banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 24 April 2018

Pasar Tertua Dunia

Menelusuri Jejak Khilafah Utsmani #11

Kapalicarsi /Grand Bazaar Pasar Tertua Dunia
.

Berusia lebih dari 500 tahun, Grand Bazaar selain pasar tertua juga yang terbesar dari yang sejenis di seluruh dunia. Pasar ini telah berdiri sejak tahun 1450-an pada pemerintahan Kekhalifahan Usmani dan bertahan hingga kini. 
.
Grand Bazaar dibangun atas perintah Sultan Mehmed II yang tersohor karena menaklukkan Kekaisaran Romawi Timur (Konstantinopel)
.
Tahun 2014, Grand Bazaar merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi turis, yaitu mencapai 91.250.000 pengunjung per tahun
.
Dilansir dari laman All About Turkey, Kamis 13 Agustus 2015, di Grand Bazaar pengunjung bisa menjumpai lebih dari 3.000 toko dengan bangunan berbentuk labirin. Pastikan kamu mengingat pintu gerbang yang hendak dimasuki, dengan 21 pintu dan 60 lorong serta bentuk seperti labirin sangat mungkin tersesat.
.
Uniknya walau tertutup udara tetap terasa sejuk dan nyaman, demikian hebat arsitektur di zamannya. Pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya lalu lalang di tempat ini. Fasilitas dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam air mancur, dua masjid, kantor polisi, dan disediakan juga kafe serta restoran.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar