banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 05 Agustus 2016

Hakikat Kejujuran

From instagram @AgungNSusanto


Ketika wawancara calon staff diantara pertanyaan yg sering saya lontarkan adalah "Apa arti kejujuran?" jawabnya bermacam2,ada yg menjawab "Keselarasan antara perkataan dan perbuatan." ada juga "sampaikan apa adanya"

Sebenarnya makna kejujuran bermacam2, diantaranya :
Pertama :Jujur dlm perkataan.Setiap perkataan tdk berbicara kecuali dgn jujur. Jujur ini adlh bentuk kejujuran yg paling jelas &paling dikenal. 

Kedua :Jujur dlm niat & keinginan.Ini kembali kpd ikhlas.Apabila amalnya tercampuri oleh sebagian ambisi jiwa (terhadap dunia),maka kejujuran niatnya batal,bisa jadi dia dusta.Contohnya didepan terlihat baik,ramah,menyanjung,ternyata dibelakang menjelek2an.

Ketiga :Jujur dlm tekad & jujur memenuhinya.misalnya seseorang mengatakan,“Bila Allâh memberiku harta, maka aku akan menyedekahkannya seluruhnya.”Ini adalah tekad yg bisa jadi jujur & bisa tidak.Jiwa mudah berjanji,krn ia memang tidak sulit bila hakikat2 terwujud,tekad terbuka & hawa nafsu menguasai.

Keempat: Jujur dalam amal perbuatan,yaitu antara batin dan lahirnya sama,sehingga amal2 lahirnya sama dengan batinnya.Contoh tidak jujur Ketika ditanya "kamu hendak kemana?"jawabannya akan ke tempat A,faktanya ke tempat B.  

Kelima:Jujur dalam kedudukan2 agama.Ini adalah derajat tertinggi,seperti jujur dalam takut dan berharap,zuhûd dan ridha,cinta & tawakkal kpd Allah SWT.Karena perkara ini memiliki dasar pijakan,memiliki tujuan juga hakikat.Org yg jujur yg sebenarnya adalah org yg meraih hakikatnya.Contohnya tidak mengambil yang bukan haknya/ mencuri,amanah,tidak berghibah, dll.

"Hendaklah kalian selalu berlaku jujur,krn kejujuran membawa kpd kebaikan,& kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga.Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur,maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai org yg jujur.Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta,krn dusta membawa seseorang kpd kejahatan,dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka.Dan jika seseorg senantiasa berdusta & memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sbg pendusta”HR.Bukhâri
---
Sesungguhnya 1000 pembenaran tak kan hapus sebuah kebohongan. Kalau Pak Haji bilang dalam kartun Sopo Jarwo "Semakin ente bela diri semakin keliatan salah" #motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar