banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 22 Mei 2017

Cara Menangkan Persaingan Bisnis #2


Nahh !! ini dia yang ditunggu-tunggu Episode ke-2 tentang cara menangkan persaingan dalam bisnis.

Kesimpulan pada episode sebelumnya Michael Porter katakan “Menjadi TERBAIK di segala hal adalah sebuah strategi yang KELIRU” . Mengapa keliru ? Silahkan dibaca lagi episode pertama.
.

Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk menangkan persaingan bisnis ?
.

Sebelum saya jawab, Profesor Youngme Moon berkata : “Semakin keras organisasi bersaing, menjadi kurang berbeda mereka jadinya. Produk tidak lagi bersaing satu sama lainnya, tetapi saling meruntuhkan satu dan lain di pikiran konsumen yang menggunakannya.”

.
Artinya begini, ibarat anda seorang atlit spesialis lari jarak panjang (marathon), namun anda malah memutuskan bersaing di lari sprint 100 meter yang bukan kelebihan anda. Seharusnya anda fokus di kelebihan/keunggulan yang anda miliki, sehingga persaingan menjadi tidak relevan. Yaitu konsumen tidak membandingkan anda dengan usaha sejenis karena sejatinya berbeda.
.
.

“Strategi bersaing berarti memilih jalan yang BERBEDA dibandingkan yang lain. Organisasi harus bersaing menjadi UNIK” -Michael Porter-

Ya JAWABANNYA adalah menjadi UNIK!

.

Fokusnya adalah MENCIPTAKAN “SUPERIOR VALUE” pada kelompok konsumen yang dipilih! Bukan pada meniru atau menyamai pesaing.
Jadi tentukan dulu anda ingin menggarap kelompok konsumen (segment-target) yang mana ? Setelah itu ciptakanlah Value dari bisnis yang anda jalankan. Pastikan Value ini berbeda dari yang lain, bahkan UPAYAKAN benar-benar bisnis anda yang pertama.

.
Salah satu cara menjadi BERBEDA adalah dengan teknik REVERSAL (Pembalikan). Tidak ketika yang lain bilang Ya. Ya ketika yang lain bilang Tidak.

.
Contohnya sebelum Google menjadi raksasa seperti sekarang Yahoo lebih dikenal. Tampilan halaman depan Yahoo penuh dengan menu dan tulisan, mungkin supaya permudah user cari menu. Namun Google berani berbeda, tampilan depan cukup dengan satu kotak search saja.

.
Contoh lain restoran di Amerika ketika itu sedang terkenal konsep Fast Food yang dianggap ringkas dan cepat. Namun ada sebuah restoran yang berpikir sebaliknya, dia munculkan konsep Slow Food walau dengan produk yang sama. Hasilnya BOOM! restauran tampil beda, orang rela antri demi dapatkan makanan itu.

.
Bagaimana strategi menjadi BERBEDA lainnya ? Dan Apakah cukup hanya dengan KEUNIKAN saja anda bisa menangkan persaingan ?

.
Jangan kemana-mana nantikan episode berikutnya

.
Silahkan like & comment supaya makin banyak yang dapat manfaat.

.
SALAM SUKSES BERKAH BERLIMPAH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar