banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 05 Januari 2018

Hidup berkah


Kehidupan dunia harus senapas dengan tujuan akhirat. Sebab, Islam tidak mengenal sekularisme. Din ini menentang habis-habisan dikotomi kehidupan dunia dengan agama. Islam hendak menanamkan nilai-nilai religius di setiap lini kehidupan. Kehidupan di dunia harus dikawal ketat oleh aturan agama. Bukan bermaksud menihilkan kreativitas atau mengekang kebebasan, melainkan demi mengontrol manusia agar tidak melenceng dari kodrat kemanusiaannya.

.

Islam juga tidak mengenal partikularisme dan individualisme yang mementingkan kepentingan pribadi. Oleh sebab itu, kita mengenal itsar, yakni dalam urusan duniawi kita sepatutnya mengutamakan orang lain atas diri kita dan jangan takut untuk berbagi. Inilah tingkatan ukhuwah tertinggi menurut para ulama. Dari sinilah lahir konsep zakat, sedekah, hibah, dan sebagainya.

.

Kesimpulannya, berbisnis di dalam Islam itu terikat dengan aturan syara’ yang ketat. Ada aturan halal dan haram. Orientasi bisnis pun bukan sekadar mengejar target finansial semata, melainkan harus juga untung pahala. Bekerja bukan urusan otak dan otot saja, namun bekerja itu juga ibadah.

#yukhijrah #sukses #suksesmulia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar