banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Kamis, 05 Desember 2019

Pakol




Banyak yang tanya ini peci/topi apaan sih bentuknya aneh mirip telor ceplok bagian atasnya.

.

Peci yang saya dapat di Madinah ini namanya Pakol, menjadi peci khasnya Afghanistan dan Pakistan . Pakol (juga dieja Pakul atau Khapol, dari Khowar bahasa Chitral) adalah, topi laki-laki yang berbentuk bulat berlapis lunak , biasanya dari wol dan ditemukan dalam berbagai warna sederhana: coklat, hitam, abu-abu, atau gading.

.

Pakol berasal dari Chitral dan Gilgit daerah yang sekarang berada di Utara Pakistan. Populer diantara suku-suku Pashtun Utara pada awal abad kedua puluh sebagai pengganti sorban mereka yang besar dan rumit.

.

Ada dua tipe dasar Khapol: gaya Chitrali, yang penuh dijahitan, dan gaya Gilgiti yang dikenakan seperti topi rajut. Khapol Chitrali memiliki banyak variasi yang populer di Pakistan dan Afghanistan.

.

Pakol sering dijumpai di Afghanistan, Pakistan, dan di Uzbekistan serta Tajikistan. Di Pakistan, sangat populer di Provinsi North West Frontier dan Daerah Utara seperti Gilgit dan Hunza dan Chitral, juga di beberapa daerah Utara di Jammu dan Kashmir .

.

Peci ini mendapat perhatian di Barat pada 1980-an, terkenal sebagai seorang topi seorang Muslim , Pashtoon atau mujahidin. Pakul kemudian menjadi penututup kepala mujahidin Afghanistan yang berjuang melawan penjajahan Soviet(1979-1989). #quotesagungns 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar