banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Kamis, 21 September 2023

4 Ciri Hidup Berkah

Orang yang hidupnya penuh dengan keberkahan dan tidak mendapatkan keberkahan tentu saja memiliki perbedaan di antara keduanya. Ada empat ciri ketika seseorang mendapatkan keberkahan dalam hidupnya, yaitu :


a. Selalu Mengingat Allah

Allah Swt. berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan sholat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. Al-Anfal: 2-3)

b. Sabar dalam Menghadapi Ujian

Allah Swt. berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200)


c. Istiqomah dalam Melakukan Kebaikan

Allah Swt. berfirman:

Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu dan Rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barang siapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. Ali Imran: 101)


d. Dilapangkan Dadanya

Allah Swt. berfirman:

Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) 
Islam.” (QS. Al-An’am:125)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar