banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 13 April 2018

Kervansaray Sultan Han

Menelusuri jejak sejarah Khilafah Utsmani #5
.

Kervansaray pertama kali didirikan pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Khaththab. Yang dibangun sebagai pos-pos keamanan. 
.
Kervansaray lalu dimanfaatkan lebih maju lagi semasa peradaban Seljuk dilanjut Turki Utsmani untuk tempat para pedagang-pedagang beristirahat dan mencari perlindungan dan keamanan dari apa-apa bahaya yang muncul di tengah perjalanan. .

Kervansaray sangat penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang ekonomi, social, budaya dan keamanan.. 
.
Di dalamnya terdapat ruang tidur, bahan-bahan makanan, masjid, rumah sakit, apotek, hamam, toko dan jasa reparasi sepatu, dll. Semua yang melayani para pengunjung Kervansaray digaji oleh pemerintah dan merupakan pegawai pemerintah. Pemerintah tidak memungut biaya apapun dari para pengunjung dan pengguna Kervansaray tersebut. .
.
Para pedagang yang sakit akan dirawat dengan tanpa biaya hingga sembuh. Terdapat juga veteriner untuk mengobati kuda atau hewan-hewan yang sakit pula. Para pasien dengan ekonomi yang tidak cukup memadai akan dibayarkan ketika harus membeli obat-obatan di apotek. .
.
Setiap pengunjung Kervansaray berhak untuk menunaikan ibadah secara leluasa, termasuk kepada mereka yang bukan beragama Islam. 

.
Disamping bertujuan untuk memudahkan para pedagang di dalam menempuh dan menunjukkan jalur perdagangan yang aman, Kervansaray juga menjadi pusat perkembangan pemukiman baru masyarakat pada masa itu. 

Dengan dibangunnya Kervansaray, dengan cepat masyarakat menghidupkan lingkungan sekeliling Kevansaray tersebut dengan aktivitas sosial dan perdagangan. Kemudian, terbentuklah sebuah kawasan pemukiman yang baru dan aman. 
.

Kervansaray yang dibangun oleh pemerintah kerajaan Seljuk diwakafkan kepada lembaga-lembaga wakaf untuk digunakan oleh masyarakat seleluasa mungkin. Antara satu Kervansaray dengan Kervansaray yang lain didirikan dengan jarak antara 30-40 kilometer, dengan kata lain dapat ditempuh dalam waktu 8-10 jam perjalanan.

MasyaAllah luar biasa bagaimana  membangun peradaban memberikan kemaslahatan bagi umat.
.
Lokasi Kervansaray Sultan Han ini berada di jalan antara Konya dan Aksaray
.
#turki #turkey #konya #yukhijrah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar