banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 24 Desember 2017

Teguh dalam Taat



Di zaman sekuler seperti sekarang rasanya semakin penuh tantangan bagi yang ingin taat.

.

Dengan mudah seseorang berikan cap radikal, intoleran, fanatik, dsb hanya karena tak sejalan.

.

Biarlah lebih baik di cap manusia buruk daripada dicap Allah SWT buruk.

.

Mereka bisa membuat makar namun Allah sebaik-baik pembuat makar. Teruslah istiqomah dan teguh di jalan-Nya.


“Setiap hari semua orang melakukan perjalanan hidupnya, keluar mempertaruhkan dirinya! Ada yang membebaskan dirinya dan ada pula yang mencelakakannya!” (Hadits Riwayat Imam Muslim).

.

“Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun dalam beribadat kepada Tuhannya” (Al-Kahfi: 110).

.


#yukhijrah #yukhijrahbisnis #suksesmulia

Kamis, 21 Desember 2017

Syariat dulu baru Manfaat kemudian



Di era sosial media ini siapapun bisa ungkapkan apa yang ada dikepalanya ke sosmed.

.

Isi kepala yang “keluar” sesuai dengan maklumat shabiqah (informasi awal) yang ia terima sebelumnya.

.

Bila bacaan/orang2 disekitarnya ukuran baik buruknya adalah asas manfaat tanpa peduli syariat maka itulah yang keluar.

.

Begitu pula sebaliknya bagi yang disekitarnya dekat dengan alim ulama (secara bahasa artinya orang yang berilmu agama) maka ukuran baik buruk pertama berdasar syariat, bila sesudah sesuai baru kemudian boleh diukur dari sisi manfaatnya.

.

Namun sayang sekarang banyak yg kedepankan nafsu ketimbang akal, tumpahkan isi pikiran bukan atas kebenaran tapi pembenaran.

.

Padahal setiap ajakan / pemikiran yang dikeluarkan dapat pengaruhi mereka yang membacanya, celakanya pemikiran buruk yang diikuti menjadi dosa yang harus ditanggung si peng-ide awal tersebut.

.

“siapa saja yang mengajak kepada kepada kebenaran, maka ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya tanpa dikurangi sedikitpun. Dan siapa saja yang mengajak kepada kesesatan, maka ia mendapat dosa seperti dosa orang yang mengerjakan tanpa dikurangi sedikitpun” (HR Muslim)

.

Maka bijaklah keluarkan isi hati pikiran! #yukhijrah #suksesmulia

Senin, 11 Desember 2017

Standar Benar dan Salah



Pernah saya bahas tentang perbedaan kapitalisme dan Islam.

.

Dalam Islam ide dasarnya adalah keimanan/keyakinan kepada Allah SWT sehingga qaidah dan qiyadah fikriyahnya (landasan & kepemimpinan berpikir) berdasar perintah dan larangan Allah SWT (Syariat).

.

Sedang kapitalisme ide dasarnya adalah Sekulerisme yang memisahkan antara agama dengan kehidupan. Seperti anggapan berpolitik dan berbisnis jangan bawa-bawa agama. Yang dipahami benar salah adalah dari asas MANFAAT saja. Selama bermanfaat bagi dirinya dianggap baik, sementara yang tidak bermanfaat dianggap buruk. Tidak peduli syariat melarang / membolehkan. Suka-suka hati dan ikuti anggapan umum masyarakat.

.


Inilah pemahaman keliru terutama para pebisnis yang masih kedepankan asas manfaat bukan syariat. Bila demikian artinya bisa disebut sebagai seorang kapitalis.

.

Untuk itu wajib bagi seorang muslim menguasai fikih muamalah ekonomi / bisnis. Minimal yang terkait bisnis yang digelutinya. Supaya tidak menghalalkan yang di haramkan atau mengharamkan yang di halalkan.

.

#sukses #suksesmulia #yukhijrahbisnis #yukhijrah

Senin, 04 Desember 2017

Latih Mental Tenang


Seseorang ber IQ tinggi pun jadi tak berguna ketika tidak tenang hadapi suatu kegentingan. Tiba-tiba IQ menurun drastis karena kurangnya kecerdasan emosional. Keputusan pun “grusa grusu” penuh kepanikan
.
Namun tahukah anda penopang kecerdasan emosional supaya selalu stabil? Ya kecerdasan spiritual-lah yang membuat manusia miliki sandaran. Tidak takut hadapi berbagai cobaan karena yakin setiap kejadian adalah atas kehendak Allah SWT. 
.
Selama dilakukan karena-Nya dan tidak melanggar syariat-Nya pastilah selalu ada hikmah kebaikan.
.

Imam Syafii berpesan “Tidak ada kesusahan yang abadi (di dunia) tidak pula kesenangan, tidak pula kesengsaraan yang saat ini sedang menimpamu, tidak pula kelapangan hidup” 
#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #suksesbisnis #suksesduniaakhirat

Senin, 13 November 2017

Dream Big, Start Small, Move Fast


DREAM BIG:

Sebagai muslimpreneur harus miliki mimpi yang besar. Bukan sekedar besar untuk materi semata. Namun mimpi besar untuk kemaslahatan.

.

START SMALL:

Small disini bukan melulu diartikan kecil, tapi Mulailah dari yang ada, manfaatkan sumber daya yang dimiliki. Baik itu berupa modal, skill, relasi, dll. Bila sudah miliki kemampuan, relasi permodalan syirkah yang oke, serta pengalaman yang teruji silahkan diberdayakan. Asal jangan memaksakan sampai harus pinjam permodalan berbasis riba atau menerabas kaidah syara.

.

MOVE FAST:

Buat perencanaan lalu segera eksekusi dengan cepat. Tidak setiap yang cepat itu bagus, terlebih yang lambat juga tidak lebih bagus. Persaingan demikian ketat, informasi sangat cepat, bila tidak bergerak cepat bisa tersikat.

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah! #suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi 

Jumat, 10 November 2017

Perbesar Kapasitas




Kapasitas kemasan 600 ml mampu bawa air max 600 ml. Kemasan 1500 ml mampu bawa air max 1500 ml. Kalau dipaksa sudah bisa ditebak, bakal tumpah.

.

Begitu juga kapasitas diri harus terus diperbesar bila ingin tampung “air” yang banyak. Mau dipaksa bagaimanapun akan tumpah kalau sudah berlebih.

.

Perbesar kapasitas bisa dengan pilihan cara:

1. Belajar dengan yang pengalaman ( seminar,buku,workshop,coaching,video,dll)

2. Belajar dari pengalaman (butuh waktu,tenaga,dan trial eror)

3. Bekerjasama dengan yang pengalaman (bisa berupa Syirkah,ijarah,samsarah)

.

Setiap cara punya keunggulan dan kekurangan. Yang pasti kalau mau “angkut” banyak dengan cepat maka anda butuh orang lain, alias nggak bisa jalan sendiri.

.

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” [al-Mâidah/5:2]


#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi 

Selasa, 31 Oktober 2017

Kemunculan Penyakit Hati




Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Pandanglah orang yang berada di bawah kalian, jangan memandang yang ada diatas kalian, itu lebih baik membuat kalian tidak mengkufuri nikmat Allah” (HR.Bukhari-Muslim)

.

Faedah:

-Muslim dianjurkan untuk melihat orang yang berada dibawahnya untuk urusan dunia, dan melihat orang yang berada diatasnya dalam urusan agama.

.

-Melihat orang yang berada diatasnya dalam urusan harta dapat menimbulkan kegelisahan dan kecemasan serta tidak mensyukuri berbagai kenikmatan yang dilimpahkan Allah SWT.

.

-Melihat orang yang diatasnya dalam urusan agama dapat mendorong kepada peningkatan dalam ketaatan, dan menetapi ibadah kepada Allah SWT.

(Nuzhatul Muttaqina Syarhu Riyadis Salihina)

#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi 

Senin, 30 Oktober 2017

Syariat solusi problematika umat



Masyarakat sekarang didominasi oleh pemikiran, perasaan, dan peraturan yang serba rusak

.

Pemikiran rusak, dengan sekulerisme yang menyingkirkan peran agama dari kehidupan..

.

Perasaan rusak,yaitu pemujaan yg berlebihan terhadap harta benda, sehingga orang tidak peduli lagi halal dan haram..

.

Peraturan rusak,dengan sistem ekonomi kapitalis yg menimbulkan kesenjangan lebar antara si kaya dengan si miskin akibat peraturan yang berpihak kepada pemodal besar.

.

Akibat dari kerusakan masyarakat ini adalah rusaknya mentalitas individu-individunya..

.

Syariat memperbaiki sikap dan mental individunya dengan memperkuat keimanan dan ketakwaannya..

.

Hanya Dengan syariat lah semua permasalahan kehidupan kan terselesaikan secara baik, adil, sesuai fitrah, berikan kebahagiaan hakiki (dunia dan akhirat)

.

Jadi tak usah bingung solusi problematika umat telah ada tinggal diri percaya tidak dengan aturan dan petunjuk-Nya

.

#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi 

Sabtu, 28 Oktober 2017

Bisnis Sesuai Syariat



Cukup terkaget ketika menjelaskan culture perusahaan yang kedepankan prinsip spiritual company (Islami) kepada team baru.
.
Ternyata itu yang dicari dan dirindukan para staf baru ini. Bagaimana tidak dia bercerita betapa sulitnya untuk ibadah sholat di resto Fast Food Ayam Pedas yang lagi naik daun ini. Sampai-sampai menurutnya harus "berantem" dulu.
.
Alhasil beberapa temannya pun diajak ikut serta bergabung disini walau gaji beda sampi separuh.
.
Itulah hal mendasar kalau sudah bicara keimanan menjadi harga mati bagi mereka yang yakin dengan din ini.
.
Jalankan segala sesuatunya termasuk bisnis sesuai syariat maka janji Allah SWT kan diturunkan keberkahan dari langit dan bumi.
#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi

Selasa, 24 Oktober 2017

Terus Berdakwah Sampaikan Kebenaran



Entah apa jadinya negeri ini bila tak ada lagi orang yang sampaikan kalimat haq mengajak kebaikan, mencegah kemungkaran.

.

Mungkin nikmat iman dan nikmat Islam tak kan sampai ke kita pabila semua orang acuh tak acuh untuk berdakwah tapi hanya mikirkan urusan perut dan bawah perut ATAU hanya sibuk sendiri beribadah tak pedulikan urusan umat.

.

Baginya elu-elu gue-gue, urusanmu-urusanmu urusanku-urusanku asal jangan saling mengganggu. Persis seperti pemikiran liberal dan kapitalis. Padahal mendiamkan kedzaliman merajalela ketika diri mampu mengubahnya kelak di akhirat kan dimintakan pertanggungjawaban.

.

Terus suarakan kebenaran hingga akhir hayat menjelang, karena dakwah itu bukan hanya kewajiban kyai / ustadz tapi KEWAJIBAN setiap muslim.

.

"Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS: Ali Imron 110)

#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi


Senin, 23 Oktober 2017

Ketenangan dalam ketaatan



Roda kehidupan terus berputar. Banyak episode yang dilewati pada setiap putaran. 

Ada kesedihan, ada kesenangan. 

Ada penderitaan, ada kebahagiaan.

Ada kesempitan, ada keluasan. 

Ada kesulitan, dan ada kemudahan. .

.

Tidak ada manusia yang terhindar darinya. Hanya kadarnya yang tidak sama. 

Situasi apapun saat ini tak usah risau atau galau.

.

Cerita tidak selalu sama. Episode terus berubah. Berganti dari satu situasi ke situasi. Kadang diatas, kadang dibawah. Kadang maju, kadang mundur. Kadang di depan, kadang dibelakang. Itulah kehidupan.

.

Namun, satu hal yang harus tetap ada; yaitu, hati yang selalu tenang, tetap teguh dalam ketaatan.

.

Ketika hati dalam tenang, maka buahnya lisan dan anggota badan pun ikut tenang. Tindakan kan tetap dijalur yang dibenarkan dan jauh dari sikap membahayakan. Kata-kata terkandung hikmah dan tidak keluar dari kesantunan, sesulit dan separah apa pun situasi yang sedang dihadapi.

.

Ketenangan adalah karunia Allah yang hanya diberikan kepada orang-orang beriman nan taat, seperti dalam firman-Nya : .

“Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath [48]: 4)

#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi #hijrah #yukngaji

Sabtu, 21 Oktober 2017

Islam Berikan Solusi Setiap Masalah



Ketika sedang sakit kita yakin saat dokter berikan obat dan petunjuk penyembuhan. 
.
Lalu kenapa kita tidak yakin ketika Allah SWT berikan petunjuk solusi setiap permasalahan?
.
Ini tanda diri masih jauh dari-Nya, hingga akal diri yang terbatas mengalahkan petunjuk jalan yang lurus.
.
 “Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu.” (QS Al-Maidah [5] : 49) #suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi #suksesbisnis

Rabu, 18 Oktober 2017

Solusi Permodalan dan Keahlian



Ketika mulai belajar bisnis awal kuliah tahun 2004 saya bermitra dengan teman satu kampus membuka distro.
.
Keahlian saya yang terbatas di satu bidang di lengkapi dengan teman saya ini. Walau akhirnya bisnis tutup karena kurang pengalaman bisnis.
.
Waktu berjalan saya mulai bisnis sendiri, saya pikir enak nih bisnis sendiri nggak ribet semua keputusan sendiri. Bener juga sampe bisa buka beberapa cabang. Namun memang kecepatan bisnis karena semua dipikir sendiri pertumbuhan cenderung pelan apalagi dalam permodalan.
.
Baru kemudian paham konsep syirkah, disitu saya bisa kerjasama dengan yang punya keahlian dan dengan yang punya modal, baru pertumbuhan bisnis melesat.
.
Inilah hebatnya Islam sampai mengatur urusan ekonomi (bisnis) yaitu dengan bersyirkah.
.
"Barangsiapa bertakwa kepada Allah maka kan diberikan keberkahan dari langit dan bumi"
.
Salam Sukses Berkah Berlimpah! #yukhijrahbisnis #suksesmulia #sukses #motivasi #inspirasi #yukhijrahbisnis

Berani Hadapi Masa Depan


Ketakutan itu wajar sebagai manusia. Namun jangan sampai karena itu diri sampai  menabrak syariat- Nya.
.
Jauhkan dari yang haram seperti riba dan turunannya. Serta Bekerja/berbisnis dalam koridor syariat.
.
“Sesungguhnya Jibril membisikkan dalam hatiku bahwa suatu jiwa tidak akan mati hingga sempurna ajalnya dan menghabiskan jatah rezekinya. Maka, bertakwalah kepada Allah dan baguskanlah dalam mencarinya. Jangan sekali-kali lambatnya rezeki datang kepadamu
menjadikanmu mencari rezeki dengan cara maksiat kepada Allah. Karena rezeki yang halal dari Allah tidak akan bisa didapatkan kecuali dengan ketaatan kepadanya-Nya’.—diriwayatkan Al-Bazzat dan Abu Na’im; .
Tetap Semangat menggapai Keberkahan!
.
#selfreminder #yukhijrahbisnis #suksesmulia #sukses #motivasi #inspirasi

Mental Pemenang



Begitu banyak kejadian terjadi setiap hari, baik hal baik atau hal yang buruk. 
.
Yang membedakan pemenang dari pecundang adalah bagaimana melihat suatu kejadian. 
.
Ada yang menyalahkan lalu menyerah, ada yang introspeksi dan terus berjuang.
.
Olah pikiran dan perasaan untuk selalu positif. Fokuslah pada tujuan, karena setiap halangan dan rintangan itu biasa. 
.
Rasulullah bersabda: “Barangsiapa berusaha menjaga dirinya, Allah akan menjadikannya mampu menjaga kehormatannya. Barangsiapa yang merasa cukup, Allah akan menjadikannya orang yang berkecukupan.—Muttafaqun’alaih
.
#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi #bisnis #belajarbisnis

Selasa, 17 Oktober 2017

Kesibukan yang Melenakan



Beberapa waktu lalu setelah waktu maghrib mendekati isya masih dikantor ada abang sate lewat, karena perut lapar segera panggil.
.
Ngobrollah dengan abang sate, dia keluhkan gara-gara "Si Bos" telat nyiapin bahan dagang banyak pelanggan nya ga jadi pesan karena sudah makan yang lain.
.
Abang sate berkeluh kesah berulang-ulang kali "wah sial hari ini" "gara-gara si bos" dsb. 
.
Saya nyeletuk "udah sholat belum?" Hanya dijawab senyuman dan ngeluh-ngeluh lagi berhitung keuntungan yang harusnya didapat.
.
Setelah selesai makan lagi-saya ingetin untuk sholat biar dilancarin.
.
Ini jadi gambaran bukan hanya untuk abang sate namun kita semua yang kadang lupa kewajiban karena kesibukan.
.
Jarang hadiri kajian agama, malas berdakwah, kurang perhatikan tuntunan fikih muamalah dalam berbisnis, dll.
.
"Wahai anak Adam! Janganlah menjauh dariKu, sehingga Aku penuhi hatimu dengan kefakiran dan Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan.”—HR Al Hakim 
.
Semoga kita selalu diberi ke-istiqomahan untuk selalu berada dijalan yang di ridhoi
.
#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi #selfreminder

Niatkan untuk Ridho Allah



Sungguh sayang bekerja hanya untuk sekedar dapat gaji.
.
Sungguh sayang berbisnis hanya untuk sekedar memperkaya diri.
.
Sungguh sayang silaturahim hanya ketika ada kepentingan pribadi.
.
Sungguh sayang pabila seluruh kegiatan hanya untuk penuhi nafsu ambisi.
.
Jadikan semua perilaku diri hanya untuk mengharap Ridho Illahi Robbi.
.
Yaitu dengan tetapkan niat dan tujuan untuk kemuliaan / kebaikan. 
.
Diantaranya untuk berdakwah sampaikan kalimat haq dalam berbagai kemasan kebaikan.
.
“Sesungguhnya harta ini bak buah yang segar lagi manis. Barang siapa yang mengambilnya dengan tanpa ambisi (sikap rakus), maka ia mendapat berkah pada hartanya. Sedang orang yang mengambilnya dengan penuh rasa ambisi (rakus), niscaya hartanya tidak diberkahi. Akibatnya ia bagaikan orang yang makan namun tidak pernah merasa  kenyang.—HR Bukhari dan Muslim
.
#suksesmulia #yukhijrahbisnis #sukses #inspirasi #motivasi #bisnis

Senin, 02 Oktober 2017

Bisnis itu Surga dan Neraka



Dari Hakim bin Hizam -radhiyallahu’anhu-, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda kepadanya,
.
يا حكيم إن هذا المال خضر حلو، فمن أخذه بسخاوة نفس بورك له فيه، ومن أخذه بإشراف نفس لم يبارك له فيه، وكان كالذي يأكل ولا يشبع
.
"Wahai Hakim, sesungguhnya harta itu manis dan indah. Oleh karena itu siapa mengambilnya dengan tanpa ketamakan hati, maka akan diberkahi. Adapun yang mengambilnya karena ketamakan (tanpa memperhatikan halal haram), maka tidak akan diberkahi. Itulah seperti orang yang makan, tapi tidak merasa kenyang." (Muttafaqun’alaih)

#yukhijrahbisnis #suksesmulia #motivasi #inspirasi #sukses

F.O.C.U.S


"Curahkan 100% diri pada setiap yang sedang dilakukan.."

.

Saat sedang bekerja, curahkan segalanya pada apa yang dikerjakan.

.

Saat sedang beristirahat, curahkan diri kita dengan beristirahat total.

.

Saat sedang bersilaturahmi, curahkan seluruh diri kita dengan total bersilaturahmi.

.

Dan berbagai saat-saat lainnya yang sering di temui sehari-hari..

.

Prinsip ini sederhana namun memiliki efek yang luar biasa dampaknya. Mulai dari kerjaan yang biasanya kekurangan waktu sebab pekerjaan menumpuk, menjadi pekerjaan cepat selesai dan banyak waktu tersisa. Efektif gunakan waktu sebaik mungkin dengan segenap perhatian. 

.

Terkadang dalam bekerja sering terganggu dengan hal-hal yang tidak penting, mulai dari handphone yang berdering, WA , bahkan sosial media yang sibuk dipantau.

.

Padahal dengan sedikit menahan diri tidak terhubung dengan alat komunikasi maka pekerjaan lebih cepat terselesaikan dan energi yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 

.

Yang terjadi saat mengalihkan dari konsentrasi bekerja ke hal-hal yang tidak penting seperti melihat facebook, anda sudah membuang energi konsentrasi yang semula di bangun. 

.

Dengan sendirinya saat anda harus berkonsentrasi kembali ke pekerjaan membutuhkan ekstra energi yang besar. 

.

Dampaknya  diri menjadi cepat lelah karena harus berulang kali berkonsentrasi 

.

#yukhijrahbisnis #suksesmulia #motivasi #inspirasi #bersuara #sukses #suksesbisnis 



Rabu, 27 September 2017

Mental yang kuat



“Ya Allah, sejatinya aku berlindung kepada-Mu dari rasa (al ham) gundah dan (Al Hazan) duka karena penyesalan, rasa tidak berdaya, malas, kikir, sifat penakut, terlilit utang dan penindasan orang lain.”—HR Al-Bukhari 7/158.

.

Demikian redaksi doa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. 


Faedah dari hadits ini setidaknya ada 7 hal yang bisa diambil pelajaran untuk jadi pribadi  sukses dunia akhirat: 


1. Untuk tidak menyesali dari setiap kejadian. Semua pasti ada hikmah pelajaran yang bisa diambil. Rugi / gagal itu biasa, yang tidak biasa adalah bagaimana sikap menghadapi kegagalan tersebut. 


2. Menjauhkan dari sikap tidak berdaya. Sikap ini membuat kita membatasi diri.Mau bisnis ga ada modal/ ga ada waktu/ ga punya relasi/ ga punya keahlian, dll. Padahal setiap manusia diberikan potensi, bagaimana kita olah potensi diri untuk jadi kekuatan.


3.Jauhkan sifat malas. Sikap malas sudah jelas, rasanya orang yang diberi kecerdasan IQ setinggi apapun kalau malas ya tak kan berguna. Sebaliknya dengan IQ pas-pasan kalau dia gigih dan terus belajar bisa berhasil juga.


4.Jauhkan sifat kikir. Orang kikir selalu penuh prasangka buruk / suudzon. Hidupnya penuh kenegatifan dan ketakutan-ketakutan yang menghambat.


5. Hindari sifat penakut. Mirip seperti sifat kikir yaitu tidak bisa berpikir positif, dan sedikit keyakinan.


6.Jauhi Utang, jangan biasakan berutang selama tidak sangat mendesak sekali. Banyak orang jatuh karena utang, apalagi disertai riba makin komplit kerusakannya.


7.Jauhi dari tekanan / penindasan. Terlebih di zaman sekarang penindasan dimana-mana oleh oknum-oknum penguasa dan aparaturnya. Hindari atau hadapi dengan tetap dijalur yang lurus.


Salam Sukses Berkah Berlimpah!

Agung Nugroho Susanto


Dunia tiada habis



---------------------------------------------
TADABBUR QS.AL HADID 20-21
----------------------------------------------

Allah menjelaskan beberapa hal tentang kehidupan dunia ini antara lain

1.Kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau, perhiasan dan bermegah megah serta berlomba banyak tentang harta dan anak anak

2.Perumpamaan kehidupan dunia seperti tanam tanaman yang tumbuh subur menghijau kemudian menjadi kuning , layu dan hancur. Dari tiada kembali menjadi tiada.

3.Kehidupan yang abadi adalah kehidupan akhirat, disana ada ampunan dan keridhaan Allah dan ada pula azab yang pedih bagi para pembangkang yang tidak percaya pada Allah.

4.Kehidupan  dunia ini  adalah kehidupan yang penuh kepalsuan dan tipuan , hati hati dan waspadalah menghadapinya.

5.Allah menganjurkan pada orang yang beriman agar berlomba lomba meraih ampunan Allah dan syurga di akhirat yang luasnya seluas langit dan bumi

6.Syurga itu disediakan bagi orang yang beriman pada Allah dan RasulNya.

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. Qs.Al Hadid 20 

Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.Qs.Al Hadid 21 

#DSAS DUNIA SEMENTARA 
AKHIRAT SELAMANYA

Minggu, 24 September 2017

Pantaskan Diri

Mungkin saja diri pernah bertanya-tanya mengapa doa tak kujung terkabul. Mengucap doa berulang-ulang supaya terlepas dari berbagai masalah dan himpitan hidup.

.

Bersabar dan Yakinlah, jangan tergesa-gesa. Bisa jadi berbagai ujian hakikatnya adalah kasih Sayang Allah SWT kepada hamba-Nya, yaitu supaya mengikis dosa-dosa yang menggunung.

.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu alahi wassalam bersabda, "Doa seseorang dari kalian akan senantiasa dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa hingga mengatakan,'aku telah berdoa kepada Rabbku, namun Dia belum juga mengabulkan untukku." (HR.Muslim)

.

Tahukah anda menurut Ibnu Juraij, "Sesungguhnya doa Musa dan Harun atas kecelakaan Firaun tidak diijabah, kecuali setelah 40 tahun." (Faisal bin Abdul Aziz Ali Mubarak, Tatrizu Riyadis Salihin, Juz 2, t.t.:30)

.

Jadi YAKINLAH dan jangan tergesa-gesa, nikmati setiap detik waktu kehidupan dengan teguh di jalan Taat. 

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah!

.


#inspirasi #motivasi #suksesmulia #yukhijrahbisnis #hijrahbisnis #bisnis #suksesbisnis 

Bisnis Keren adalah...


Karena keawaman, saya kira urusan agama itu hanya untuk perkara ibadah saja. Ternyata Islam mengatur detail setiap perilaku manusia.
.
Akhirnya sekitar sejak tahun 2013 saya baru perdalam tentang fikih muamalah khususnya bisnis. Bolak balik Jogja-Bogor-Jakarta untuk belajar mengejar ilmu kepada para pakar/ustadz fikih.
.
Setelah belajar bukannya tenang malah hati makin campur aduk. Bagaimana tidak, ternyata selama ini yang saya jalankan banyak salahnya!
.
Kalau bisa diulang saya lebih memilih belajar ilmu-ilmu syariat bisnis sebelum ilmu-ilmu sunatullah yang saya rela bayar hingga ratusan juta rupiah.
.
Berbisnis sesuai syariat adalah kewajiban bagi setiap muslim, disanalah sumber keberkahan. InsyaAllah akan dahsyat bila bisnis dijalankan sesuai syariat ditambah sunatullahnya juga maksimal.
.
Akhirnya karena saya berani action bisnis tanpa bekal ilmu agama berdampak harus menata ulang kembali bisnis. Akad-akad dibenahi, kandungan-kandungan riba, produk, prosedur, interaksi, pemasaran, dll dll semua di atur kembali.
.
Pesan untuk yang akan dan sedang meniti jalan bisnis ingatlah pesan ini "Ilmu (agama) sebelum amal" sangat penting supaya anda bisa gapai kesuksesan hakiki yaitu Sukses Berkah Dunia Akhirat.
.
“Kemudian kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), Maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak Mengetahui.” (QS. Al Jatsiyah: 18)
.
#inspirasi #motivasi #suksesmulia #yukhijrahbisnis #yukhijrah #bisnis

Kamis, 21 September 2017

Seminar Hobi Jadi Bisnis








Pagi tadi mengisi materi seminar di IST Akprind tentang "Menjadikan Hobi Sebagai Pohon Uang". Begitu tema yang diminta panitia.


Saya sampaikan setidaknya ada 4 point bila ingin jadikan hobi sebagai bisnis :

1. Apakah hobi anda Menjual ?

2. Apakah hobi yang akan dijadikan bisnis bisa untuk jangka panjang?

3. Apakah siap hobi tersebut yang tadinya enjoy tanpa target, menjadi penuh target dan penuh tekanan?

4. Bisakah di duplikasi / delegasi kepada staff/team?


Kemudian saya sambung dengan materi cara membangun brand yang dipuja, setidaknya mengandung unsur UNIK + EMOSI + KREATIF. kemudian saya sharekan juga Bagaimana membangun Bisnis Berkah Berlimpah yang merupakan rangkuman buku saya yang pertama.


Selesai materi seperti biasa sesi tanya jawab, salah satu pertanyaan yang menarik yaitu Bagaimana supaya diri selalu positif/ tidak ragu ketika jalankan bisnis?


Jawabannya yaitu dengan selalu tawakal, baik ketika sebelum ikhtiar, saat ikhtiar, dan setelah ikhtiar. Tawakal dulu, tawakal lagi, tawakal terus. Sandarkan dan pasrahkan seluruh ikhtiar kepada Allah SWT. Sehingga yakin Allah kan berikan jalan terbaik.


Salam Sukses Berkah Berlimpah!

Yogyakarta, 21 September 2017 

Sabtu, 09 September 2017

"Derita" adalah Kebahagiaan



Ketika diri DIUJI dengan berbagai cobaan apakah artinya sedang menderita?

.

Di mata manusia yang kurang memahami makna kehidupan mungkin IYA.

.

Namun di mata Sang Pemilik Kehidupan justru disitulah letak kebahagiaan Sejati.

.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الْخَيْرَ عَجَّلَ لَهُ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الشَّرَّ أَمْسَكَ عَنْهُ بِذَنْبِهِ حَتَّى يُوَفَّى بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ .

"Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.” (HR. Tirmidzi no. 2396)

.

Juga dari hadits Anas bin Malik, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

.

إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِىَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

.

"Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barangsiapa siapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka.” (HR. Ibnu Majah no. 4031)

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah! 

Senin, 04 September 2017

Keseimbangan Sunatullah Bisnis

Menjalankan sunatullah bisnis adalah bagian dari ikhtiar. Ikhtiar dan tawakal dijalankan seiring sejalan.


Teori bisnis (strategy) dari pakar-pakar mudah didapat di zaman informasi sekarang.


Setelah miliki bekal strategy yang hebat juga perlu didukung team dan system yang juga hebat supaya tereksekusi dengan baik


Itulah keseimbangan dalam sunatullah berbisnis.



Salam Sukses Berkah Berlimpah! 

Tipe team dalam perusahaan


Secara sederhana beginilah tipe team kita dalam bisnis.
.
Tipe pertama dan Kedua sebaiknya dihilangkan karena KEMAUAN bekerja hal mendasar dalam bekerja dan belajar.
.
Tipe ketiga masih bisa dibina untuk bisa naik ke Tipe empat. Namun untuk job desk tertentu seperti bidang IT /Programmer tetap kemampuan harus ada.
.
Tipe Kelima adalah tipe yang ideal, yang mau memikirkan bagaimana cara perusahaan mencapai target-target dengan ide-ide kreatif.
.
#sukses #inspirasi #motivasi #suksesberkah #suksesmulia

Selasa, 29 Agustus 2017

ZMOT



Di era internet sudah seharusnya anda mengoptimalkan semua channel online baik itu website, socmed, blog, market place, dll dll

Permudah konsumen untuk dapatkan informasi secara detail terutama terkait keunggulan produk anda. 

Fenomena ZmOt memaksa anda untuk selalu berfikir kreatif supaya merek anda diingat dan dipilih diantara puluhan/ratusan merek.

Salam Sukses Berkah Berlimpah! 

Senin, 28 Agustus 2017

Leader vs Manager



Leader fokusnya menginspirasi orang-orang yang dipimpinnya untuk bersama menggapai visi besar perusahaan.

Sedang Manager fokusnya untuk alokasikan sumber daya agar pekerjaan efektif dan efisien.

Sebagai pemimpin bisnis jadilah leader yang dibantu para manager untuk jalankan perusahaan. 

Jangan sampai pemimpin terjebak menjadi manager yang malah sibuk urusan operasional.

Nyonya Meneer dan Fenomena Zombie Company

Rhenald Kasali (Jawa Pos Photo)


MERINDING kita mendengar kabar bahwa perusahaan legendaris Nyonya Meneer dipailitkan kreditornya minggu lalu. Dengan begitu, pengelolaan pabriknya kini berada di tangan kurator untuk membayar hutang terhadap 35 orang kreditornya.

Kita merinding karena perusahaan ini banyak jasanya bagi anak-anak kita yang masa kecilnya telah dihangatkan  Minyak Telon produksi Nyonya Meneer. Belum lagi jamu Habis Melahirkan yang banyak digemari kaum ibu dan lain-lainnya.

Dengan menarik nafas panjang, saya sebenarnya tak enak hati menjelaskan fenomena yang sedang menjadi gejala global ini.  Namun karena banyak yang menanyakannya, baiklah saya jelaskan. Semoga keluarga alm. Nyonya Meneer tak keberatan dan diberi ketabahan dalam melewati masa-masa sulit mempertahankan legacy bisnis ini. Dan kita doakan semoga  bisa kembali melanjutkan usahanya kembali cemerlang.

 

Baiklah, kalau benar bahwa perusahaan sudah lama tak mampu memenuhi kewajibannya membayar hutang, maka bisa jadi ini sebenarnya fenomena Zombie Company.  Sekali lagi kalau berita-berita yang kita baca itu benar adanya. Saya sendiri berharap tidak demikian tentunya.

Namun ini perlu diwaspadai negara, sebab setelah pertumbuhan ekonomi dunia melambat, dunia sedang dikuasai perusahaan Zombie dan dibanjiri zombie product, termasuk di sini.  Kalau ini dibiarkan maka ia bisa menghantui banyak kehidupan usaha seperti "rasa takut" yang sedang beredar yang seakan-akan daya beli benar-benar hancur.

Untuk jelasnya saya ajak anda mengingat-ingat kembali  zombie  dalam film-film science fiction yang kadang horor kadang jenaka. 

Karena film yang mengulas tentang zombie cukup banyak (antara lain Lincoln vs Zombie), maka ia menjadi begitu populer. Singkat cerita zombie adalah mayat  berjalan. Ia sebenarnya sudah mati, tak ada lagi sumber darahnya, tetapi karena satu dan lain hal tidak  dikubur.  Anda mungkin masih ingat Merpati Airlines? Layanan pesawatnya  sudah tak anda lihat lagi bukan? Tapi dia masih ada, belum dikubur. 

Hidup dari Utang

Zombie  tak ada lagi sumber darahnya lagi, juga tak berjiwa. Ruh itu dalam bisnis adalah sumber inovasi. Dulu sewaktu alm Nyonya Meneer masih hidup perusahaan ini aktif mengeluarkan produk baru. Ini sama persis dengan perusahaan-perusahaan lain yang mengandalkan keahlian foundernya. 

Biasanya, begitu founder wafat kalau tak ada penerus yang punya passion dalam industri, inovasi ikut pudar.

Syukur kalau saat founder masih ada, kendati sudah tak aktif lagi, inovasi masih bisa dikembangkan. Mustika Ratu kendati bu Moeryati sudah tak aktif masih mengeluarkan minuman kolangkaling, Kalbe masih mengeluarkan Hydrococo, dan seterusnya. Itu yang bagus. Inovatif dan berhasil.

            Setelah Nyonya Meneer wafat (1978) kita tahu terjadi keributan diantara kelima ahli warisnya dan cucu almarhumah. Keributan itu baru berakhir setelah dua pemegang saham memutuskan keluar dan mendirikan Jamu Dua Putri Dewi di Surabaya. Saya sempat menemui keduanya di Surabaya pada tahun 1986. Mereka mengklaim sebagai pewaris keahlian meramu jamu yang dilatih langsung oleh ibunda.

Bila itu benar maka  sejak saat itu "ruh" mencipta yang amat dibutuhkan perusahaan pun bisa pudar. Tapi ternyata Jamu Dua Putri Dewi tak mampu berkembang menjadi besar. Bahkan tahun lalu ia diakuisisi oleh Kino dengan nilai yg tak besar, hanya Rp 29 miliar. Tapi ia mempunyai 30 resep jamu yang masih bisa dikembangkan. Artinya masih mencipta, walau kita tak tahu benar apakah itu inovatif atau tidak.

Nah kalau berhasil maka inovasi itu bisa menghasilkan  "darah" (cashflow) yang menggerakkan seluruh organ perusahaan. 

Nah perusahaan yang bergerak tanpa “ruh” menjadi tidak inovatif, menjadi rutinitas. Tak ada ada hal-hal baru lagi yang menggairahkan semua pegawai. 

Perusahaan tanpa ruh adalah ibarat Perguruan Tinggi Negeri yang dipimpin oleh Rektor yang maaf, numpang duduk di jabatan tertingginya. Ia hanya asyik memimpin seremonial, tak ada sesuatu yang baru dari kepemimpinannya. Ia hanya menjalankan SOP kementrian, tak membesarkan "kue" yang dipercayakan kepadanya.

Selain ada di satu-dua PTN, fenomena ini juga ada di perusahaan pelat merah, anak-anak perusahaan pelat merah atau perusda yang gagal meraih pemimpin transformasi. Tetapi kini juga banyak ditemui di sektor swasta. 

Lama-lama bangunannya menjadi kusam, pegawainya semakin tua dan kurang sentuhan, orang muda tak lagi ditemui, sistem keuangan masih  jadul, IT sulit diimplementasikan, pabrik kurang diperbaharui, jaringan distribusi ya begitu-begitu saja, lalu sales makin susah dinaikkan.

Jadi tak ada lagi perjuangan membangun hal-hal baru. Semuanya hanya meneruskan yang sudah ada saja. Bahkan yang sudah kusam, tak laku, tak relevan lagi terus dipelihara, masih itu-itu saja yang diperdagangkan.

Zombie company akhirnya hidup dari hutang atau menjual aset-aset yang ada secara bertahap (tidak revolusioner). Hanya supaya bisa bergerak. Bahkan dibiayai dengan bad debt atau cek kosong.

 

Siapa Mereka?

Adakah diantara zombie itu yang baik?

Tidak ada! Zombie yang baik itu harusnya sudah dikubur. Jangan dibiarkan bergentayangan. Karena mereka akan menyebarkan rasa takut dan kesulitan bagi yang hidup dan masih punya masa depan.

Yang saya khawatirkan, di Indonesia ini fenomena zombie semakin banyak. Sebab bagi sebagian orang menutup perusahaan itu sungguh memalukan. Apalagi dinyatakan pailit. Direktur-direktur dan pemegang sahamnya bisa masuk dalam daftar hitam perbankan. 

Ia eksis karena dipelihara orang-orang tertentu yang bisa menikmati aset-asetnya yang tak terpakai. Ruang kerja, kartu nama, fasilitas gudang, tanah, kendaraan, dan bisnis-bisnis turunannya. Masih ada yang bisa dipakai untuk kegiatan perorangan.

Di Jepang, menurut  Bloomberg fenomena perusahaan zombie  mulai menyeruak pada 1990-an saat industri Jepang mulai dikalahkan Korea dan Tiongkok. Mereka bertahan hidup—meski tak mampu membayar kreditnya—berkat sikap lunak pemerintah dan kreditor yang khawatir kalau  dipailitkan  akan berdampak buruk terhadap laporan keuangan kreditor. 

Alhasil, sampai Maret 2017 lalu, memang tak satu pun dari sekitar 4.000 perusahaan publik di Jepang yang dipailitkan. Padahal, banyak di antara mereka yang bisnisnya sudah terdisrupsi.

Contohnya Toshiba, Sharp, atau Sanyo. Sharp selama bertahun-tahun nyaris bangkrut sampai  diambil alih oleh Foxconn dari Taiwan. Bisnis Sanyo pada 2009 diambil alih Panasonic. Sedangkan Toshiba tak lagi terdengar geliat inovasinya setelah kejayaannya dalam produksi laptop. 

Kita jangan silau dengan perekonomian Korea Selatan dan Tiongkok. Industri perkapalan Korea kini terpukul akibat menurunnya perdagangan global. Maret silam bank-bank pemerintah di sana  memberikan pinjaman USD 2,6 miliar ke Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co. dan mengkonversi utangnya dengan saham. Padahal, dua tahun kemudian Daewoo Shipbuilding, mesti melunasi utang jangka pendeknya yang mencapai USD 4 miliar!

Mengutip data dari Bank of Korea dan Financial Supervisory Service, Financial Times 25 Mei 2017   menulis, ada lebih dari 3.278 perusahaan zombie di Korea Selatan. Sebanyak 232 di antaranya adalah perusahaan publik. Angka ini naik 17% ketimbang tahun 2012. 

Padahal, perusahaan-perusahaan zombie itu diperkirakan mempekerjakan sekitar 100.000 karyawan,  setara dengan 4,5 persen PDB negara itu.

Saya masih bisa memperluas kolom ini dengan mengingatkan para regulator bahwa dewasa ini dunia tengah dikepung produk-produk zombie yang dihasilkan perusahaan yang nyaris mati. Itu amat mengganggu beberapa sektor usaha kita yang bisa menjadi lesu. Tapi lain kali saja.

Kita kembali saja ke Nyonya Meneer dan nasib kita dalam memimpin perusahaan. Begini, sebelum berubah menjadi zombie company, biasanya perusahaan larut dulu menjadi lazy company. Ya malas.

Saat uangnya banyak, mereka berfoya-foya, uangnya cuma ditabung, inovasi tidak ada yang baru, riset juga tidak ada. Pokoknya tak ada tabungan untuk bertahan di hari esok. Yang ada hanya warisan masa lalu. Padahal gaya hidup dan masalah yang dihadapi konsumen berubah terus. 

Seperti yang saya gambarkan dalam buku saya yang terbit tahun ini, Disruption, melanda semua perusahaan kita apapun sektor usahanya. Kalau anda berada di perusahaan besar mudah membaca dashboardnya: EBITDA margin anda masih besar, tapi DERnya kecil sekali. Begitulah salah satu cara membaca gejala lazy company.

Tapi sekarang itu meramalkan kematian perusahaan jauh lebih mudah dari melamalkan keherhasilannya. Maka itu hindarilah perangkap lazy company sekarang juga dengan menabung masa depan melalui inovasi dan orang-orang muda yang dinamis dan mau bergerak. Semoga saja Nyonya Meneer bukan fenomena yang saya sebutkan di atas. Saya mendoakan ia bisa selamat dan panjang umur meski capek juga ya berdiri sejak 1919? (*)