banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Sabtu, 08 Desember 2018

Akar segala masalah



Berbagai masalah dalam kehidupan diawali adanya sebab sehingga timbulnya akibat.

.

Akar masalah terjadi karena tidak dijalankan syariat didalam kehidupan. Mulai dari aturan hubungan manusia dengan Allah SWT (akidah, ibadah), hubungan manusia dengan dirinya sendiri (pakaian, makanan , akhlak), sampai dengan hubungan manusia dengan manusia lain (muamalah level individu sampai level negara, sanksi hukum Islam)

.

Akibatnya berbagai kerusakan terjadi mulai dari level keluarga, masyarakat hingga negara yang kesemuanya saling terkait.

.

Peran negara sebagai pengurus rakyat memiliki peran besar supaya rakyatnya menjadi pribadi yang bertakwa. Yaitu dengan membuat aturan dan kebijakan sesuai syariat-Nya bagi para pemeluk-Nya, persis seperti yang digagas para founding fathers dalam Piagam Jakarta.

.

“Tidaklah pantas bagi seorang lelaki yang beriman, demikian pula perempuan yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu perkara lantas masih ada bagi mereka pilihan yang lain dalam urusan mereka. Barangsiapa yang durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya sungguh dia telah tersesat dengan kesesatan yang amat nyata.” (QS. Al-Ahzab: 36)

.

 “Wahai kaum Muhajirin! Ada lima hal, jika kalian diuji dengan semua itu—dan aku berlindung kepada Allah agar kalian tidak menjumpainya—Di antaranya, ‘Tidaklah pemimpin-pemimpin mereka berhukum pada selain kitab Allah dan lebih memilih (selain hukum) yang diturunkan Allah, melainkan Allah akan menimpakan permusuhan di antara sesama mereka’.” (Shahih Sunan Ibnu Majah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar