banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 14 Mei 2013

Hal yang membuat kita melesat


Kenapa ada organisasi / perusahaan / tokoh yang begitu hebatnya memberikan pengaruh pada dunia, dan sebagian lainnya terlihat biasa-biasa saja, padahal jika dilihat memiliki kapasitas yang tidak jauh berbeda.
Ya, ada “sesuatu” disini yang tidak kasat mata membuat mereka menjadi  berbeda. Kembali pertanyaannya apakah “sesuatu” itu ?
Seorang penulis buku bernama Simon Sinek memberikan jawabannya dalam prinsip yang dia sebut “The Golden Circle” (lihat gambar di attach)
Jadi mereka yang menginspirasi dan memberikan pengaruh tersebut adalah mendasarkan dengan pertanyaan Why ?   baru dilanjutkan How ? dan What ? Mereka berpikir dari dalam keluar, sedangkan orang lain kebanyakan berpikir dari luar kedalam.
Contohnya adalah perusahaan Microsoft dan Apple. Microsoft dengan mendasarkan Filosofi / Visi nya adalah “ingin membuat komputer ada disetiap rumah keluarga di dunia”  dan BOOM! karena yang menjadi pondasi tindakannya adalah untuk kemuliaan/kebaikan dengan cepat Microsoft berkembang dengan pesat dan menjadikan Bill Gates orang terkaya di dunia.
Kita lihat Apple, sebuah perusahaan komputer yang fenomenal dimana setiap produknya dinanti-nantikan. Kenapa orang banyak membeli IPod dari sebuah perusahaan komputer ? Bukankah Mp3 player sebelum ada Ipod pun sudah banyak beredar? Lalu kenapa I-Pad sebagai tablet unggulan dan berbeda, sedangkan bukankah banyak tablet lain yang jauh lebih murah dan terjangkau? Sama seperti jawaban Microsoft diatas, karena dia mendasarkan pada pola berpikir dari dalam ke luar, diawali pertanyaan Why ? Yaitu “Semua yang kami lakukan kami percaya berpikir secara beda dari yang sudah ada”   lalu dilanjutkan pertanyaan How ? “Untuk membuat kami berbeda kami mendesin produk kami dengan indah, sederhana, dan mudah digunakan” baru diakhiri dengan pertanyaan What ? ” Kami membuat komputer/ gadget yang hebat”
Contoh yang lebih simpel seperti ibarat kita pergi ke suatu mall kita ditawati seorang sales :
“Pak ini produk hebat loh ”  –> diawali What ?
ada juga sales yang lebih pintar menyampaikan “Pak Produk ini lebih hemat, dan canggih , yang jelas ini produk hebat” —> diawali How?
namun ada yang lain menyampaikan lebih dalam lagi “Kami ingin merubah hidup bpk menjadi lebih baik yaitu menggunakan gadget yg tentunya berbeda, produk ini dirancang sedemikian canggih dan tentunya hemat serta ramah lingkungan, produk ini hebat”  –> diawali Why ?
terasa bukan bedanya.. oleh karenanya kenapa saat kita memutuskan sesuatu kadang di hati kecil terdengar “saya tau ini bagus tapi sepertinya ada yang kurang” nah inilah yang membedakan antara mereka yang menjadi hebat , melesat karena mereka membuat orang lain meyakini apa yang diyakininya.
Kenapa bisa seperti itu ? ini terkait cara kerja otak manusia yang mana terdapa tiga lapisan otak yang masing-masing memiliki peran dan sama seperti prinsip Golden circle dimana yang terluar / neo korteks untuk berpikir analitis,rasional serta bahasa. Lalu dibagian tengah  dan terdalam /limbik otak terkait dengan perasaan,kepercayaan, kesetiaan,perilaku,pengambil keputusan. Inilah saat kita berkomunikasi dan meyakini apa yang kita lakukan adalah dari dalam keluar, seperti kita berkomunikasi langsung dengan bagian otak yang mengambil keputusan dan lalu orang akan merasionalkan dengan benda yang kita sampaikan dan kemudian melakukannya, membuat orang ingin menjadi bagian hal tersebut.disini kuncinya.
———————————
Lalu? ini bagian pentingnya…  Gunakan prinsip dan komunikasi ini untuk kita sebarkan pada semua tentang apa yang kita lakukan, persis seperti konsep diatas. Seperti yang kami lakukan pada Simply Group.
Why ?  >> “Memberikan manfaat kebanyak orang” –> Filosofi perusahaan, lalu dilanjutkan dengan Misi dan Visi masing-masing jenis bidangnya.
Jadikan ini sebagai tujuan “Membuat orang meyakini apa yang kita yakini, ini adalah nilai kebaikan yang membuat membawa orang ikut serta bersama kita bergabung”  Menjadikan pelanggan lebih loyal, membuat team semakin kuat, membuat orang terinspirasi dan ikut support, dan tentunya merubah dunia untuk menjadi lebih baik lagi.
SALAM SUKSES MULIA!

Banyak video-video inspiratif lainnya disana, sebagian ada yang ada translate bahasa Indonesia.

1 komentar:

  1. Keren mas, semangat terus posting yang kaya gini !!!!!!

    BalasHapus