banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 13 April 2018

Ulu Cami Bursa

Menelusuri jejak Khilafah Utsmani #4 
.
Pada tahun 1317, Osman atau Usman (anak dari Ertugrul Gazi) mengepung Bursa hingga jatuh ke dalam kekuasaannya pada tahun 1326 dan menjadikan kota ini sebagai ibu kota. Osman inilah yang selanjutnya mendirikan Emperium Usmaniyah yang oleh orang Eropa disebut dengan Kekaisaran Otoman karena ketidakmampuan menyebutkan dengan baik Nama Osman atau Usman. Selama 39 tahun Bursa menjadi Ibukota Usmaniyah sampai tahun 1365.
.
Ibukota Emperium Usmaniyah kemudian dipindahkan ke kota Edirne dan bertahan hingga 90 tahun, namun ahirnya dipindahkan lagi ke Istanbul setelah Sultan Mehmet II atau Muhammad Al-Fatih berhasil menaklukkan Byzantium di Konstantinopel tahun 1453.  Istanbul menjadi ibukota terahir Emperium Islam Usmaniyah selama sekitar 469 tahun hingga dibubarkannya Emperium tersebut di tahun 1924 oleh Kemal Attaturk lalu mendirikan Republik Turki yang kini kita kenal sekaligus memindahkan lagi Ibukota negara ke Ankara hingga hari ini.
.
Ulu Camii adalah Masjid Agung Kota Bursa, Turki. Dibangun mulai 1396 dan selesai pembangunannya tahun 1399 atas perintah Sultan Bayezid I, oleh arsitek Ali Neccar. Masjid yang telah berdiri lebih dari 600 tahun ini hingga sekarang masih kokoh dan digunakan untuk shalat berjamaah.
.
Menariknya dari masjid bergaya arsitektur Seljuk ini adalah cerita dibalik pembangunan masjid tersebut. Dahulu sang sultan bernadzar untuk membangun 20 masjid bila memenangkan perang Nicopolis. Sayangnya ketika beliau memenangkan perang tersebut, bendahara kerajaan menyampaikan pada sang arsitek bahwa keuangan kerajaan tidak mencukupi untuk pembangunan 20 masjid. Maka atas inisiatif arsitek Ali Neccar, dibuatlah sebuah masjid besar dengan 20 kubah dan diberi nama Ulu Camii.
.
Dengan cuaca yang sejuk menambah kekusyuan beribadah. Nantikan perjalanan jejak sejarah seanjutnya 
#turkey #turki #bursa










Tidak ada komentar:

Posting Komentar