banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Kamis, 27 September 2018

Sebab kemalasan


Dulu zaman kuliah karena waktu luang yang banyak, ditambah belum belajar dalam tentang agama akibatnya mengisi waktu dengan hiburan-hiburan bersama teman-teman kampus.

.

Berganti dari satu kegiatan ke kegiatan lain yang tidak ada manfaatnya untuk bekal di akhirat kelak.

.

Banyak diantara teman-teman termasuk saya jadi malas berangkat kuliah esoknya kalau sudah begadang malam.

.

Apapun Setiap yang berlebihan memang tidak baik, dampaknya pengaruhi kegiatan lain menjadi malas. Yang bahayanya kalau yang malas terkait yang diwajibkan syariat bisa jatuh dosa karena tidak dijalankan.

.

Rumusnya lakukan yang wajib, perbanyak yang sunnah, kurangi yang mubah, hindari yang haram. Tidak berlebihan jaga dalam keseimbangan.

.

Dari Mujahid, ia berkata, aku dan Yahya bin Ja’dah pernah menemui salah seorang Anshor yang merupakan sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, para sahabat Rasul membicarakan bekas budak milik Bani ‘Abdul Muthollib. Ia berkata bahwa ia biasa shalat malam (tanpa tidur) dan biasa berpuasa (setiap hari tanpa ada waktu luang untuk tidak puasa). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, 

.

“Akan tetapi aku tidur dan aku shalat malam. Aku pun puasa, namun ada waktu bagiku untuk tidak berpuasa. Siapa yang mencontohiku, maka ia termasuk golonganku. Siapa yang benci terhadap ajaranku, maka ia bukan termasuk golonganku. Setiap amal itu ada masa semangat dan ada masa malasnya. Siapa yang rasa malasnya malah menjerumuskan pada bid’ah, maka ia sungguh telah sesat. Namun siapa yang rasa malasnya masih di atas ajaran Rasul, maka dialah yang mendapat petunjuk.” (HR. Ahmad)

#yukhijrah #yukhijrahbisnis #motivasi #inspirasi #suksesberkah #sukses

Senin, 24 September 2018

Suri tauladan



Tokoh rekaan superhero menjadi imajinasi sebab ingin hadirnya mereka ditengah badai kerusakan  moral yang terjadi.

.


Sejatinya seorang muslim haruslah menjadi The Real “Superhero” karena sosok tauladan sebagai umat terbaik ada pada diri Rasulullah

.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (iaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (QS Al-Ahzab:21)

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #inspirasi #sukses #suksesmulia


Minggu, 23 September 2018

Ajal



Hari ini menyolatkan jenazah teman SMP yang meninggal karena kecelakaan.

.

Benarlah mengapa Allah perintahkan hambaNya untuk bertakziyah karena banyak hikmah disana.

.

Semakin sadar bahwa hidup ini hanya sementara, ajal tidak melihat usia. Tua-muda bila sudah waktunya maka tidak dapat memundurkan barang sesaat pun.

.


Dengan apik, Oppick membuat lirik lagu bila waktu tlah berakhir:

bagaimana kau merasa bangga

akan dunia yang sementara

bagai manakah bila semua

hilang dan pergi meninggalkan diri mu..

.

bagimanakah bila saat nya

waktu terhenti tak kau sadari

masikah ada jalan bagi mu untuk kembali

mengulang ke masa lalu..

.

dunia....di penuhi dengan hiasan

semua..dan sgala yang ada

akan kembali pada nya

bila waktu tlah memanggil

teman sejati hanyalah amal

bila waktu tlah terhenti

teman sejati tinggalah sepi...

.


“Perbanyaklah mengingat pemutuskan kelezatan, yaitu kematian, karena sesungguhnya tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan kesempitan hidup, melainkan dia akan melapangkannya, dan tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan lapang, melainkan dia akan menyempitkannya.” HR. Ibnu HIbban dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’.

.

#yukhijrah #yukngaji #sukses #motivasi #inspirasi


Sabtu, 15 September 2018

Belajar dengan siapapun


Belajar dari siapa saja
.
Belajar itu dari siapa saja, bahkan dari anak kecil sekalipun. Selama hal yang mubah (dibolehkan) / tidak melanggar syariat maka ambillah hikmah darinya.
.
Anak saya yang kelas 3 suka membaca, terkadang baca komik menyelingi kegiatan hapalan Quran-nya. Diajari oleh ustadzahnya kalau lakukan kegiatan mubah seperti nonton kartun/baca komik 1 buku MAKA harus “diganti” dengan baca buku belajar/hapalan yang jumlah waktunya sama.
.
Begitu juga dari anak saya yang kelas 1 sering beritahu tentang siroh nabi yang kadang belum saya tahu.
.
Namun juga ada yang saya tidak setuju, dan perlu diluruskan terutama hal-hal yang bertentangan dengan syariat. 
.
Jadi ambillah hikmah dari siapa saja selama hal yang mubah, apalagi hal yang wajib dan sunnah. Namun untuk bisa memilah hukum diperlukan juga untuk paham ilmu agamanya. Dan itu tidak didapat kecuali dengan mengaji kepada ahlinya (ulama/ustadz/kyai/syaikh) supaya tidak salah jalan. 
.
“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” [An-Nahl 43]
.
“Ilmu itu suatu yang hilang dari seorang mukmin, setiap kali ia mendapatkan sesuatu darinya maka ia mengambilnya kemudian ia mencari lagi yang lainnya” [HR.Al-Baihaqiy]

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #inspirasi  

Foto : kelas Brand Disruption pak Subiakto (pakar, praktisi brand berpengalaman 48 tahun) — bersama Subiakto Priosoedarsono.

Senin, 10 September 2018

Hijrah Hakiki



Masyarakat Arab sebelum Rasulullah saw. hijrah adalah masyarakat Jahiliah.

.

Akidah masyarakat Arab saat itu penuh dengan kemusyrikan.

.

Kehidupan sosial Makkah saat itu penuh dengan kebobrokan moral yang luar biasa. Mabuk, Pelacuran dan perzinaan di Jazirah Arab saat itu adalah hal biasa. Pencurian, pembegalan dan perampokan juga menyeruak di mana-mana. Kekejaman bahkan sampai Anak-anak perempuan yang baru lahir dibenamkan hidup-hidup ke dalam tanah, sebagaimana digambarkan dalam al-Quran (Lihat: QS at-Takwir: 8-9)

.

Di bidang ekonomi, Bisnis yang mereka lakukan saat itu sangat kental dengan riba.

.

Secara politis bangsa Arab saat itu bukanlah bangsa yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain seperti Persia dan Byzantium.

.

Kondisi ini mirip seperti kondisi negeri-negeri muslim saat ini.

.

Setelah Rasulullah saw. berhijrah dari Makkah ke Madinah, kemudian beliau membangun Daulah Islamiyah di sana, lalu keadaan masyarakat Arab pasca hijrah berubah total.

.

Dengan sangat indah Rasulullah saw menggambarkan Madinah al-Munawwarah saat itu dengan sabdanya, ”Madinah itu seperti tungku (tukang besi) yang bisa membersihkan debu-debu yang kotor dan membuat cemerlang kebaikan-kebaikannya.” (HR al-Bukhari).

.

Inilah makna hijrah yang hakiki, bukan hanya “hijrah”/ berpindah dari pribadi maksiat menjadi taat tapi yaitu hijrah menuju penerapan Islam secara Kaffah (menyeluruh)

.

Para fukaha lalu mendefinisikan hijrah sebagai: keluar dari darul kufur menuju Darul Islam (An-Nabhani, Asy-Syakhsiyyah al-Islâmiyyah, II/276).

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #inspirasi

Jumat, 07 September 2018

Mengubah Pelanggan menjadi Pendukung



Bagaimana mengubah pelanggan biasa menjadi pendukung (pelanggan setia?). 

Menurut Survei Gallup Organization ia telah mewawancarai lebih dari jutaan pelanggan, berusaha mengetahui apa yang sesungguhnya mereka inginkan.

Pertama, kebutuhan pelanggan bervariasi berdasarkan industrinya.

Kedua, Setidaknya empat harapan pelanggan yang bersifat hierarkis, dimana pengharapan terendah harus dipenuhi sebelum pelanggan siap untuk memberi pengharapan  yang lebih tinggi :

1. KETEPATAN : mengharapkan ketepatan sesuai pesanan.
2. KETERSEDIAAN : mengharapkan ketersediaan dengan kemudahan diakses.
3. KEMITRAAN : mengharapkan kemitraan dengan mendengar mereka, tanggap terhadap mereka, berada disisi mereka. 
4. NASIHAT : merasakan ikatan yg sangat erat dengan organisasi yang telah membantu pelanggan belajar. 

Disarikan dari buku : First, Break All The Rules (Marcus Buckingham & Curt Coffman)