banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 08 Juli 2018

Negara yang diberkahi



Faktanya untuk jadi pemimpin dalam sistem ini butuh biaya tinggi, jika menang pun harus balikin modal/ikuti kebijakan partai pengusung/banyak kepentingan lainnya.

.

Dalam bisnis sehebat apapun CEO nya kalau sistemnya buruk & tidak dibenahi ya tidak max, apalagi kalau sang-CEO tidak punya wewenang untuk merubah sistem.

.

Akhirnya sang pemimpin hebat hanya bisa lakukan kebijakan2 minimalis. Tidak bisa tutup pabrik khamr, hapus riba, hukum qisos ,tutup pasar modal, dll,dll aturan-aturan yang sesuai dengan syariat.

.

Jika nekat lakukan perubahan “radikal” sudah bisa ditebak: cara halus di turunkan baik-baik, cara kasar ya di habisi dengan kudeta. Fakta  yang terjadi di negeri2 muslim demikian.

.

Jadi perlu dipikirkan apakah cukup hanya dengan ganti pemimpin? Namun juga harus dipikirkan untuk ganti sistem, dengan terus beri penyadaran keseluruh lapisan termasuk sang pemegang kekuatan.

.

Hingga saatnya tiba masyarakat mendukung, pemilik kekuatan mendukung, lalu perubahan sistem dan pemimpin berlangsung. Begitulah jalan yg dicontohkan Rasulullah SAW hingga akhirnya Memimpin di Madinah

.

“Tidak selayaknya seorang mukmin dipatuk ular dari lubang yang sama sebanyak dua kali.” (HR. Bukhari no. 6133 dan Muslim no. 2998) #yukngaji #shiroh #yukmikir #hijrah #berkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar