banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 21 Juli 2020

Cara Service Pelanggan yang Jarang Diketahui



You Are Very Important
·      Customer BUKANLAH Raja. Mereka adalah sahabat yang akan selalu menjadi penyanjung di saat kita melakukan kebaikan, dan mereka akan menjadi komentator andal saat mereka kecewa.
·      Customer adalah seseorang yang memiliki adat istiadat dan kebiasaannya masing-masing. Untuk itu anda perlu lebih memahami mereka dengan adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda-beda.
·      Service Lebih Banyak Bicara Dari Hati.
·      Customer tak hanya membutuhkan sikap dan solusi yang terpercaya, namun juga harus RESPONSIF ketika ada keluhan dari Customer.
·      Melayani adalah bagian dari ibadah. “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.” Dan ini akan menjadi investasi akhirat anda jika sudah mampu melayani customer dengan ikhlas.

CUSTOMER ADALAH SAHABAT
1.    Be An Interesting People
·      Jangan Berusaha membuat dirimu menarik akan tetapi cobalah untuk tertarik pada orang lain.
·      Saat anda menggali hal-hal menarik dari customer sebenarnya anda sedang menciptakan kesan menarik di hadapan customer. Tanpa disadari mereka akan tertarik dengan apa yang anda bicarakan. Dan akhirnya keakraban akan tercipta disana. Tidak ada jarak antara anda dengan customer anda. Di sanalah terbangung ikatan persahabatan anda dengan customer.

2.    Be A Best Friend
·      Ketika anda memberikan sesuatu yang baik kepada orang lain, maka secara tak langsung Allah SWT, akan memberikan sepuluh kali lipat dari yang ada berikan.
·      Ingatllah bahwa saat ini sebenarnya anda sedang melakukan sedekah dalam bentuk layanan terbaik untuk customer anda.
·      Melayani adalah memberi dan memberi adalah sebuah bentuk ibadah, tentu syaratnya dijalankan dengan ikhlas.
·      Supaya bekerja dengan ikhlas sangat mudah, yaitu anggap customer adalah orang yang sangat dekat dengan anda. TIdak ada lagi jarak customer anda dengan anda. Itulah yang dinamakan sahabat.
·      Terkadang customer hanya butuh di dengar. Itu sudah cukup membuat mereka merasa nyaman.

3.    Excellent is Not Enough
·      Membuat pelanggan puas saja tidak cukup
·      Current Customer (Pelanggan saat ini) adalah orang yang datang ke perusahaan anda untuk pertama kali. Pada tahap ini, biasanya pelanggan tergiur untuk pertama kali karena iklan yang dibuat oleh perusahaan anda. Karenanya, hal penting yang harus dilakukan agar bisa menarik Current Customer adalah memahami ekspektasi mereka terhadap produk yang perusahaan anda tawarkan. Dengan memahaminya anda bisa mencegah terjadinya kesalahpahaman yang menjurus pada komplain.
·      Beberapa faktor yang mempengaruhi ekspektasi pelanggan seperti : pengalaman belanja di masa lalu, opini teman dan kerabat, informasi dan janji-janji perusahaan dan para pesaingnya.
·      Semakin lama pelanggan membeli produk tertentu, semakin ketergantungan dengan perusahaan tertentu. Inilah yang dinamakan Lifetime Value. Yaitu pelanggan yang berhasil melalui Current Customer yang akhirnya kini beralih ke customer lifetime value.
·      Anda harus membuat pelanggan yang datang pertama kali menjadi puas atas produk dan juga layanan yang diberikan.
·      Kualitas layanan anda menentukan loyalitas customer.

4.    Your Customer’s Best Friend
·      Terkadang apa yang dikeluhkan customer sebenarnya tidak memerlukan solusi. Mereka hanya ingin di dengar dan diperhatikan.
·      Anda dapat mengubah komplain menjadi peluang. Berikan solusi terbaik sesuai kebutuhan customer. Dan mereka akan berubah dari komplain menjadi sahabat.
·      Sambutlah pelanggan dengan menempatkan diri anda sebagai sahabat untuk mereka.
·      Buatlah mereka senyaman mungkin. Dekati merea dengan hati dan senyum. Sentulah hatinya agar mereka tak perlu berpikir ulang untuk tetap kembali kepada anda.

5.    Know Your Customer
·      Setiap orang unik, maka jangan perlakukan customer dengan perlakuan yang sama. Different treatment for different customer.

6.    Finding The Unique
·      Keunikan akan membuat anda tidak bosan terhadap suatu layanan.
·      Anda harus menjadi Customer Service yang berkarakter.
·      Keunikan ini bisa didapatkan dari beberapa hal antara lain : Gaya Bicara, Model Pakaian, Ekspresi Wajah, dan Senyum.

7.    Who Is Your Cusomer ?
·      Anda harus mengetahui semua hal, melayani mereka dan mengenali pelanggannya sheingga mereka merasa sangat nyaman.
·      Pelanggan adalah orang yang secara langsung ingin dikenal oleh customer service-nya. (misal dipanggil dengan sebutan nama pelanggan saat melayani).
·      Anda tentu merasa sangat bahagia tatkala pesanan anda disajikan dengan baik dan ditambah anda juga dikenali oleh pemilik kafenya.

8.    So Close So Real
·    Sikap adalah hal pertama yang akan menjadi komentar pertama ketika pelanggan anda datang ke perusahaan anda. KARENANYA, anda perlu membuat sikap anda menjadi lebih dekat dengan pelanggan anda.

9.    Are You A Best Friend
Ciri-ciri pelayanan yang bersahabat adalah sebagai berikut
·      Sahabat itu Mendengar : Dengarkan dulu keluhan mereka. Biarkan mereka bercerita lebih banyak, mengungkapkan keluhan mereka lebih banyak. Setelah itu barulah anda beri solusi yang tepatdan cepat kepada mereka.
·      Sahabat Memberi Rasa Nyaman : Kenyamanan adalah hal yang utama ketika mereka datang ke anda.
·      Sahabat Memberi Kepastian : Pelanggan yang tergiur oleh iklan dan lantas membeli produk anda, maka pastikan produk anda sama sehingga tak membuat mereka kecewa.
·      Sahabat Harus Akrab Dengan anda : Keakraban menjadi kunci pokok sebelum membuat pelanggan anda nyaman. Berilah Pelayanan yang tulus pada mereka agar membuat mereka semakin merasa dihargai sebagai teman. Akrabkan mereka dengan senyum yang tulus dan jika anda sudah mengenalnya, sapalah pelanggan anda dengan namanya. Buatlah perusahaan anda seolah-olah adalah rumahnya sendiri sehingga mereka menjadi leluasa untuk bercerita banyak hal. Sesekali, Tanya hal-hal yang berhubungan dengan manfaat dari produk anda untuk mendapatkan evaluasai produk perusahaan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar