banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 14 November 2018

Rihlah truly muslimpreneur #1




Rihlah Truly Muslimpreneur by Pengusaha Rindu Syariah jogja
.

Alhamdulillah beberapa waktu lalu kami melakukan rihlah di Gunung Kidul bersama rekan-rekan truly muslimpreneur angkatan pertama.
.
Diawali briefing menunjuk pemimpin rombongan, dengan ini mas Yoyok waroeng SS ditunjuk selaku yang paling mengetahui seluk beluk medan tempuh.
.
"Jika keluar dalam bepergian harus mengangkat salah seorang sebagai pemimpin rombongan.” (HR Abu Dawud).
.
Dilanjut peserta berangkat kegunung kidul menggunakan bus yang telah disiapkan. QSementara Team mobil offroad sudah berangkat lebih dulu stand by di meeting point.
.
Sampai lalu makan di pari gogo, sebuah restoran dengan menu khas wonosari. Barulah kemudian peserta menaiki mobil offroad menuju pantai wedi ombo menikmati sun set sambil mendengarkan hikmah cerita hijrah masing-masing peserta.
.
Selesai maghrib dimasjid terdekat barulah pemanasan off road menuju pantai sedahan,  yang bisa saya bilang seperti private beach karena belum banyak wisatawan kesana. Terang saja untuk bisa sampai kelokasi butuh mobil 4x4 yang bisa menerjang medan curam dan terjal.
.
Lalu setiba di pantai kami cek-in tenda dilanjutkan mandi, sholat dan makan malam. Menu lobster dan ikan bakar menanti untuk dinikmati. Saking lapar selain juga memang lezat, lobster disikat habis sampai kami kenyang nambah berulang kali.
.
Barulah acara kajian dari ustadz Dwi Condro,P.hD.membahas materi akidah serta problematika umat, dengan diiringi api unggun dan deburan ombak semakin menambah syahdu meresap kedalam dada.
.
Hari pertama diakhiri dengan bakar jagung dan sosis. Alhamdulillah setelah bersiap tidur masuk tenda masing-masing hujan cukup deras pun turun menambah nyenyak rekan-rekan yang beristirahat.
.
Jam 03.00 peserta bersiap sholat tahajud dilanjutkan subuh berjamaah. Materi kajian bada subuh diisi oleh ustadz Ade tentang shiroh.
.
Selepas acara bebas, berolahraga, dan sarapan barulah dilanjut acara off road yang cukup ekstrem yaitu menyusuri sungai oyo yang penuh air dan bebatuan. Adrenalin benar-benar dipacu ketika mobil-mobil jeep melibas batu-batu besar.  Rasa-rasa mobil miring seakan mau terbalik.
.
Banyak manfaat dari kegiatan rihlah ini diantaranya, media dakwah untuk saling menguatkan dalam berhijrah, perkuat ukhuwah sesama muslim, sebagai wadah silaturahim, menuntut ilmu agama, perkuat fisik dan mental terhindar dari stres. 
.
Imam An-Nawawi mengatakan: “Rehatkan jiwa kalian dari rutinitas ibadah, dengan melakukan hal yang dibolehkan, yang tidak ada dosa tapi juga tidak berpahala.” Sahabat Abu Darda’ ra. menyatakan: “Sungguh, saya merefress jiwa saya dengan melakukan sebagian sendau-gurau atau permainan yang dibolehkan, agar saya kembali giat dalam melaksanakan kebaikan.” Sedangkan Imam Ali ra. berkata: “Rehatkan hati kalian, karena hati juga merasa bosan sebagaimana jiwa kalian merasa capek dan bosan.”[Faidhul Qadir, Syarh Al-Jami’ Ash-Shagir, Jil. 4, Hal. 40 dengan diringkas.]
.
Nantikan event truly muslimpreneur berikutnya! — bersama Rifqi Trianaputra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar