan akan dunia  membuat diri diperbudak olehnya.

.

Cek kembali hati, bila keinginan terhadap dunia dan pernik-perniknya sampai menguasai diri hingga sangat ingin memilikinya berarti dunia masih jadi tujuan.

.

Namun ketika hati terasa biasa dimana keinginan bisa dikalahkan untuk tujuan yang lebih besar (akhirat) artinya akhirat sudah jadi impian.

.


وَاللهِّ مَا الدُّنْيَا فِي الآخِرَةِ إِلاَّ مِثْلُ مَا يَجْعَلُ أَحَدُكُمْ 

إِصْبَعَهُ فِي الْيَمِّ فَلْيَنْظُرْ بِمَ يَرْجِعُ؟

“Demi Allah, tidaklah dunia dibandingkan akhirat kecuali seperti seseorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya jika ia keluarkan dari laut?” (HR Muslim no 2868).

#yukhijrahbisnis #suksesberkah #suksesduniaakhirat #sukses #yukhijrah #hijrah #motivasi #inspirasi 


Rabu, 15 Agustus 2018

Doa untuk Sandiaga Uno




Sandiaga Salahudin Uno

Sebelumnya hanya tau tentang Pak Sandi melalui media dan beberapa kali ikuti seminar.  Mengenal Pak Sandi lebih dalam pertama kali ketika bersama beberapa teman wirausaha ke kantor disebuah gedung yang megah di Jakarta sekitar tahun 2009. Kami dijamu dan di beri wejangan tentang dunia bisnis.
.
Sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia kesan yang saya dapat beliau low profile dan humbled, mau langsung turun mengurusi UMKM. Bahkan di tahun 2010 disela kesibukannya menyempatkan diri menggunakan jet pribadinya hadir ke Jogja memenuhi undangan pembicara entrepreneur di UGM . 
.
Yang saya ingat hingga sekarang konsep 4-AS nya yang fenomenal. Kerja Ker-AS, kerja Cerd-As, Kerja Ikhl-AS dan kerja Tunt-AS.
Bagi saya saat itu Pak Sandi sebagai sosok entrepreneur masa kini yang bisa dijadikan teladan, muda, kaya, rajin ibadah, dermawan, serta miliki fisik yang prima. Karena beberapa kali bersama teman yang saya kenal  beliau ikut  marathon for charity di luar negeri.
.
Nama Pak Sandi mencuat kembali tatkala beliau mencalonkan diri sebagai wakil Gubernur Jakarta yang akhirnya terpilih,  hingga kemudian saat ini menjadi cawapres.
.
Semakin kesini saya banyak belajar tentang agama, yang sekitar 6 tahun terakhir saya baru paham ternyata Islam itu bukan sekedar agama ritual belaka, namun mengatur perilaku manusia dalam segala aspeknya, termasuk dalam urusan ekonomi (muamalah).
.
Saya tersadar ternyata banyak yang tidak sesuai syariat selama menjalankan bisnis, mulai dari perihal riba dengan seluk beluknya, akad bathil (akad /perjanjian tidak penuhi syarat dan rukun seperti dalam Syirkah, ijarah, Samsarah, Wakalah, Rahn, Qardh, dll), badan hukum PT yang tidak bisa dijadikan dasar akad (hanya sebagai badan hukum), dll dll dll..
.
Dan rasa-rasanya pemahaman tentang bisnis/bermuamalah sesuai syariah tak akan sampai ke saya hingga para pejuang dakwah yang tak kenal lelah terus menyuarakan.
.
Semoga juga dakwah sampai dan dapat diterima oleh Pak Sandiaga Salahudin Uno, sehingga menjalankan muamalah baik untuk urusan ekonomi, politik, sosial, hukum semua dalam landasan syariat Islam. Dan ketika itu benar dijalankan secara kaffah semakin layaklah beliau pantas sebagai sosok teladan muslimpreneur masa kini, yang hebat didunia juga hebat di akhirat, seperti sahabat Abdurahman bin Auf. 
.
Kalau Almarhum Ustadz Harry Moekti hijrah dari Rocker hingga menjadi pendakwah saja bisa, mengapa tidak bagi yang lain? Semoga saja bila Allah SWT berkehendak cukup “Kun!” Maka terjadilah. Mari kita doakan!
.
Agung Nugroho Susanto