banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 21 Maret 2018

KEKUATAN

CEO MESSAGE #1

KEKUATAN

Alhamdulillah setelah lama tertunda akhirnya saya berkesempatan untuk membuat CEO Message ini kepada seluruh team yang berada dibawah arahan saya langsung. Harapannya dengan CEO Message ini sebagai penyambung pemikiran saya agar selaras dengan seluruh team. Dengan demikian mudahkan untuk kita bersama mencapai tujuan membangun DUNIA dengan hasilkan Karya dan Layanan yang TERBAIK dan TERPERCAYA untuk menjadikan hidup penuh KEBERKAHAN.

Tema kali ini adalah tentang KEKUATAN, dalam sebuah hadits Dari Abu Hurairah ra berkata, "bahwa Rasulullah Saw bersabda, 'Seorang mu'min yang kuat, lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Swt daripada mu'min yang lemah.." (HR. Muslim, hadits no 4816)

 Kekuatan sebagaimana yang dimaksud dalam hadits di atas, mencakup berbagai dimensi ;
PERTAMA. Al-Quwwah An-Nafsiyah, yaitu kekuatan jiwa dalam artian seorang mu'min seharusnya memiliki mental yang KUAT, tidak mudah putus asa, tidak mudah patah semangat, dan selalu OPTIMIS serta berpositif thinking. Mau bekerja di manapun tentu akan selalu menghadapi masalah/tantangan,tinggal bagaimana sikap kita terhadap setiap masalah. Selama bekerja diniatkan untuk IBADAH, berikan ikhtiar TERBAIK, serta bukan sebuah DOSA maka tidak perlu takut menghadapi masalah, apalagi sampai harus saling menuding. Jiwa yang besar justru mencari solusi bersama untuk kedepan lebih baik.

KEDUA. Al-Quwwah Al-Jasadiyah yaitu kekuatan fisik dalam arti sejatinya seorang mu'min memiliki fisik yang sehat dan kuat, tidak lemah dan tidak mudah lelah. Diriwayatkan bahwa Nabi Saw memiliki fisik yang kuat, yang bahkan ketika para sahabat kesulitan memecahkam batu yang menjadi penghalang ketika membuat parit dalam perang Khandak, maka Nabi Saw yang memecahkan batu tersebut. Rutinkan olahraga supaya fisik sehat dan kuat, walau di sela kesibukan saya mulai sedikit-dikit lari beberapa kilometer di sekitar rumah.

KETIGA. Al-Quwwah Al-Aqliyah, yaitu kekuatan akal dalam arti seharusnya setiap muslim memiliki KECERDASAN dan kaya dengan ilmu pengetahuan. Karena salah satu konsekwensi iman adalah menuntut ilmu, bahkan wahyu pertama yang diturunkan Allah Swt kepada Nabi Saw adalah perintah utk membaca. Sedangkan membaca merupakan sarana paling efektif dalam menuntut ilmu. Negara kita menurut riset termasuk negara dengan penduduk index membaca yang rendah. Luangkan waktu dalam sehari 1/2 - 1 jam untuk membaca terutama terkait kebutuhan diri. Baik dari aspek agama maupun profesional pengembangan diri dan pekerjaan.

KEEMPAT. Al-Quwwah Al-Maliyah, yaitu kekuatan finansial, dalam artian seorang muslim idealnya adalah orang yang memiliki KEMAMPUAN finansial yang cukup, kehadirannya memberikan kontribusi finansial bagi orang lain. Dengan kata lain, seorang muslim idealnya menjadi "muzakki", karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Ini bukan tentang Punya/Tidak Punya, tapi tentang mental. Banyak yang berada namun bermental miskin, sukanya hanya meminta-minta ntah dalam hal apapun. Jadilah muslim yang bermartabat, tidak perlu memaksakan diri apalagi harus berhutang riba (bank/leasing/lembaga pembiayaan) hanya untuk penuhi kemauan diri.

Semoga tulisan ini dapat di resapi dan dipahami. Mudah-mudahan Allah Swt anugerahkan kita kekuatan sebagaimana dimaksud dalam hadits di atas yang oleh karenanya menjadikan kita layak utk mendapatkan cinta Allah Swt. Amiiiin Ya Rabbal Alamiiin. 

Salam SUKSES BERKAH BERLIMPAH!
Agung Nugroho Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar