banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 22 Mei 2017

BISNIS HULU HILIR HALAL



BISNIS HALAL DARI HULU HINGGA HILIR.
.
.
Sahabat muslimpreneur sekalian, Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar istilah “Bisnis Halal” ??


Apakah yang di maksud bisnis halal hanya bisnis yang menjual barang-barang halal (tidak mengandung zat yang haram, seperti khomr, babi, dsb) saja?

Bisnis Halal itu bukan hanya dari produk berupa zatnya saja. Namun bisnis Halal itu mulai dari sumbernya, prosesnya, bahkan sampai hasilnya haruslah mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan islam. Ini yang belum banyak difahami oleh muslimpreneur saat ini. Jadi semua proses bisnis dari A-Z harus terikah dengan hukum syara, inilah bisnis yang halal.

Penting bagi seorang muslimpreneur memahami akan kehalalan dan juga keharaman dalam berbisnis. Seperti yang saya jelaskan tadi,Halal-Haram bukan hanya dari kandungan materi produknya saja namun juga dari prosesnya, sumbernya, organisasinya, sistem beserta starteginya dan seluruh bagiannya dimana dari Hulu sampai Hilir haruslah HALAL.

Dijabarkan dalam buku saya beberapa aspek (bidang) yang kesemuanya haruslah sesuai syariat (aturan Allah), yaitu :

Aspek Strategi Bisnis, Aspek Teknis dan Teknologi, Aspek Ekonomi dan Keuangan, Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Organisasi dan Manajemen.

Ali bin Abi Tholib ra. Mengatakan :

“Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.” (Mughnil Muhtaj, 6/310)

Maka, disinilah pentingnya ilmu dalam berbisnis, baik ilmu yang sifatnya teknis maupun ilmu pengetahun yang bersumber dari Aturan-aturan Allah (Syariat Islam) yang membahas tentang berbisnis supaya bisnis kita BERKAH karena proses dari HULU sampai HILIRnya HALAL.

Nah, sudahkah bisnis kita HALAL dari HULU sampai HILIR??

Ini saatnya Bisnis kita naik ke level yang lebih hebat dan lebih berkah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar