banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Sabtu, 28 April 2018

Ketenangan Diri



“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du:28).

.

Ibnu Taimiyyah berkata– : “Sesungguhnya di dunia ini ada jannnah (surga), barangsiapa yang belum masuk ke dalam surga di dunia ini maka dia tidak akan masuk ke dalam surga di akhirat nanti”

.

Makna “surga di dunia” dalam ucapan beliau ini adalah kecintaan (yang utuh) dan ma’rifah (pengetahuan yang sempurna) kepada Allah Ta’ala (dengan memahami nama-nama dan sifat-sifat-Nya dengan cara baik dan benar) serta selalu berzikir kepada-Nya, yang dibarengi dengan perasaan tenang dan damai (ketika mendekatkan diri) kepada-Nya, serta selalu mentauhidkan (mengesakan)-Nya dalam kecintaan, rasa takut, berharap, bertawakkal (berserah diri) dan bermuamalah, dengan menjadikan (kecintaan dan keridhaan) Allah Ta’ala satu-satunya yang mengisi dan menguasai pikiran, tekad dan kehendak seorang hamba. Inilah kenikmatan di dunia yang tiada bandingannya yang sekaligus merupakan qurratul ‘ain (penyejuk dan penyenang hati) bagi orang-orang yang mencintai dan mengenal Allah Ta’ala


Selasa, 24 April 2018

Pasar Tertua Dunia

Menelusuri Jejak Khilafah Utsmani #11

Kapalicarsi /Grand Bazaar Pasar Tertua Dunia
.

Berusia lebih dari 500 tahun, Grand Bazaar selain pasar tertua juga yang terbesar dari yang sejenis di seluruh dunia. Pasar ini telah berdiri sejak tahun 1450-an pada pemerintahan Kekhalifahan Usmani dan bertahan hingga kini. 
.
Grand Bazaar dibangun atas perintah Sultan Mehmed II yang tersohor karena menaklukkan Kekaisaran Romawi Timur (Konstantinopel)
.
Tahun 2014, Grand Bazaar merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi turis, yaitu mencapai 91.250.000 pengunjung per tahun
.
Dilansir dari laman All About Turkey, Kamis 13 Agustus 2015, di Grand Bazaar pengunjung bisa menjumpai lebih dari 3.000 toko dengan bangunan berbentuk labirin. Pastikan kamu mengingat pintu gerbang yang hendak dimasuki, dengan 21 pintu dan 60 lorong serta bentuk seperti labirin sangat mungkin tersesat.
.
Uniknya walau tertutup udara tetap terasa sejuk dan nyaman, demikian hebat arsitektur di zamannya. Pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya lalu lalang di tempat ini. Fasilitas dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam air mancur, dua masjid, kantor polisi, dan disediakan juga kafe serta restoran.





Masjid Biru

Menelusuri Jejak Khilafah Utsmani #10

Masjid Biru didirikan antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Ia memberikan mandat kepada seorang arsitek bernama Sedefhar Mehmet Aga untuk membangun masjid ini. Sedefhar juga diminta Sultan untuk tidak perlu berhemat biaya dalam pembangunan tempat ibadah umat Islam yang besar dan indah ini.
.
Sedefhar Mehmet Aga sendiri merupakan murid dan asisten dari arsitektur terkenal Mimar Sinan. Menurut informasi, Sultan Ahmed I menginginkan untuk dibuat menara yang terbuat dari emas. Kata emas dalam bahasa Turki adalah ‘Altin’. Tapi sang arsitek memahaminya dengan ‘Alti’, yang dalam bahasa Turki berarti 6. Sehingga jadilah sebuah masjid yg memiliki 6 menara. Namun Sultan Ahmed pun terpukau dengan keenam menara masjid yang unik itu.
.
Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 7 tahun atau selesai pada tahun 1616. Kabarnya, akibat jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Makkah saat itu, Sultan Ahmed I mendapat kritikan tajam sehingga akhirnya beliau membangun pembuatan menara ketujuh untuk Masjidil Haram. .

Masjid Biru ini dibangun Sultan Ahmed I untuk menandingi bangunan Hagia Sophia (Kebijaksanaan Suci) buatan kaisar Byzantine yaitu Constantinople. Dulunya bangunan ini adalah sebuah gereja Byzantine sebelum jatuh ke daulah Khilafah Turki Utsmani pada tahun 1453 M. Sekarang diubah fungsinya menjadi museum. Hagia Sophia berada satu blok dari Masjid Biru. #turkey #bluemosque #khilafah






Tulip bunga bangsa Turki yang di klaim Belanda

Menelusuri Jejak Khilafah Utsmani #9

Tulip, bunga bangsa Turki yang diklaim Belanda.
.
Bunga tulip selalu diidentikkan dengan negara Belanda. Ribuan wisatawan datang ke Belanda hanya untuk mengagumi bunga yang cantik dan berwarna cerah ini, yang banyak ditanam di taman-taman negara Kincir Angin itu.
.
Akan tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sejarah kehadiran bunga tulip di Belanda sebenarnya memiliki kaitan erat dengan Kekhilafahan Turki Utsmaniyah. Menurut catatan, tanaman tulip diimpor pertama kali dari Turki ke Negeri Kincir Angin pada abad ke-16 oleh seorang duta besar Kekaisaran Romawi untuk Utsmaniyah, Ogier Ghiselin de Busbecq.
.
Pada masa itu, Kekaisaran Romawi di bawah pemerintahan Kaisar Ferdinand I memang menjalin hubungan diplomatik dengan Utsmaniyah yang dipimpin oleh Sultan Sulaiman al-Qanuni. Saat berada di Turki, De Busbecq merasa takjub tatkala mendapati bunga-bunga tulip tumbuh bermekaran memenuhi halaman Istana Utsmaniyah di Istanbul.
.
Dia lantas mengirimkan beberapa sampel tanaman tulip kepada sahabatnya yang juga seorang ahli botani di Leiden, Carolus Clusius. Selanjutnya, Clusius mencoba membudidayakan tanaman tersebutdi Kebun Raya Leiden. Usaha tersebut ternyata berhasil. Dalam waktu relatif singkat, bunga tulip mulai tersebar secara meluas di Eropa, khususnya di Belanda.
.
Pada awalnya, tulip adalah tumbuhan liar yang berasal dari kawasan Asia Tengah. Bunga ini terutama banyak dijumpai di Pegunungan Hindu Kush di Kazakhstan. "Namun demikian, tulip pertama kali dibudidayakan oleh orang-orang Turki Seljuk pada permulaan abad ke-11 di Anatolia," ungkap Ethem Bukey dalam artikelnya, The Flowery Journey of Tulips From the Ottoman Empire to Europe
.
Pada abad ke-12, motif bunga tulip mulai digunakan dalam berbagai karya seni rupa masyarakat Turki, terutama di Kota Konya yang ketika itu menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Seljuk Rum di Asia Kecil. "Fakta ini semakin memperkuat bukti bahwa bunga tulip beserta kebudayaan yang terkait dengannya masuk ke daratan Anatolia lewat tangan orang-orang Turki," ujar Bukey.
.
Pascapenaklukan Konstantinopel oleh Kesultanan Turki Utsmaniyah, Sultan Muhammad II al-Fatih (14511481) memerintahkan pembangunan sejumlah taman baru di kota itu. Taman-taman tersebut lantasd itanami dengan bunga tulip. Sultan Muhammad II sendiri dikenal sebagai pemimpin yang punya kecintaan besar terhadap tumbuh-tumbuhan. Semasa hidupnya, ia sering menyalurkan hobinya berkebun di Taman Istana Topkapi, Istanbul.
.
Pada masa selanjutnya, Sultan Sulaiman al-Qanuni meneruskan kecintaan kakek buyutnya itu terhadap dunia tanaman. 
Kata “tulip” sendiri berasal dari bahasa Turki yang artinya “sorban”, semacam kain yang dililit untuk menutupi kepala.







Kamis, 19 April 2018

Penerbang Pertama Dunia

Penerbang Pertama Dunia

.

Peradaban Barat mengklaim  Wright bersaudara (Wright brothers), Orville dan Wilbur sebagai  penemu pesawat terbang pertama. Pada 17 Desember 1903, keduanya berhasil menerbangkan pesawat yang dibuatnya. Padahal, tiga abad sebelum Wright bersaudara mencoba melakukan penerbangan, dari Kekhalifahan Turki Usmani, Celebi bersaudara telah melakukan hal yang sama.

.

Herzafen Ahmet Celebi melakukan riset penerbangan. Setelah melakukan riset studi terhadap burung dan melakukan percobaan penerbangan sebanyak sembilan kali, maka Herzafen memberanikan diri untuk memperagakan penerbangan pesawatnya di depan Sultan Murad ke-IV dan penduduk Istanbul pada 1630. 

.

Herzafen akhirnya melakukan penerbangan dari menara Galata yang tingginya 183 kaki dengan pesawat terbangnya yang sederhana terbuat dari kulit binatang yang disangga oleh rangka-rangka kayu. Herzafen berhasil terbang dengan tinggi di atas 150 meter dari permukaan air laut menuju Oskudar.

.

Selama penerbangan, Herzafen terus berusaha menyeimbangkan arah angin dan arah terbangnya hingga akhirnya mendarat dengan selamat di sebuah padang rumput Doganciar di Oskudar. Jarak terbang yang telah dia tempuh mencapai 3.200 meter.

.

Hezarfen merupakan orang pertama yang melakukan penerbangan lintas benua dari Eropa menuju Asia. Berkat kehebatannya,  Sultan Murad ke-IV yang menyaksikan sendiri peristiwa tersebut memberikan hadiah kepada Herzafen berupa 1.000 keping emas. #galatatower #penerbangpertama #turkey 





Selasa, 17 April 2018

Hagia Sophia

Menelusuri Jejak Khilafah Utsmani #7
.

Setelah Muhammad Al-Fatih kembali ke kemahnya, maka dia memanggil pembesar-pembesar tentara. Saat itulah dia mengeluarkan pengumuman terakhir, kemudian menyampaikan pidato sebagai berikut, “Jika penaklukkan kota Konstantinople sukses, maka sabda Rasulullah SAW telah menjadi kenyataan dan salah satu mukjizatnya telah menjadi terbukti, maka kita akan mendapatkan bagian dari apa yang telah menjadi janji dari Hadits ini, yang berupa kemualiaan dan penghargaan. Oleh karena itu, sampaikanlah pada para pasukan satu persatu, bahwa kemenangan besar yang akan kita capai ini, akan menambah ketinggian dan kemualiaan Islam. Untuk itu, wajib bagi setiap pasukan menjadikan ajaran-ajaran syariat selalu didepan matanya dan jangan sampai ada diantara mereka yang melanggar syariat yang mulia ini. Hendaknya mereka tidak mengusik tempat-tempat peribadatan dan gereja-gereja. Hendaknya mereka jangan mengganggu para pendeta dan orang-orang lemah dan tak berdaya yang tidak ikut dalam pertempuran.”

Konstantinopel yang digadang-gadang memiliki benteng kokoh tak tembus serangan musuh akhirnya ditaklukkan oleh Sultan Muhammad Al Fatih atau yang lebih dikenal dengan Sultan Mehmet II dari bangsa Osmani pada 29 Mei 1453. Sejak saat itu pula Hagia Sophia menjadi bagian dari Utsmani.

Sultan Al-Fatih segera menuju ke gereja Aya Shopia, dimana disana telah berkumpul banyak orang bersama-sama dengan para rahib dan pendeta yang membacakan doa-doa atas mereka. tatkala sultan mendekati pintu gereja, orang-orang Kristen merasa sangat ketakutan. Salah seorang pendeta segera membukakan pintu untuk sultan. Sultan meminta pada pendeta untuk menenangkan orang-orang yang ada didalam gereja dan mereka supaya diperintahkan agar segera pulang kerumahnya masing-masing dengan tenang dan aman. Mendengar demikian, warga masyarakat yang bersembunyi itu pun merasa tenang. Saat itu ada beberapa pendeta yang sembunyi di lorong-lorong bawah tanah. Maka tatkala mereka menyaksikan sikap toleran Sultan Al-Fatih, mereka pun menyatakan diri masuk Islam. 

Setelah itu, sultan memerintahkan untuk segera mengubah gereja menjadi masjid. Tujuannya agar pada hari jum'at depan sudah bisa dipergunakan untuk shalat jum'at. Para pekerja pun segera bekerja keras untuk melakukan renovasi. 

Namun, dia tetap menghargai apa yang telah dibangun bangsa terdahulu. Patung Bunda Maria dan patung-patung lainnya tidak serta merta dihancurkan, melainkan dibiarkan begitu saja.

Sejak berakhirnya kekuasaan Osmani dan berganti menjadi Republik Turki pada tahun 1923, penguasa Turki saat itu, Mustafa Kemal Atatürk, Hagia Sophia dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang terbuka untuk umum.

Mozaik-mozaik lambang agama kristen yang tadinya ditutup dan dipindahkan pun dikembalikan seperti semula. Jadilah Hagia Sophia seperti masjid dan gereja dalam satu bangunan dan ruangan.

Saat ini, Hagia Sophia menjadi salah satu  wisata paling populer yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Saat masuk ke ruangan utamanya, kamu akan takjub dengan pemandangan kaligrafi arab bertuliskan Allah dan Muhammad.







Sultan Muhammad Al Fatih

Menelusuri jejak Khilafah Utsmani #6
.
Kali ini saya dikota Istanbul,puncak dari peninggalan kegemilangan sejarah Utsmani ada disini.
.
“Konstantinopel pasti akan ditaklukkan. Pemimpinnya adalah sebaik-baik pemimpin dan tentaranya adalah sebaik-baik tentara”,sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam di hadapan para Shahabatnya empat belas abad yang lalu. Delapan abad setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata demikian, apa yang beliau kabarkan benar-benar terjadi. Benteng Konstantinopel yang terkenal kuat dan tangguh itu, akhirnya takluk di tangan kaum muslimin. 
.
Konstantinopel termasuk kota yang sangat kuat dan tokoh perlindungannya. Dengan menara dan benteng-bentengnya yang tinggi sehingga tampak begitu menonjol dari segala penjuru. Konstantinopel juga di kelilingi perairan laut di ketiga arahnya yaitu Teluk Bosporus , Laut Marmara dan Teluk Tanduk Emas. Perlindungan konstantinopel itu terdiri dari hal-hal yaitu Kota tersebut adalah berbentuk segitiga, dua sisinya dikelilingi air laut, dan sisi yang ketiga dilapisi dua pagar benteng dan dua parit air. Di luar kedua pagar tersebut terdapat sebuah parit air yang lebarnya 60 kaki dan kedalaman 10 meter. Pagar pertama ketinggianya 25 kaki dan keebalannya 10 meter. Pagar kedua ketinggiannya 40 kaki, dan pagar ini memiliki beberapa menara penjagaan yang tingginnya masing-masing adalah 60 kaki, kemudian ketebalannya tembok pagar mencapai 15 meter. Kota ini dari arah laut dan di jaga oleh 400 kapal.

.

Strategi perang pun di racik dengan komposisi yang brilian, dimulai dari pembangunan benteng Rumeli Hisar yang memotong selat bosphorus bersamaan dengan benteng Anandolu Hisar.

.

Pertahanan yang tangguh dari kerajaan besar Romawi ini terlihat sejak mula. Sebelum musuh mencapai benteng mereka, Bizantium telah memagari laut mereka dengan rantai yang membentang di semenanjung Tanduk Emas. Tidak mungkin bisa menyentuh benteng Bizantium kecuali dengan melintasi rantai tersebut.
.

Sultan Muhammad dengan cara yang lebih cerdik lagi, ia menggandeng 70 kapalnya melintasi Galata ke muara setelah meminyaki batang-batang kayu. Hal itu dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, tidak sampai satu malam.

Di pagi hari, Bizantium kaget bukan kepalang, mereka sama sekali tidak mengira Sultan Muhammad dan pasukannya menyeberangkan kapal-kapal mereka lewat jalur darat. 70 kapal laut diseberangkan lewat jalur darat yang masih ditumbuhi pohon-pohon besar, menebangi pohon-pohonnya dan menyeberangkan kapal-kapal dalam waktu satu malam adalah suatu kemustahilan menurut mereka, akan tetapi itulah yang terjadi.




Jumat, 13 April 2018

Kervansaray Sultan Han

Menelusuri jejak sejarah Khilafah Utsmani #5
.

Kervansaray pertama kali didirikan pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Khaththab. Yang dibangun sebagai pos-pos keamanan. 
.
Kervansaray lalu dimanfaatkan lebih maju lagi semasa peradaban Seljuk dilanjut Turki Utsmani untuk tempat para pedagang-pedagang beristirahat dan mencari perlindungan dan keamanan dari apa-apa bahaya yang muncul di tengah perjalanan. .

Kervansaray sangat penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang ekonomi, social, budaya dan keamanan.. 
.
Di dalamnya terdapat ruang tidur, bahan-bahan makanan, masjid, rumah sakit, apotek, hamam, toko dan jasa reparasi sepatu, dll. Semua yang melayani para pengunjung Kervansaray digaji oleh pemerintah dan merupakan pegawai pemerintah. Pemerintah tidak memungut biaya apapun dari para pengunjung dan pengguna Kervansaray tersebut. .
.
Para pedagang yang sakit akan dirawat dengan tanpa biaya hingga sembuh. Terdapat juga veteriner untuk mengobati kuda atau hewan-hewan yang sakit pula. Para pasien dengan ekonomi yang tidak cukup memadai akan dibayarkan ketika harus membeli obat-obatan di apotek. .
.
Setiap pengunjung Kervansaray berhak untuk menunaikan ibadah secara leluasa, termasuk kepada mereka yang bukan beragama Islam. 

.
Disamping bertujuan untuk memudahkan para pedagang di dalam menempuh dan menunjukkan jalur perdagangan yang aman, Kervansaray juga menjadi pusat perkembangan pemukiman baru masyarakat pada masa itu. 

Dengan dibangunnya Kervansaray, dengan cepat masyarakat menghidupkan lingkungan sekeliling Kevansaray tersebut dengan aktivitas sosial dan perdagangan. Kemudian, terbentuklah sebuah kawasan pemukiman yang baru dan aman. 
.

Kervansaray yang dibangun oleh pemerintah kerajaan Seljuk diwakafkan kepada lembaga-lembaga wakaf untuk digunakan oleh masyarakat seleluasa mungkin. Antara satu Kervansaray dengan Kervansaray yang lain didirikan dengan jarak antara 30-40 kilometer, dengan kata lain dapat ditempuh dalam waktu 8-10 jam perjalanan.

MasyaAllah luar biasa bagaimana  membangun peradaban memberikan kemaslahatan bagi umat.
.
Lokasi Kervansaray Sultan Han ini berada di jalan antara Konya dan Aksaray
.
#turki #turkey #konya #yukhijrah







Ulu Cami Bursa

Menelusuri jejak Khilafah Utsmani #4 
.
Pada tahun 1317, Osman atau Usman (anak dari Ertugrul Gazi) mengepung Bursa hingga jatuh ke dalam kekuasaannya pada tahun 1326 dan menjadikan kota ini sebagai ibu kota. Osman inilah yang selanjutnya mendirikan Emperium Usmaniyah yang oleh orang Eropa disebut dengan Kekaisaran Otoman karena ketidakmampuan menyebutkan dengan baik Nama Osman atau Usman. Selama 39 tahun Bursa menjadi Ibukota Usmaniyah sampai tahun 1365.
.
Ibukota Emperium Usmaniyah kemudian dipindahkan ke kota Edirne dan bertahan hingga 90 tahun, namun ahirnya dipindahkan lagi ke Istanbul setelah Sultan Mehmet II atau Muhammad Al-Fatih berhasil menaklukkan Byzantium di Konstantinopel tahun 1453.  Istanbul menjadi ibukota terahir Emperium Islam Usmaniyah selama sekitar 469 tahun hingga dibubarkannya Emperium tersebut di tahun 1924 oleh Kemal Attaturk lalu mendirikan Republik Turki yang kini kita kenal sekaligus memindahkan lagi Ibukota negara ke Ankara hingga hari ini.
.
Ulu Camii adalah Masjid Agung Kota Bursa, Turki. Dibangun mulai 1396 dan selesai pembangunannya tahun 1399 atas perintah Sultan Bayezid I, oleh arsitek Ali Neccar. Masjid yang telah berdiri lebih dari 600 tahun ini hingga sekarang masih kokoh dan digunakan untuk shalat berjamaah.
.
Menariknya dari masjid bergaya arsitektur Seljuk ini adalah cerita dibalik pembangunan masjid tersebut. Dahulu sang sultan bernadzar untuk membangun 20 masjid bila memenangkan perang Nicopolis. Sayangnya ketika beliau memenangkan perang tersebut, bendahara kerajaan menyampaikan pada sang arsitek bahwa keuangan kerajaan tidak mencukupi untuk pembangunan 20 masjid. Maka atas inisiatif arsitek Ali Neccar, dibuatlah sebuah masjid besar dengan 20 kubah dan diberi nama Ulu Camii.
.
Dengan cuaca yang sejuk menambah kekusyuan beribadah. Nantikan perjalanan jejak sejarah seanjutnya 
#turkey #turki #bursa










Mousoleum Sultan Muhammad 1

Menelusuri jejak khilafah Utsmani #3

Makam SULTAN MUHAMMAD I (1379-1421)
.
Di komplek Masjid Hijau (Yesil Camii) terdapat komplek Makam Sultan Sultan Çelebi Mehmet dan keluarganya di dalam sebuah Maosoleum yang lokasinya berada di seberang jalan dari Masjid Yesil. 
.
Mausoleum ini juga di dominasi warna hijau dengan keramik-keramik menawan menghiasi isi makam. Bagian atas jendela kayunya tertutup mahkota kaligrafi sehingga disebut sebagai Green mausoleum dan sama sama dirancang oleh arsitek Haci Ivaz Pasha. 
.
Mihrab di satu sisi juga terbuat dari tatanan keramik bermotif mirip batik berwarna hijau, biru, coklat dan kuning, Ada beberapa makam di dalamnya. Besar, kecil, berornamen dan polos. Paling besar tentu saja milik Sultan Mehmet I. Keramik penutup makam bagian atas tertutp kaligrafi dan sebuah turban di ujungnya. Di bagian dalam bangunannya berdenah octagonal juga dihias dengan satu mihrab berukuran kecil, mungkin sekedar penunjuk arah kiblat dan penghias ruangan.
.
Sultan Muhammad I dilahirkan pada tahun 1379 M / 781 H.1 Dia menjadi penguasa sepeninggal ayahnya, Bayazid I. Dalam sejarah, dia dikenal sebagai Muhammad Jalabi. 
.
Dia bertubuh tinggi sedang, wajah bundar, kedua alisnya bersatu, berkulit putih, kedua pipinya merah, berdada bidang, memiliki tubuh yang kuat dan sangat dinamis. Muhammad adalah sosok sangat pemberani, dia seorang pegulat yang kuat dan mampu menarik busur anak panah yang kuat sekalipun. Pada saat memerintah, dia ikut terjuan dalam 24 peperangan dan badannya terluka sebanyak 40 kali.2

Muhammad I mampu meredam perang saudara berkat kemampuannya dan kecerdikan yang Allah karuniakan padanya serta pandangannya yang sedemikian jauh. Dengan demikian, dia mampu mengalahkan saudara-saudaranya satu per satu hingga akhirnya kekuasaan berada ditangannya. Dalam masa pemerintahannya yang berlangsung selama delapan tahun, dia mampu membangun kembali pemerintahan Utsmani dan mengokohkan sendi-sendinya. Sebagian sejarawan menganggap, bahwa dia adalah “pendiri kedua” pemerintahan Utsmani.
.
Yang sangat berkesan dari apa yang dilakukan Sultan Muhammad I adalah bahwa dia mampu menggabungkan antara tekad yang kuat dengan kesabaran dalam menghadapi tekanan dari pihak-pihak yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Utsmani. Tatkala melakukan penyerbuan ke negeri pemimpin Karman yang sebelumnya telah menyatakan merdeka, dia memberinya ampunan setelah bersumpah dengan menggunakan Al-Qur'an bahwa dirinya tidak akan melakukan pengkhianatan kembali pada pemerintahan Utsmani. Kemudian dia memberinya ampunan kedua kali tatkala dia mengingkari janji untuk kedua kalinya.
.
Siasat demikian dia lakukan, dalam rangka mengembalikan pembangunan kembali pemerintahan Utsmani dan untuk konsolidasi internal. Oleh karenanya, dia melakukan kesepakatan dengan kaisar Byzantium dan mengajaknya bersekutu. Dia pun mengembalikan beberapa kota yang berada di tepi pantai Laut Hitam dan Thessalie padanya. Selain itu, dia melakukan perjanjian damai dengan pemerintahan Venezia setelah kekalahan pasukan lautnya dihadapan Clitopoli. Dia mampu meredam semua fitnah dan pemberontakan yang timbul di Asia dan di Eropa dan dia mampu menaklukkan beberapa negeri Asia yang dibangkitkan oleh Timurlenk dan negeri-negeri ini tunduk dibawah pemerintahannya.
.
Sultan Muhammad I sangat menyukai syair, adab, dan seni. Disebutkan bahwa dia adalah sultan Utsmani yang pertama yang mengirimkan hadiah tahunan pada penguasa Mekkah, yang lebih dikenal dengan sebutan pundi uang. Uang itu dia kirimkan untuk dibagikan pada orang-orang fakir di Mekkah dan Madinah.
.
Sultan Muhammad I adalah sosok yang sangat menyenangi ilmu kedamaian dan ilmu pengetahuan. Ia demikian mencintai para fukaha. Oleh sebab itulah, dia memerintahkan pusat pemerintahan dari Adrianople ke Bursa yang sering disebut sebagai “ kota para fukaha”. Dia dikenal sebagai sosok yang memiliki akhlak yang mulia, keinginan yang demikian kuat, kesabaran yang tiada tanding, dan kebijakan politis yang indah dalam memperlakukan musuh dan lawannya.














Selasa, 10 April 2018

Green Mosque

Melanjutkan perjalanan di kota Bursa, ibukota pertama dinasti Usmani. 

.

Kali ini saya menuju Green Mosque menghadirkan keindahan tersendiri, masjid ini menampilkan peralihan seni bina bangunan dari era Seljuk Turki ke Era Usmaniyah-Turki dengan kubah besar dan menara tinggi yang dikemudian hari menjadi ciri khas bangunan masjid Emperium Usmaniyah. Green Mosque mulai dibangun tahun 1419 dan selesai tahun 1421 dimasa pemerintahan Sultan Celebi Mehmet.

.

Khusus untuk pintu masuk utamanya dibangun sebagai sebuah gapura besar berbentuk cerukan ke dalam dari bahan marmer dengan ukiran Muqornas di sisi atasnya. Butuh waktu hingga tiga tahun untuk menyelesaikan seluruh ukiran muqornas yang begitu rumit dan ornament lainnya pada gapura di pintu masuk utama Masjid Yesil ini.

.

Denah bangunan masjid Yesil berbentuk hurup “T “ terbalik, sehingga secara artifisial membagi ruang sholat di dalam masjid ini menjadi tiga bagian, yakni ruang utama disekitar mihrab dan mimbar kemudian ruangan di sayap kiri dan ruangan di sayap kanan.

.

Di sela dinginnya udara dan air kemudian saya berwudhu dan menyempatkan sholat di ruangan sayap kanan, walau di musim semi yang sejuk tetap “terasa” gairah para penakluk menyebarkan dakwah Islam sekitar 7 abad silam. Membuka tabir kegelapan menuju cahaya terang benderang.

.

Ikuti perjalanan jejak sejarah Khilafah Usmani selanjutnya


(Info dari berbagai sumber)

















Senin, 09 April 2018

Bursa City

Bursa City ibukota pertama Ottoman (Usmani) dan kota lahirnya Kebab

.

Bursa terletak di kaki Gunung Uludag setinggi kurang lebih 2500 mdl.

Kota Bursa didirikan oleh Prusias, Raja Bythania pada tahun 230-192 SM. Oleh karena raja Bythnia menjadi orang yang pertama berkuasa, tidak heran jika kawasan ini disebut dengan Prusa, yang diambil dari nama sang raja selepas dari kekuasaan para penguasa Persia, Yunani, Romawi, dan Byzantium.

.

Bursa adalah ibukota pertama dinasti Usmani setelah Orhan, putera Osman Gazi sang pendiri dinasti merebutnya dari Kekaisaran Byzantium pada tahun 1326. Menjadikannya salah satu dinasti kekhalifahan Islam yang paling berpengaruh di tiga benua selama 6 abad lamanya.Bursa menjadi ibukota Usmani berlangsung cukup lama yakni 28 tahun, dari tahun 1335 -1363.

.

Sebelum Konstantinopel direbut pada tahun 1453 masehi dibawah kepemimpinan Sultan Mehmet II atau Muhammad al-Fatih, Dinasti Usmaniyyah beribukota di Bursa dan Edirne.

.

Tentu tahu kan kebab? Kuliner khas Turki ini muncul pertama kali di kota Bursa, yang diciptakan oleh Iskender Efendi di tahun 1867. 

.

(Dari berbagai Sumber)