banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Sabtu, 27 Oktober 2018

Amar maruf nahi munkar


Ingin sukses DUNIA-AKHIRAT ? pertama harus tau ilmunya. Baru kemudian praktik terapkan ilmunya itu.

.

Bagi yang belum miliki ilmunya Sudah seharusnya belajar dengan orang yang berilmu. Benar begitu bukan? 

.

Faktanya “kebanyakan” paham namun sedikit yang mau jalankan. Salah satunya  ulama (orang yang ahli ilmu agama) sudah katakan bahwa amar maruf nahi munkar itu wajib atas setiap muslim.

.

Tapi ?  Masih ada juga yang diam, bahkan lebih parahnya ketika sebagian umat ber-amar maruf nahi munkar saat agamanya dihina malah NYINYIR. Padahal itu juga perintah ulama.

.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”. [Al-Imran :110].


.


“Barang siapa yang melihat satu kemungkaran, maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka dengan lisannya dan jika tidak mampu maka dengan hatinya, dan itu selemah-lemahnya iman”. [HR Muslim].


.

Kata ulama berasal dari bahasa Arab, bentuk jamak dari kata ‘aalim. ‘Aalim adalah isim fa'ildari kata dasar:’ilmu. Jadi ‘aalim adalah orang yang berilmu dan ‘ulama adalah orang-orang yang punya ilmu (agama).

.

"Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang diberikan ilmu (ulama) beberapa derajat" (QS. Al-Mujadalah: 11)

.

Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)”. 

.

Seorang ulama menjalankan peran sebagaimana para nabi, yakni memberikan petunjuk kepada umat dengan aturan Islam, seperti mengeluarkan fatwa, laksana bintang-bintang di langit yang memberikan petunjuk dalam kegelapan bumi dan laut (HR. Ahmad).

.

Bahkan Imam Al-Ghazali dalam Ihya ‘Ulumuddinmengatakan, “Tradisi ulama adalah mengoreksi penguasa untuk menerapkan hukum Allah… kerusakan masyarakat adalah akibat kerusakan penguasa dan kerusakan penguasa itu akibat kerusakan ulama.”

.

Namun hati-hati dalam memilih ulama. Al-Ghazali  membagi ulama dalam dua kategori, yakni ulama akhirat dan ulama dunia (ulama su’).  Salah satu tanda ulama dunia  adalah mendekati penguasa. 

.


Wallahu a’lam.

#yukhijrahbisnis #yukhijrah #motivasi #benderatauhid #aksibelatauhid 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar