banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 01 Agustus 2016

ETIKA BISNIS ISLAM

ETIKA BISNIS ISLAM
.
Sekitar tahun 2010 saya pernah mengikuti workshop 2 hari di rumah Perubahan Prof Rhenald Kasali salah satu materinya ttg Business Ethics.
.
Lalu di tahun 2015 lalu saya diminta mengisi sebuah kampus dengan materi tentang etika bisnis islam. Peserta dari berbagai kalangan profesi.
.
Menurut kamus besar bahasa indonesia etika artinya adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak);
.
Sedang yang dimaksud etika bisnis islam adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk (akhlak) para pelaku bisnis, serta hukum-hukum muamalah yang mengatur aktivitas bisnis.
.
Artinya etika bisnis secara Islam yaitu mendasarkan semua kegiatan bisnis berdasar perintah dan larangan Allah SWT (syariat).

Akhlak merupakan bagian dari syariat.
sabda nabi saw,
"bertaqwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada, dan susullah perbuatan buruk dg perbuatan baik niscaya [pahala] perbuatan baik akan menghapus [dosa] perbuatan buruk, dan berakhlaqlah kamu kepada manusia dengan akhlaq yang baik.” (HR.tirmidzi). 
.
Contoh akhlak terpuji seperti jujur, amanah, menepati janji.
Contoh akhlak tercela yaitu mencuri, manipulasi, menipu.
Contoh aktivitas muamalah yang diatur syara seperti hutang dengan jaminan, upah dalam sewa menyewa, dll..
.
Namun di zaman materialis saat ini banyak yg kesampingkan etika bisnis demi meraih keuntungan yg tidak seberapa dibanding kerugian terbesar yaitu keberkahan yang dicabut Allah SWT.
.
Setiap perbuatan baik dan buruk sekecil apapun akan ada balasannya, ntah di kehidupan kini atau nanti.
.
Bila baru memulai bisnis saja sudah halalkan segala cara, kebelakang tak kan langgeng kan penuh kesulitan karena syarat kerusakan.
#suksesbisnis #suksesmulia #sukses #inspirasi #motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar