banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 19 Juli 2020

Rangkuman Buku Contagious - Jonah Berger


Yang harus dipahami bahwa Sifat menular itu BUKAN dilahirkan tapi DIBUAT.

-       Produk, gagasan, atau perilaku apapun bisa menular.
-       Produk dan gagasan menular sama seperti kebakaran hutan. Hal itu terjadi karena ratusan sampai ribuan orang biasa yang meneruskan pesan-pesan yang sama.
-       Ikuti keenam Rumus STEPPS berikut, atau hanya beberapa di antaranya maka anda bisa memanfaatkan pengarush osial dan getok tular yang menjadikan produk/ gagasan anda popular.
(1)  Sosial Currency (Mata uang Sosial):
Hasrat untuk mendapatkan pengakuan sosial merupakan motivasi manusia yang mendasar. 
Kita berbagi hal-hal yang membuat kita terlihat baik (terkesan menghibur, cerdas, modis, update,& kesan positif lainnya)
-       sejalan dengan itu mereka otomatis berbicara tentang merek/tempat memperoleh keunggulan tersebut.
ex : EX : Kita Pernah ingat brand Keripik Maicih, menjadi viral karena level kepedasan yang sangat serta sulitnya mendapatkannya, sehingga menjadi tampak update bagi yang sudah membelinya.

(2)  Trigger (PEMICU)
-      -       Pemicu adalah landasan untuk getok tular dan penularan. Buatlah produk/gagasan yang ketika orang melihat/ melakukan sesuatu lalu terpicu.
Pakar Biologi sering berkata bahwa tumbuhan dan hewan memiliki HABITAT, yaitu lingkungan alami berisi semua unsur yang diperlukan oleh suatu organisme untuk bertahan hidup. Bebek memerlukan air dan rumput untuk makan. 

-       Produk dan gagasan juga memiliki habitat, atau seperangkat pemicu yang menyebabkan orang memikirkannya. produk / gagasan yang viral karena memiliki pemicul alami. 
Ex : Permen Mars yang laris manis ketika ada misi ke MARS oleh Nasa.  “KIT KAT dengan KOPI”/ dengan jdul “a breaks best friend” iklan dinaikkan di sejumlah radio, Kit kat dan Kopi, Kit kat dan Kopi. Spot itu berulang-ulang memasangkan keduanya.
 Kampanye sukses mengangkat penjualan 8%. 12 bulan kemudian naik 1/3.Dan nilai merek naik dari 300 juta doolar menjadi 500 juta dollar.Ketika orang istirahat minum kopi jodohnya adalah kit kat. begitu juga teh botol sosro dengan kampanye “apapun makanannya minumannya teh botol sosro!"
-       Mata uang sosial membuat orang bicara, tapi pemicu membuat mereka terus bicara.

 (3)  Emotion :

-       Artikel Sains tidak memiliki mata uang social dan nilai praktis, namun ternyata artikel sains sering kali menceritakan inovasi dan temuan yang membangkitkan emosi tertentu di kalangan pembaca. Yaitu EMOSI KAGUM dan TERPESONA.
-       Menurut Psikolog Dacher Keltner dan Jonathan Haidt, takjub adalah rasa terkejut dan kagum yang terjadi ketika seseorang terinspirasi oleh pengetahuan, keindahan, kebesaran atau keagungan yang dahsyat.

-       Rasa takjub mendongkrak keinginan berbagi, artikel yang membangkitkan rasa takjub 30% lebih mungkin masuk daftar Paling Banyak Dikirim lewat E-mail.
Tips : FOkuslah pada perasaan. Apakah berbincang tentang produk/gagasan anda membangkitkan emosi ?

(4)  Public (umum)

-       Orang sering meniru hal yang ada disekelilingnya. Berpakaian dengan gaya yang sama dipakai temannya, memilih hidangan yang disukai pengunjung lain, lebih mungkin menjadi gemuk jika teman menjadi gemuk, juga lebih memilih restoran yang ramai ketimbang yang sepi.
-       Psikolog menyebutnya gagasan itu “BUKTI SOSIAL”. Itu sebabnya barista/bartender mengisi stoples tip dengan lembaran uang sendiri.
-       Pertunjukan televisi menggunakan rekaman orang tertawa karena alasa orang lebih mungkin tertawa ketika mendengar orang lain tertawa.
-       Makin umum sebuah produk atau jasa, makin mudah orang terpicu untuk beraksi.
-       Ada juga perusahaan yang memperbesar logo supaya lebih terlihat, seperti Ralph Lauren dengan lambang pemain polonya.
“monkey see, monkey do” merangkum kecenderungan manusia untuk meniru
-       Iklan antinarkoba malah semakin banyak orang menggunakannya karena makin banyak orang lain terlihat mengerjakan sesuatu, makin mungkin orang berpikir sesuatu itu benar/normal, jadi begitu pula seandainya mereka melakukannya.
-     
I Bisa juga dengna membuat produk yang mengiklankan diri :
-pod membuat kabel headphone berwarna putih, dimana ketika itu yang trend menggunakan walkman dengan kabel hitam.

-       Sepatu Louboutin selalu hadir menggunakan sol berwarna merah, menjadikannya langsung dikenali.
-       Merancang produk yang mengiklankan diri merupakan strategi yang sangat berdaya guna bagi perusahaan kecil/organisasi yang tidak memiliki sumber daya yang besar.

·
(5)  Practical Value :

-       Orang senang membahas informasi yang praktis dan berguna. Kabar yang bisa dimanfaatkan orang lain.
Orang membagikan informasi yang memiliki nilai praktis dengan tujuan membantu orang lain.
-ex Produk yang dibagikan infonya ke orang lain :      Ketika membuat katalog tampilkan harga yang normal, juga tampilkan produk yang sedang diobral dengan harga yang diturunkan.
ex      Menggunakan kata “obral” di samping harga terbukti meningkatkan penjualan bahkan meskipun harga barang itu sendiri tetap sama.
-       Suatu transaksi perlu memiliki keistimewaan agar layak diperbincangkan. Salah satu faktor kunci dalam menonjolkan nilai yang luar biasa adalah mengetahui apa yang diharapkan oleh orang banyak.

-       Namun, penawaran yang hanya tersedia dalam jangka waktu terbatas terkesan lebih menarik karena keterbatasan.
-       Menemukan nilai praktis tidaklah sulit, hampir setiap produk/gagasan yang terpikir oleh kita memiliki kegunaan. Entah menghemat uang, orang lebih bahagia, meningkatkan kesehatan, menghemat waktu.
-       Jadi berpikir dulu tentang mengapa orang tertarik pada produk atau gagasan kita akan memberi kita bayangan yang baik tentang nilai praktisnya.
-       Bagian yang sulit adalah membuat sesuatu lebih menonjol.
-       Kita perlu menjelaskan mengapa produk / gagasan kita begitu berguna sehingga merasa orang wajib menyebarluaskannya.


(6)  Story :

Cerita yang baik menyediakan semacam samaran psikologis yang memungkinkan orang berbicara tentang suatu produk atau gagasan tanpa terlihat seperti iklan.
Pastikan informasi yang ingin diingat dan diceritakan kembali oleh orang lain menjadi bagian terpenting dalam cerita.
Ada yang kehilangan 110 kilogram karena makan makanan cepat saji (junk food) ? Versi singkatnya pun cukup membuat orang tertarik.
 Cerita itu istimewa (Mata uang sosial),membangkitkan rasa takjub dan kagum (Emosi), dan menyediakan informasi berguna tentang hidangan cepat saji yang sehat (Nilai Praktis).
-       Para pendengar berita jadi tahu tentang Jared, tapi juga jadi tahu tentang Subway bahwa
(1)  Meskipun Subway terkesan seperti makanan cepat saji, perusahaan itu menawarkan sejumlah opsi yang sehat.
(2)  Begitu sehatnya sehingga seseorang bisa menurunkan berat badan dengan makan sandwich.
(3)  Penurunan berat badan tidak sedikit
             (4)  Seseorang bisa mempunyai menu yang sebagian besar adalah sandwich Subway selama 3 bulan dan masih meneruskan pola makan itu, Jadi makanan itu pastilah cukup lezat.
 Apa kuda troya anda ?
Apakah produk/gagasan anda tertanam dalam narasi lebih luas yang membuat orang ingin membagikannya ?
 Apakah kisah itu selain mewabah juga berharga ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar