banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 27 Februari 2018

Menolak Kebenaran


“Witing Tresno Jalaran Soko Kulino” adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Jawa, yang artinya “Cinta tumbuh karena terbiasa”

.

Terbiasa bertemu, terbiasa bersama-sama. Kalaupun mungkin pada awalnya cinta itu belum tumbuh, tetapi karena sering bertemu dan bersama akhirnya cinta itupun mulai tumbuh.

.

Begitu juga bila diri terbiasa dalam ketaatan baik yang wajib dan sunnah, seperti rajin ikuti pengajian, terbiasa sholat jamaah di masjid, puasa sunnah, membaca Quran, bersama dalam dakwah, dll maka cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya semakin kuat.

.

Sebaliknya perbuatan maksiat timbul karena lebih mendahulukan hawa nafsu daripada kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya. 

.


“Maka jika mereka tidak menjawab (tantanganmu) ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu mereka (belaka). Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Qashshash: 50)


#yukhijrah #suksesberkah #suksesmulia


Sabtu, 24 Februari 2018

Kaffah



“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh setan itu musuh yang nyata bagi kalian” (QS al-Baqarah [2]: 208).

.


Sabab an-nuzûl ayat ini menurut Imam al-Baghawi berkaitan dengan masuk Islamnya seorang Ahlul Kitab Yahudi Bani Nadhir bernama Abdulah bin Salam dan teman-temannya. Namun, setelah memeluk Islam ia tetap menganggap mulia hari Sabtu dan tidak mau memakan daging unta. Mereka pun menyatakan, “Wahai Rasulullah, bukankah Taurat itu adalah Kitabullah? Karena itu izinkanlah kami tetap membaca Taurat itu dalam shalat-shalat malam kami.” Lalu turunlah turunlah ayat ini sebagai jawaban (Tafsir al-Baghawi, I/240).


.


Menurut Imam Qurthubi, kata kâffah  berfungsi sebagai hâl (penjelasan keadaan) dari kata al-silmi (Islam) (Tafsir al-Qurthubi, III/18). Artinya, melalui ayat ini Allah SWT menuntut orang-orang yang masuk Islam untuk masuk ke dalam Islam secara keseluruhan (total). Mereka tidak boleh memilih-milih maupun memilah-milah sebagian hukum Islam untuk tidak diamalkan. Pemahaman ini diperkuat dengan sabâb an-nuzûl ayat ini—sebagaimana diterangkan di atas—yang  menolak dispensasi beberapa orang Yahudi ketika hendak masuk Islam untuk mengamalkan sebagian isi Taurat.


#yukhijrah #islamkaffah 

Jumat, 23 Februari 2018

Ikhlas karena terbiasa



Awalnya ikut-ikutan trend datang ke pengajian, akhirnya hati dilembutkan jadi pemburu pengajian dimana-mana.. Alhamdulillah..
.
Awalnya ikut-ikutan trend hijaber, akhirnya hati dilembutkan seiring pemahaman, lalu berhijab syari dikenakan..
Alhamdulillah..
.
Awalnya ikut-ikutan teman aksi bela Islam, akhirnya hati dilembutkan menjadi pejuang beramar ma’ruf nahi munkar vokal akan kedzaliman..
Alhamdulillah..
.
Bila Allah berkehendak hati sekeras batu akan luluh menjadi lembut. Kuncinya terus paksakan dijalan kebaikan, seiring keberkahan maka cahaya hidayah semakin terang benderang.
.
Paksakan untuk lakukan perkara wajib dan sunnah , niscaya  karena terbiasa Keikhlasan muncul sehingga membuat jadi ringan dan menguatkan.
.
“Allah yang menciptakan kematian dan kehidupan dalam rangka menguji kalian; siapakah di antara kalian orang yang terbaik amalnya.” (QS. al-Mulk: 2) #yukhijrah #sukses #suksesberkah #suksesmulia

Rabu, 21 Februari 2018

Penyakit hati



Imam al Ghazali rahimahullah berkata, “Ketahuilah tidaklah hasad itu kecuali kepada perkara nikmat. Bila Allah memberikan suatu nikmat kepada saudaramu, maka engkau akan mengalami salah satu dari dua hal. Hal pertama, engkau membenci nikmat tersebut dan menginginkan agar nikmat itu hilang, maka inilah yang dinamakan hasad.


.

Atau hal kedua, Engkau tidak menginginkan hilangnya nikmat, engkau juga tidak membenci keberadaan nikmat tersebut pada saudaramu, tetapi dalam hatimu timbul keinginan memiliki yang semisal nikmat itu, maka inilah yang disebut ghibthah.

.


Hukum ghibthah, bila terkait perkara yang baik (ketaatan) maka ia termasuk perbuatan terpuji. Bila ghibthah kepada hal maksiat maka ia tercela (dosa), dan bila untuk perkara mubah, ia boleh-boleh saja.

.


Contoh ghibthah yang terpuji misalnya bila ada orang yang bersedekah harta maka ia pun berkeinginan yang sama. 

.


Ibnu Sirin rohimahullah mengatakan : “ Aku tidak pernah hasad kepada seorangpun dalam urusan dunia. Karena apabila ia ahli surga, bagaimana mungkin aku hasad padanya dalam urusan dunia yang itu tidak ada nilainya di surga nanti. Apabila ia termasuk ahli neraka, maka bagaimana mungkin pula aku hasad padanya dalam urusan dunia sedangkan dia akan masuk neraka?”

.


#yukhijrah #sukses #suksesberkah #suksesmulia #berkah 


Senin, 19 Februari 2018

Setiap kegiatan bernilai Pahala



Tahukah Dengan niat yang benar perbuatan mubah seperti Bisnis bisa berubah bernilai pahala?

.


Sehingga setiap perilaku seorang muslim bisa bernilai ibadah dan ketaatan. Wow! 

.

Nawawi rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya perbuatan mubah, jika dimaksudkan dengannya untuk mengharapkan wajah Allah Ta’ala, maka dia akan berubah menjadi suatu ketaatan dan akan mendapatkan balasan (ganjaran).”

.


Niat yang benar dalam hal ini seperti inginkan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

.


Niat baik untuk diri sendiri berupa menjaga diri dari mengkonsumsi harta yang haram, menjaga kehormatan sehingga tidak meminta-minta, menguatkan diri sehingga bisa melakukan ketaatan kepada Allah, menjaga jalinan silaturahmi, berbuat baik dengan kerabat dan niat-niat baik yang lain.

.


Niat baik untuk orang lain berupa berniat sedekah untuk yang membutuhkan, buka lapangan kerja untuk memenuhi hajat hidup orang banyak, membebaskan umat dari sikap bergantung kepada orang lain, dll

.


Niat adalah perdagangan orang-orang yang berilmu. Artinya nilai sebuah amal bisa berlipat ganda disebabkan pelakunya menyatukan niat-niat baik dalam waktu yang bersamaan.

.

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.” (HR.Bukhori, Muslim) #yukhijrah #sukses #suksesberkah #suksesmulia

Jumat, 16 Februari 2018

Cinta Karena Allah


Ingin Mencintai dan Dicintai adalah fitrah manusia. Cinta tidak melulu kepada lawan jenis. Allah telah mengatur cinta sesuai tempatnya.
.
Jadikan semua cinta tersebut karena Allah SWT semata. Ya Cinta Karena Allah..
.
Akan tetapi cinta karena Allah memiliki harga yang sangat tinggi, sedikit sekali yang mampu membayarnya.
.
Apakah bukti perbuatan bila seseorang mencintai karena Allah?
.
“Demi Masa. Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholih, dan saling berwasiat dalam kebenaran dan saling berwasiat dalam kesabaran.” (QS. Al-Ashr: 1-3) 
.

Ternyata buktinya adalah menasehati kepada kebenaran. Terkadang mudah bagi kita memberikan segala sesuatu yang kita cintai baik berupa harta, waktu, maupun perhatian. Akan tetapi, ketika melihatnya melakukan kesalahan, kita diam saja, dengan alasan segan, atau karena takut ia menjadi marah, takut ia memutuskan hubungan, atau takut ia menjauh. Kita merasa takut kehilangannya dengan membiarkannya terjatuh pada kesalahan.
.
Maka, apabila benar aku mencintaimu karena Allah, selayaknya aku memberimu nasihat, demikian juga engkau menerima nasehatku dan memberiku nasehat. Cinta karena Allah memiliki harga yang sangat mahal.
.

Cinta karena Allah adalah bagian dari keikhlasan, yaitu mengikhlaskan segalanya untuk kebaikan orang yang kita cintai, dengan saling memberikan nasehat. Dengan senantiasa saling menyuruh kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran.
.

Mencintai karena Allah, karena kita sama-sama ingin kelak bertemu lagi di surga yang kekal abadi.
.
yukhijrah #sukses #suksesberkah #suksesmulia

Jumat, 09 Februari 2018

Uhkhuwah



Uhkuwah

.

Secara alamiah manusia hidup berkelompok-kelompok sesuai persamaan dan kesamaan yang mereka miliki. Namun Islam telah menuntut umat ini agar menjadikan aqidah dan Syariat Islam sebagai pengikat antar manusia. Islam tidak membiarkan ikatan-ikatan yang lemah dan salah mendominasi manusia.

.


Ukhuwah yang lemah dan berbahaya adalah ukhuwah yang tegak di atas landasan yang bertentangan dengan Islam, misalnya : keturunan, suku, kebangsaan (nasionalisme), patriotisme dan lain-lain yang termasuk ikatan ashobiyyah.

.


Rasulullah Saw bersabda:


“Bukan termasuk golongan kami yang menyeru kepada ashabiyyah (kelompok suku/ bangsa), berjuang untuk ashabiyyah dan mati di atas ashabiyyah.” [HR. Abu Dawud].

.


Sebaliknya Islam menuntut agar kita membangun ukhuwah di atas ikatan yang kokoh. Ikatan yang kokoh adalah ikatan yang dibangun di atas aqidah Islam dan diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan Syariat Islam.

.


“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah bersaudara.” (Qs. al-Hujurât [49] : 10).

.

“Seorang mukmin dengan mukmin yang lain seperti bangunan yang saling memperkuat.” [HR. Bukhari dan Muslim].

#sukses #suksesberkah #suksesmulia #uhkuwah 

Menahan Diri



“Sesungguhnya ada getaran syetan dan getaran malaikat di dalam (diri) anak cucu Adam. Adapun getaran syetan adalah menjanjikan kejelekan dan mendustakan kebenaran. Sedangkan getaran malaikat adalah menjanjikan kebaikan dan mempercayai kebenaran. Siapa yang mendapati itu (getaran malaikat), maka ketahuilah sesungguhnya itu datang dari Allah,maka hendaknya memuji Allah. Siapa yg mendapati getaran yg lain (getaran syetan), maka berlindunglah kepada Allah dari syetan yang dikutuk....” (HR. Al-Turmudzi)

.


Jikalau Tiba-tiba terlintas  getaran baik di hati, misalnya ingin shodaqoh, ibadah, menahan amarah, sabar , maka sesungguhnya itu cahaya hidayat Allah yg sedang menyinari hati. Sebisa mungkin kita segara melakukannya sebelum  syetan datang menghalangi dengan getaran-getaran jelek.

.


الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاء “ .

“Syetan menjanjikan kefakiran pada kamu dan menyuruh kamu pada kekejian” (QS. Al-Baqarah, 268).

.


Dan Sebaliknya, jika muncul getaran negatif di hati, maka segera memohon perlindungan Allah swt. Kita tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali melawan secara rohani dan memohon perlindungan-Nya.

.


MAHA SUCI ALLOH YG MENCIPTAKAN & MEMUTAR BALIKAN ISI HATI


Semoga kita tetap dalam sabar syukur & istiqomah​ di jalan-Nya. #yukhijrah #sukses #suksesberkah #suksesmulia

Selasa, 06 Februari 2018

Pemenang



Bagaimana ciri-ciri kemenangan seorang hamba ketika di dunia? Inilah penjabaran dari Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah

.

– Jika ilmunya bertambah, bertambah pula kerendahan hatinya.

.

– Jika amal shalehnya bertambah, bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya.

.

– Jika hartanya bertambah, bertambah pula kedermawanannya.

.

– Jika kedudukannya bertambah, bertambah pula kedekatannya dengan manusia.

.

– Semakin usianya bertambah, semakin berkurang pula ambisi-ambisi keduniawiannya.

#yukhijrah #sukses #suksesberkah #suksesmulia

Sabtu, 03 Februari 2018

Rintangan adalah anugerah



Halangan, keterbatasan, dan rintangan adalah anugerah tersendiri jika memandangnya demikian.

.

Menggunakannya sebagai pendorong agar melakukan segalanya dengan lebih baik dan lebih ikhlas.

.

.

Setiap orang yang ingin meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat pasti akan menghadapi ujian, rintangan, tantangan, dan hambatan.

.

Sebagaimana Allah SWT berfirman, “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: ‘Bilakah datangnya pertolongan Allah? Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS al-Baqarah [2]: 214).

#suksesmulia #suksesberkah #sukses #yukhijrah

Ikhlas bikin langgeng



Kiat agar bisa terus istiqamah, yaitu :

-Harus dimulai dengan niatan yang ikhlas karena Allah

.

-Meninggalkan maksiat yang dahulu dilakukan.

.

-Bertekad untuk jadi lebih baik.

.

-Mencari lingkungan bergaul yang baik.

.

-Berusaha terus menambah ilmu lewat majelis ilmu.

.

-Memperbanyak doa supaya diberi istiqomah

.

-Jalankan yang wajib, perbanyak yang sunnah, kurangi yang mubah, jauhi yang makruh dan haram.

.

-Bergaul dengan orang sholeh, ini teramat penting.

Tanpa teman yang baik, kita sulit untuk berubah. .

.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

.

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud, no. 4833; Tirmidzi, no. 2378; Ahmad, 2: 344) #sukses #suksesberkah #suksesmulia #yukhijrah