banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 22 Mei 2017

Cara Menangkan Persaingan Bisnis #4

Episode ke-3 telah saya bahas strategi menjadi berbeda yaitu dengan STRATEGI BREAKAWAY dan STRATEGI HOSTILITY. Silahkan dibaca kembali pembahasannya di postingan di grup ini.
.
.


Selanjutnya bagaimana cara untuk menangkan persaingan bisnis setelah bisnis anda menjadi BERBEDA ?
.

Saya kutip dari seorang penulis dan pengajar yang buku-bukunya telah menjadi best seller sepanjang tahun 1930-an hingga sekarang :

"When dealing with people, remember you are not dealing with creatures of logic, but, with creatures of EMOTION”
-Dale Carnegie-
.
.

YA jawabannya adalah dengan ciptakan kondisi EMOSIONAL kepada pelanggan anda.
.
.

Setidaknya ada 3 resep untuk menjadi EMOSIONAL.

RESEP PERTAMA, CIPTAKAN PENGALAMAN PELANGGAN!
.
.

Pengalaman Pelanggan untuk bisnis offline seperti Resto, Laundry, Barbershop, Coffeshop dan lainnya yaitu dengan Ciptakan Atmosfer outlet/gerai berupa Musik, Warna, Suhu Ruangan, Wewangian, Desain , Nuansa, dan sampai dengan Makanan sesuai Core Brand yang jadi karakteristik pembeda.
.
.

Contohnya, suatu Resto core Brand-nya tentang space/angkasa, maka buatlah nuansa ruangan bertema angkasa, bahkan sampai dengan musik, suhu ruangan, dan penamaan makanan pun sesuai core tersebut.
.
.

Contoh lain, pada bisnis kami Simply Homy Guest House, dengan core Brand -nya “Islami”. Maka yang kami lakukan mulai dari logo, pewarnaan, hiasan, penamaan ruangan, dan berbagai fasilitas seperti alat shalat komplit, Al-Quran, sampai dengan adanya adzan reminder yang kesemuanya untuk ciptakan atmosfer Islami.
.
.

Jadi resep menciptakan kondisi emosional yaitu dengan membuat pengalaman pelanggan berupa atmosfer yang dikehendaki. Ini yang munculkan sebuah kondisi emosi dalam jiwa pelanggan.
.
.

Apalagi resep untuk menjadi EMOSIONAL ?
.
.

Jangan Kemana-mana ikuti episode berikutnya.
.
Silahkan like & comment supaya makin banyak yang dapat manfaat.
.
SALAM SUKSES BERKAH BERLIMPAH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar