banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Kamis, 27 September 2018

Sebab kemalasan


Dulu zaman kuliah karena waktu luang yang banyak, ditambah belum belajar dalam tentang agama akibatnya mengisi waktu dengan hiburan-hiburan bersama teman-teman kampus.

.

Berganti dari satu kegiatan ke kegiatan lain yang tidak ada manfaatnya untuk bekal di akhirat kelak.

.

Banyak diantara teman-teman termasuk saya jadi malas berangkat kuliah esoknya kalau sudah begadang malam.

.

Apapun Setiap yang berlebihan memang tidak baik, dampaknya pengaruhi kegiatan lain menjadi malas. Yang bahayanya kalau yang malas terkait yang diwajibkan syariat bisa jatuh dosa karena tidak dijalankan.

.

Rumusnya lakukan yang wajib, perbanyak yang sunnah, kurangi yang mubah, hindari yang haram. Tidak berlebihan jaga dalam keseimbangan.

.

Dari Mujahid, ia berkata, aku dan Yahya bin Ja’dah pernah menemui salah seorang Anshor yang merupakan sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, para sahabat Rasul membicarakan bekas budak milik Bani ‘Abdul Muthollib. Ia berkata bahwa ia biasa shalat malam (tanpa tidur) dan biasa berpuasa (setiap hari tanpa ada waktu luang untuk tidak puasa). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, 

.

“Akan tetapi aku tidur dan aku shalat malam. Aku pun puasa, namun ada waktu bagiku untuk tidak berpuasa. Siapa yang mencontohiku, maka ia termasuk golonganku. Siapa yang benci terhadap ajaranku, maka ia bukan termasuk golonganku. Setiap amal itu ada masa semangat dan ada masa malasnya. Siapa yang rasa malasnya malah menjerumuskan pada bid’ah, maka ia sungguh telah sesat. Namun siapa yang rasa malasnya masih di atas ajaran Rasul, maka dialah yang mendapat petunjuk.” (HR. Ahmad)

#yukhijrah #yukhijrahbisnis #motivasi #inspirasi #suksesberkah #sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar