banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 11 Juni 2017

Cara Menangkan Persaingan Bisnis #7



Cara Menangkan Persaingan Bisnis #7

Wah nggak terasa sudah Episode ke-7.
Di episode terdahulu STRATEGI untuk menangkan persaingan bisnis telah dibahas yaitu dengan membangun bisnis yang UNIK dan mengandung unsur EMOSIONAL.


Nah! Selain harus mengandung unsur Unik dan Emosi strategi pamungkasnya adalah haruslah KREATIF!
“Kreativitas adalah suatu kemampuan yang menantang asumsi-asumsi, mengenali pola-pola, melihat dalam cara yang baru, membuat berbagai hubungan, mengambil resiko, dan menangkap segera suatu peluang” -Ned Hermann-

Mengapa harus KREATIF ?? Karena Produk dan Jasa yang kreatif akan menjual dengan sendirinya tanpa perlu dibebani dengan biaya pemasaran yang besar.

Lalu pertanyaanya BAGAIMANA cara mendapatkan ide hebat untuk menjadi Kreatif ? Menurut Peter Fisk paling tidak ada 8 cara. Di episode kali ini saya akan bahas 3 terlebih dahulu.

PERTAMA, Melihat Hal Secara Berbeda
Apa saja yang dapat dilihat secara berbeda ? Yaitu , Menemukan ide baru, ajaran baru, perhatikan cara pandang dari konsumen, teknologi, dan masa depan.

Contoh : Salah satu keunggulan Simply Fresh Laundry adalah adanya proses sterilisasi air menggunakan teknologi ultraviolet, yang akhirnya membawa Simply Fresh mendapat REKOR MURI sebagai laundry kiloan pertama yang menggunakan teknologi ultraviolet. Idenya sebenarnya sederhana, yaitu ketika itu saya melihat cara kerja air isi ulang yang di sterilkan dengan disinari SINAR ULTRAVIOLET sehingga air bebas kuman dan bakteri. Kemudian saya bersama team terapkan itu pada usaha laundry yang saya jalankan.

KEDUA, Merangkul Paradoks
Yaitu FOKUS kepada apa yang membuat konsumen Frustasi

Contoh : Makanan Fast Food termasuk dipelopori oleh Mc Donalds yang ketika itu menjawab frustasi konsumen karena lamanya pemesanan makanan. Bahkan Mc Donalds berani berikan bonus/hadiah apabila melebihi waktu tertentu/bila terlalu lama. Jadilah Mc Donalds menjadi makanan Fast Foods menjawab frustasi konsumen.

KETIGA, Skenario Masa Depan
Yaitu membuat hubungan antara perubahan lingkungan dan sikap sosial,teknologi dan perubahan pasar, tingkah laku
Contoh : Fenomena Social media semakin memudahkan komunikasi antara merek dengan pelanggan, bahkan sampai muncul yang dinamakan selebgram (selebriti instagram), tinggal bagaimana anda memanfaatkan fenomena tersebut untuk bisnis anda, seperti meng-endorse selebgram atau membangun komunitas di social media.

Oke jangan kemana-mana NANTIKAN Episode berikutnya tentang Cara mendapatkan IDE HEBAT (Kreatif) lainnya!

Share Bila Bermanfaat
Salam SUKSES BERKAH BERLIMPAH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar