banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 14 Juli 2020

INILAH CARA MENEMUKAN KARYAWAN YANG HEBAT!⁣

Permasalahan pebisnis pemula (yang dulu juga pernah saya alami) yaitu pada karyawan.

Sulit menemukan karyawan yang tepat, sehingga turn over menjadi tinggi.

Padahal bila tahu caranya karyawan bisa dioptimalkan ke potensi maksimalnya dan bisa tetap enjoy tanpa merasa ditekan.

Ilmu ini saya dapat dari Coach Business saya yang rate-nya bisa sampai ratusan juta.

Bagaimana caranya ? Serap sampai habis ilmu mahal ini.


Dalam buku saya "Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran” 3 pilar Sunatullah bisnis adalah Great Team, Great System, Great Strategy.

Pembahasan tentang karyawan dijelaskan mendalam pada pilar Great Team.

Untuk menjadikan GREAT TEAM dimulai dari awal proses rekrutmen yang benar.

Apabila Turn over perusahaan 15 – 20 % per tahun artinya sebagai peringatan perlu perbaikan di sistem Human Resource (HR) yang anda jalankan. Sistem HR Yang dimulai dari perekrutan sampai dengan pasca penerimaan harus di bentuk sistem yang baik.

Tujuan rekrutmen yaitu menemukan man in the right place / orang yang tepat di posisi yang tepat.

Yang terjadi karena tidak tahu caranya seleksi karyawan berdasar feeling saja.

Hasilnya mendapat karyawan yang tidak sesuai dengan  yang diharapkan.

Untuk menemukan orang yang tepat anda harus gunakan Tools tes saat awal rekrutmen.

Namanya DISC Profile Test.

DISC modern pertama kali dipublikasikan oleh Dr. William Marston, seorang psikolog, melalui bukunya yang berjudul Emotions of Normal People dan diterbitkan pada tahun 1928. Beliau mencoba membagi kepribadian manusia yang beragam menjadi 4 kelompok besar: Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance.

Tes kepribadian ini merupakan tes kepribadian yang paling banyak dialihbahasakan ke berbagai macam bahasa di dunia.

Kelebihan dari tes kepribadian DISC adalah tidak perlu banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan tes.

Orang dengan tipe 'D' atau Dominance ini cenderung menjadi pribadi yang dominan dalam kesehariannya. Ya, individu dengan tipe ini juga kebanyakan berhasrat menjadi pemimpin dan ingin 'mengendalikan' orang lain. Selain itu, tipe kepribadian dominance ini suka bersaing dan ingin menjadi yang terbaik dari yang terbaik alias menjadi yang nomor satu.

  • Kelebihan tipe 'D': mampu menyelesaikan masalah dengan baik, pantang menyerah, mandiri, dan sebagainya
  • Kekurangan tipe 'D': keras kepala, terkadang tidak memikirkan perasaan orang lain, tidak sabar dan sebagainya
Cocok ditempatkan untuk posisi yang harus memimpin orang. Seperti level Supervisor, Manager, HRD, Legal, Direktur. Juga posisi Marketing perlu ada sifat ini dalam 2 skor tertingginya supaya berani untuk lakukan closing.

Kalau orang dengan tipe 'I' atau Influence ini adalah orang yang cenderung mampu            mempengaruhi orang lain. Biasanya, tipe 'I' ini suka banget bersosialisasi dengan orang lain alias pandai bergaul. Jadi, orang dengan tipe ini biasanya berorientasi pada hubungannya dengan orang lain.

  • Kelebihan tipe 'I': mudah bergaul, supel, antusias, percaya diri, pandai bicara atau berkomunikasi dan sebagainya.
  • Kekurangan tipe 'I': umumnya tidak teliti, ceroboh, gak suka dengan penolakan dari orang lain, bersikap subjektif dan sebagainya
Posisi yang cocok untuk orang karakter ini adalah untuk posisi Public Relation, Front Office, Customer Service, dan juga Marketing harus miliki skor tipe influence.

Steadiness, kalau kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya kira-kira adalah Kelebihann atau keteguhan hati. Jadi, orang dengan tipe 'S' atau Steadiness ini adalah orang yang cenderung bersifat stabil dalam hidupnya. Mereka yang bertipe ini juga tidak suka dengan konflik alias cinta damai, yang sepertinya ciri ini mirip dengan tipe kepribadian plegmatis ya? Selain itu, tipe steadiness ini suka langkah yang pelan tapi pasti lho.
  • Kelebihan tipe 'S': tenang, pendengar yang baik, sabar, bila menyelesaikan pekerjaan akan sampai tuntas meski mungkin agak lama, dan sebagainya.
  • Kekurangan tipe 'S': cenderung kaku, susah berinovasi, gak suka dengan yang namanya perubahan/suka berada di zona nyaman, dan sebagainya.
Karakter tipe ini cocok untuk pekerjaan rutinitas seperti bagian operasional, admin, akunting, controller, dan sebagainya.

Kalau tipe yang terakhir dari DISC ini yaitu tipe 'C' atau Compliance ini salah satu ciri utamanya adalah orang yang kita kenal dengan sebutan perfeksionis. Orang dengan tipe ini adalah orang yang sangat mementingkan keakuratan dan ketelitian lho. Gak hanya itu, orang tipe 'C' ini sangat logis, sistematis dan berhati-hati dalam hidupnya.
  • Kelebihan tipe 'C': biasanya mereka adalah orang yang taat pada peraturan, teratur, teliti, kebanyakan punya kecerdasan yang tinggi, dan sebagainya.
  • Kekurangan tipe 'C': sulit bekerja di bawah tekanan, gak berani mengambil resiko, kurang fleksibel, terlalu menuntut kesempurnaan, dan sebagainya.
Karakter tipe ini juga harus dimiliki dalam 2 skor tertinggi untuk posisi keuangan, akunting, juru masak, warehouse, produksi, dan posisi lain yang butuh ketelitian yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar