banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 30 Juli 2014

Istidraj

Tidaklah Semua Pemberian Alloh Itu Menunjukkan Keridhoan-Nya..

          Ibnu_Mukhtarہﮩ

Segala puji hanya milik Alloh. Sholawat dan salam untuk Rosululloh. Amma ba'du.

Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga Alloh memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat hadits Nabi kita berikut :

Dari Uqbah bin Amir ~rodhiyallohu ‘anhu, Nabi ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda,

إِذَا رَأَيْتَ اللَّهَ تَعَالى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنْهُ اسْتِدْرَاجٌ

“Apabila kamu melihat Alloh Ta'aala memberikan kenikmatan dunia kepada seorang hamba apa yang ia sukai, sedangkan ia dalam kemaksiatannya/kedurhakaannya, maka pemberian-Nya itu termasuk istidraj/hukuman dari-Nya.”

Kemudian Nabi ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ membaca firman Alloh Ta'aala :“Tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” [QS. Al-An’am: 44]

[HR. Ahmad ~rohimahulloh~, no.17349, Thobrani ~rohimahulloh~ dalam Al-Kabir, no.913, dan dishohihkan oleh Al-Albani ~rohimahulloh~ dalam As-Shohihah, no. 414].

Saudaraku seislam yang saya muliakan,  hadits yang mulia ini menunjukkan bahwa Tidaklah Semua Pemberian-Nya Itu Menunjukkan Keridhoan-Nya. Maka janganlah kita mudah terkecoh dan gampang terpesona dengan orang-orang yang bergelimang kemewahan. Ingatlah : 

“Dan apa saja  yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah keni'matan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Alloh adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya?”  ( QS. Al-Qoshosh ; 28 : 60 )

Semoga Alloh menunjuki penulis dan pembacanya kepada apa2 yang dicintai dan diridho-Nya

آميــــــــــــــــــــن يَا رَبَّ العَالَمِينْ 

Wa shollallohu wa sallama 'alaa Nabiyyinaa Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar