banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 22 Mei 2017

Cara Menangkan Persaingan Bisnis #3

.


Pada episode sebelumnya strategi untuk memenangkan persaingan bisnis adalah dengan menjadi berbeda, seperti yang disampaikan Michael Porter berikut

“Strategi bersaing berarti memilih jalan yang BERBEDA dibandingkan yang lain. Organisasi harus bersaing menjadi UNIK” -Michael Porter-

Yaitu Fokusnya adalah MENCIPTAKAN “SUPERIOR VALUE” pada kelompok konsumen yang dipilih! Bukan pada meniru atau menyamai pesaing.

Pada Episode kedua telah dibahas bahwa salah satu strateginya yaitu dengan Teknik Reversal (Pembalikan), silahkan dibaca kembali untuk mengingatkan atau bagi yang belum sempat membaca.

Kali ini saya akan bahas tentang bagaimana strategi menjadi berbeda lainnya.

.

STRATEGI BREAKAWAY (Melepaskan Diri)

Strategi menjadi berbeda yaitu dengan melepaskan diri dari anggapan/kebiasaan/panutan yang selama ini berlaku di masyarakat. Contohnya seperti dahulu masih dikenal namanya laundry itu dihitung satuan per potong pakaian, lalu muncullah konsep laundry berdasar berat pakaian atau yang dikenal dengan konsep laundry kiloan.

Contoh lain dahulu Jam Tangan telah menjadi aksesoris yang jarang berganti, lalu Merek Jam Tangan Swatch merubah kebiasaan ini dengan menjadikan Aksesoris harian yang setiap hari berganti sesuai dengan tema atau menyesuaikan aktivitas harian.

.

STRATEGI HOSTILITY (Anti Market)

Strategi ini lebih kepada cara mengkomunikasikan produk dalam sebuah komunikasi marketing dengan cara MENGATAKAN APA YANG MEREK LAIN TIDAK MAU MENGATAKAN.

Contohnya Mobil Mini Cooper, tidak seperti jenis mobil kecil lainnya yang tidak mau menyebut sebagai mobil mungil, namun Mini Cooper malah katakan sebaliknya secara terang-terangan bahkan bisa dibilang berlebihan dengan kampanye “Ini bahkan lebih kecil dari yang anda duga!”.

Mini Cooper telah melakukan strategi Anti Market yang biasanya terjadi dalam kampanye pemasaran.

.

Itulah dua strategi menjadi Unik dan Berbeda, lalu strategi apa selanjutnya untuk bisa memenangkan persaingan ? Cukupkah hanya dengan menjadi Berbeda saja ??

.

Jangan Kemana-mana ikuti episode berikutnya.

.

Silahkan like & comment supaya makin banyak yang dapat manfaat.
.
SALAM SUKSES BERKAH BERLIMPAH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar