banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Kamis, 17 Oktober 2019

Lemah lembut


Nabi Muhammad SAW adalah seorang Nabi dan Rasul yang digelari al-Amin (terpercaya).

.

Gelar al-Amin ini jauh sebelum beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul. Pada saat beliau remaja, sudah banyak orang yang mempercayainya, banyak di antara mereka yang menitipkan barang kepada beliau saat mereka bepergian.

.

Dan, lebih kentara lagi gelar ini disandangkan saat Rasulullah SAW mampu dengan adil dan bijak memutuskan perselisihan terkait siapa yang paling berhak menempatkan kembali Hajar Aswad pada tempatnya. 

.

Gelar al-Amin (tepercaya) yang disandang merupakan bukti mulianya perangai Rasulullah SAW.

.

Setidaknya ada empat akhlak yang dimiliki oleh Rasulullah SAW sehingga beliau digelari al-Amin. Yaitu Jujur, amanah, santun, dan rendah hati.

.

Pribadi al amin tersebut membuat mereka yang hatinya jujur mudah menerima Islam.

.

Pun demikian di masa kini, umat pun bisa menilai siapa-siapa mereka yang tulus ikhlas berdakwah menyampaikan risalah Islam dengan kepribadian al amin. 

.

Sehingga bagaimana pun para pendengki dien ini melakukan muslihat dengan kampanye keburukan dan menyudutkan, cepat/lambat umat akan sadar.

.

“Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.” (QS.Ali Imran:159)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar