banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 23 Mei 2022

Ambil Semuanya Bukan Sesukanya

Allah berjanji barangsiapa bertakwa akan diberikan berkah dari langit dan bumi.


Kebaikan-kebaikan akan mengalir deras bagi hamba-Nya yang bertakwa.


Namun pemahaman takwa ini bukan hanya masalah ibadah saja, cakupannya luas.


Mulai dari hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan dirinya, juga hubungan manusia dengan manusia lainnya.


Dimensi Pertama, Hablumminallah yaitu yang mengatur Hubungan manusia dengan Allah SWT, mencakup aqidah dan ibadah (amalan).
Dimensi Kedua, Hablumminnafsi yaitu yang mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri, melingkupi makanan, minuman, akhlak, pakaian, dan seterusnya.
Dimensi Ketiga, Hablumminannas yaitu yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya, dimensi ini merupakan dimensi yang paling luas, paling banyak cakupannya. Meliputi sistem pemerintahan, sistem ekonomi, sistem sosial, sistem pidana, sistem pendidikan, dan sistem politik. 
Pada dimensi pertama dan kedua banyak orang yang telah memahaminya, namun pada dimensi ketiga masih banyak kurang memahami, padahal jelas dalam sebuah firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah : 208
“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

Ini Sesuai perintah Allah untuk menjalankan Islam secara keseluruhan.


Jadi bukan hanya ambil yang disuka saja. Suka tidak suka semua harus dijalankan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar