banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 23 Oktober 2015

Selalu Produktif dan Kreatif



Kita diberi waktu sama 1 hari 24 jam. Manfaatkan waktu seoptimal  mungkin utk hal yang produktif (manfaat/menghasilkan). Produktif tentunya yang dapat menghantarkan diri kepada kesuksesan hidup dunia dan akhirat.

Rasulullah juga bersabda berkaitan dengan pentingnya mempersegerakan suatu urusan. Sabdanya, “Bersegeralah melakukan perbuatan baik, karena akan terjadi fitnah laksana sepotong malam yang gelap.” (HR. Muslim). Dalam hadits lain, beliau juga menerangkan, “Jadilah engkau di dunia laksana orang asing atau orang yang menyeberangi jalan.” Ibnu umar berkata. “Bila engkau berada di sore hari, maka jangan menunggu datangnya pagi, dan bila engkau di pagi hari, maka janganlah menunggu datangnya sore.” Manfaatkan waktu sehatmu sebelum sakitmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.
Hasan Al-Bashri berwasiat, “Jangan sekali-kali menunda-nunda karena Anda adalah hari ini bukan besok.” Beliau juga berkata ,”Apabila Anda memiliki esok hari, maka penuhilah dengan ketaatan, sebagaimana hari ini yang Anda penuhi dengan ketaatan bila Anda tidak lagi hidup di esok hari, maka Anda tidak akan menyesal atas apa yang Anda lakukan hari ini.”
Ibnu Al jauzi mewanti-wanti kita agar tidak mengulur-ulur waktu. Beliau pernah mengatakan, “Jangan sekali-kali mengulur-ulur waktu, karena ia merupakan tentara iblis yang paling besar.” Penundaan merupakan bekal orang yang bodoh dan lalai. Itulah sebabnya orang yang saleh berwasiat, “Jauhilah ‘saufa (nanti)’, penundaan juga kemalasan, merupakan penyebab kerugian dan penyesalan.”

Selain produktif iringi dengan KREATIF (cerdas), supaya hasil dapat maksimal.
Mungkin banyak seniman yang kreatif, namun kurang produktif.
Untuknya KREATIF (kerja cerdas) dan PRODUKTIF (kerja keras) harus seiring sejalan.
Ditambah IKHLAS dan TUNTAS akan menjadi sebuah padanan solid.

Salam SUKSES MULIA!