banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 18 Mei 2020

Semua Kondisi Adalah Kebaikan











Sudah fitrahnya manusia mengejar nikmat menghindari sengsara.

.

Pemahaman yang muncul sengsara/derita/kesulitan/sakit adalah buruk.

.

Sedang keberlimpahan/kelancaran/kemudahan adalah baik.

.

Padahal itu pemahaman yang salah!

.


Bagi seorang muslim semua kondisi adalah kebaikan. 

.


“Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya”[HR. muslim]

.


.

Manusia Sejatinya tempat salah dan dosa. 

.

Kesulitan hidup sebagai ladang penghapus dosa-dosa. Dan dengan sabar di berikan pahala tanpa batas.

.

Lalu manusia wajib bersyukur saat mendapat kebaikan, Allah SWT berjanji akan menambah lagi nikmat bagi hamba yg bersyukur.

.

Artinya saat hadapi wabah pandemi yang berdampak pada pendapatan turun, kekhawatiran, ketakutan, sampai ada yang di PHK / dirumahkan, maka hadapilah dengan penuh kesabaran dan syukur.

.

Bila masih diberi kesehatan syukuri merupakan nikmat yang besar, sementara diluaran sana sudah ribuan orang positif covid.

.

Yakinlah ada hikmah kebaikan, dan yakin Allah SWT akan selalu menyertai setiap insan bertakwa.

.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Inna lillahi wainna ilaihi raji’un.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”(Al Baqarah 155-157)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar