banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 07 Oktober 2018

Lawan rasa Malas



Sudah menjadi sifatnya manusia untuk mengejar nikmat menghindari sengsara. Namun jangan sampai perasaan ini mendominasi sehingga diri dikuasai kemalasan.

.

Malas beribadah, malas belajar, malas berusaha, malas berdakwah, malas ber- amar maruf nahi munkar, dan berbagai kemalasan lainnya.

.

Padahal sebagai seorang muslim banyak perintah-perintah yang tak bisa terlaksana bila hanya ikuti rasa malas.

.

Cara terbaik melawannya adalah dengan memaksa diri untuk bersegera (tidak menunda-nunda). Diawal memang terasa berat, namun seiring waktu menjadi ringan karena terbiasa.

.

Awalnya berat berjamaah ke masjid, ketika dipaksa rutinkan menjadi terasa ringan. Awalnya berat bersedekah banyak, ketika dipaksa menjadi biasa saja. Awalnya berat datang ke kajian, saat dipaksa malah menanti-nanti jadwal berikutnya. Dll dll.. dengan bersegera menuju taat maka kemudahan-kemudahan kan Allah SWT turunkan.

Rasulullah mengingatkan kita, 

.

“Bersegeralah untuk beramal, jangan menundanya hingga datang tujuh perkara. Apakah akan terus kamu tunda untuk beramal kecuali jika sudah datang: kemiskinan yang membuatmu lupa, kekayaan yang membuatmu berbuat melebihi batas, sakit yang merusakmu, usia lanjut yang membuatmu pikun, kematian yang tiba-tiba menjemputmu, dajjal, suatu perkara gaib terburuk yang ditunggu, saat kiamat, saat bencana yang lebih dahsyat dan siksanya yang amat pedih.” (HR. Tirmidzi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar