banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 01 Maret 2016

Produktifitaskan ASET PROPERTY



Apa bedanya kamar kos dengan harga Rp.400 rb sebulan dengan kamar hotel seharga Rp.400 rb sehari? Ya tentu di fasilitasnya! Hotel menjadi mahal karena didukung fasilitas komplit, mulai dari AC, Air Panas, Handuk, alat mandi, Tv Kabel, Kasur Pegas Empuk, Seprei bersih dan wangi, layanan kamar 24 jam, dan juga sarapan pagi. Jadi harga 400 rb itu menjadi wajar dan masuk akal.

jika kita bandingkan antara keuntungan dari hanya dijadikan kamar kos dengan menjadi konsep hotel/guest house. 400 rb sebulan : 12 juta sebulan (400rb x 30 hari). Omset meningkat menjadi sekitar 30x nya (atau 3000%)

Saya teringat kemarin saat wawancara calon staff, ia menanggapi ttg konsep bisnis syari yg kami jalankan bahwa ia membaca di brosur keuntungan dpt sampai 600% lebih banyak daripada disewakan biasa. dianggap ini tidak syari karena nabi sendiri menurut versinya keuntungan max dalam Islam hny 10 %.

Saya pun mengernyitkan dahi, sepanjang sy belajar fikih belum ada yg pernah bilang dalil seperti itu. Karena terbantahkan dengan kisah hadits berikut

Dari ’Urwah RA, bahwa Nabi SAW pernah memberikan kepadanya uang 1 dinar untuk membelikan seekor kambing untuk Nabi SAW. Kemudian Urwah membeli dua ekor kambing dengan uang itu, lalu Urwah menjual salah satu dari dua ekor kambing itu seharga 1 dinar. Urwah kemudian datang kepada Nabi SAW dengan membawa 1 ekor kambing dan uang 1 dinar, Nabi SAW pun mendoakan keberkahan bagi Urwah. (HR Bukhari, no 3642). Hadits ini membolehkan laba 100 persen, karena Urwah awalnya membeli 1 kambing dengan harga ½ (setengah) dinar, lalu menjualnya kembali dengan harga 1 dinar. (Yusuf Qaradhawi, Hal li Ar Ribhi Had A’la?, hlm. 76).

Untuk larangan ghaban fahisy (menjual dengan harga jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah dari harga pasar) pun tidak bisa disamakan krn yg dilakukan simply homy merubah dari aset biasa menjadi seperti standar hotel bintang 3. Sehingga keuntungan menjadi naik seperti sy jelaskan diatas.

Bahkan harga sewa guest house di @simplyhomy_gh jauh lebih murah dimana tipe 3 kamar berharga 800 rb / malam ( kurang dari 300 rb per kamar/ malam)

Inilah konsep produktifitaskan aset yg dijaalankan SIMPLY HOMY GUEST HOUSE.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.simplyhomy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar