banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 03 Agustus 2018

Yang bernilai bukan hanya uang



Yakin Tidak Dapat Sepeser Pun?
.
Sesuatu yang bernilai itu BUKAN HANYA uang.  Sesuatu yang hasilkan manfaat walau bukan berupa uang juga disebut bernilai. Dan setiap yang bernilai itu bisa diukur, minimal dengan uang itu sendiri.
.

Kaidah para ulama “ Setiap pinjaman yang menghasilkan manfaat adalah riba.”. Menandakan manfaat ini sesuatu yang bernilai dan sampai disetarakan dengan uang.

.
Dalam bisnis/ bermuamalah bisa jadi tidak dapat “sepeser pun” berupa uang. Tapi sejatinya dia sudah dapat manfaat “sekian peser “ (bila dihitung) dari manfaat yang didapat dari hal-hal lain.

.
Jadi nggak bisa dibilang tak mendapat sepeserpun kalau anda bisa mendapat manfaat dari hal lainnya.Ini yang terkadang lupa dihitung nilai dari manfaat yang didapat. Untuk itu diperlukan pemahaman yang benar serta akad yang jelas supaya terhindar dari ketidakadilan. 
.
 “Wahai orang-orang yang beriman, Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, sekalipun terhadap dirimu sendiri atau terhadap kedua orangtua dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) orang yang kaya ataupun miskin, maka Allah lah yang lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (fakta) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah Maha teliti terhadap segala sesuatu yang kamu kerjakan” (Q.S An-Nisa: 135)
.
#yukhijrahbisnis #suksesberkah #suksesduniaakhirat #sukses #motivasi #inspirasi #hijrahbisnis #hijrah #suksesbisnis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar