banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 27 Maret 2016

Manusia Cerdas

Mengingat Kematian

Beberapa hari lalu mendapat kabar, Budhe (istri dari sepupu ayah) meninggal dunia.   "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali). (Al-Baqarah 2:156)

Kematian adalah kepastian, kini atau nanti kan segera mendatangi, tak kan ada insan manapun yg dapat menolaknya.

Orang yang banyak mengingat kematian akan dimuliakan dengan tiga hal: segera bertaubat, ketenangan hati dan semangat ibadah (taat).

Ibnu Umar radhiyallahu anhuma pernah berkata, “Aku pernah menghadap Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sebagai orang ke-sepuluh yang datang, lalu salah seorang dari kaum Anshor berdiri seraya berkata, “Wahai Nabi Allah, siapakah manusia yang paling cerdik dan paling tegas?” Beliau menjawab, “(adalah) Mereka yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya. Mereka itulah manusia-manusia cerdas; mereka pergi (mati) dengan harga diri dunia dan kemuliaan akhirat.” (HR. Ath-Thabrani, dishahihkan al-Mundziri)

Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:”Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan, yaitu kematian, karena sesungguhnya tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan kesempitan hidup, melainkan dia akan melapangkannya, dan tidaklah seseorang mengingatnya ketika dalam keadaan lapang, melainkan dia akan menyempitkannya.” (HR. Ibnu HIbban dan dishahihkan oleh Al Bani di dalam kitab Shahih Al Jami)

Urip mung mampir ngombe, ora bakal urip salawase (Hidup ibarat hanya mampir minum, tidak bakal hidup selamanya)

Jadikan akhirat sebagai tujuan.. 
Terus berjuang dalam ketaatan, istirahatnya nanti kelak dikehidupan abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar