banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Selasa, 17 Juli 2018

Kolaborasi



Sebuah pepatah Afrika kuno mengatakan “Kalau ingin cepat bergeraklah sendiri, tetapi kalau ingin jauh bergeraklah secara kelompok”
.
Pesan ini juga bisa diterapkan dalam strategi bisnis. Diterjemahkan bila ingin bisnisnya fleksible, cepat dalam mengambil keputusan serta tidak mau terikat input dari orang lain maka bangun saja bisnis sendiri, tanpa perlu berpartner. Namun konsekuensinya hasilnya sesuai dengan kapasitas individu masing-masing.
.
Namun bila ingin bisnisnya tumbuh besar dengan skala nasional/internasional maka diperlukan partner bisnis yang bisa memperkuat dan melengkapi dengan menutup kelemahan dalam diri. Konsekuensinya memang harus saling memahami tidak bisa bersikap individual, dibutuhkan kedewasaan.
.
Prinsip kolaborasi ini juga telah diajarkan dalam Quran supaya kita bersatu jangan tercerai berai. Karena 1 lidi mudah patah, namun ratusan lidi yang bersatu akan sulit dipatahkan.
.
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara.” (QS Ali Imran:103)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar