banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 01 September 2019

Keridhoan

Kebahagiaan hakiki itu bukan karena berlimpahnya harta, materi, senang gembira, dan hal-hal perkara dunia. Karena itu semua fana dapat hilang dalam sekejap mata, entah kini atau nanti.

.

Namun tak lain kebahagiaan hakiki itu adalah ketika Allah SWT ridho.

.

Kata Ridho berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata rodiya yang berarti senang, suka, rela. Sedikitnya, Alquran dan hadis menyebutkan tiga hal ridha yang diperintahkan.

.

Pertama, ridha seseorang terhadap Allah sebagai Rabbnya, agama Islam sebagai dinnya, dan Nabi Muhammad sebagai rasulnya. Yaitu dibuktikan dengan menjalankan setiap syariat-Nya.

.

Dari ‘Abbas bin Abdul Muththalib, Rasulullah ﷺ bersabda, “Akan merasakan kelezatan iman, orang yang ridha kepada Allah sebagai Rabbnya dan Islam sebagai agamanya serta Muhammad sebagai nabi dan rasulnya." (HR Muslim). “Mereka yang ridha kepada Allah maka Allah pun meridhai mereka” (QS al-Mujadalah: 22).

.

Kedua, ridha orang tua terhadap anaknya. Ridha Allah SWT bergantung pada ridha orang tua yaitu dengan berbakti kepada kedua orang tua yang telah melahirkan dan merawat kita.

.

 Rasulullah ﷺ bersabda, "Ridha Allah SWT tergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah SWT tergantung kepada kemurkaan orang tua." (HR Bukhori, Ibnu Hibban, Tirmidzi, Hakim).

.

Ketiga, ridha suami kepada istrinya diawali dengan niat karena Allah istri taat kepada suaminya yang selama tidak melanggar syariat kan berbalas ridho Allah. "Setiap istri yang meninggal dunia dan diridhai oleh suaminya maka ia masuk surga." (HR at-Tirmidzi).

.

“Maukah kalian aku beritahu tentang istri-istri kalian di dalam surga?” Mereka menjawab: “Tentu saja wahai Rasulullaah!” Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Wanita yang penyayang lagi subur. Apabila ia marah, atau diperlakukan buruk atau suaminya marah kepadanya, ia berkata: “Ini tanganku di atas tanganmu, mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridha.” (HR. Ath Thabarani)

.

Ketika dijalankan maka “Selamat !” kesabaranmu tak kan sia-sia karena diniatkan dan dijalankan sesuai tuntunan.

#motivasiislami #suksesmulia #suksesmuda #yukhijrah #yukhijrahbisnis #quotesagungns

Tidak ada komentar:

Posting Komentar