banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 17 Februari 2021

Cinta dunia


“Pecinta dunia tidak akan terlepas dari tiga hal: (1) Kesedihan (kegelisahan) yang terus-menerus, (2) Kecapekan (keletihan) yang berkelanjutan, dan (3) Penyesalan yang tidak pernah berhenti.”
(imam ibnul qayim)

Kalau terjemahan bebas saya dari perkataan Imam Ibnul Qayim diatas :
(1) Kesedihan & kegelisahan terus menerus akan muncul karena hatinya tidak pernah merasa cukup, selalu ada yang kurang, selalu ada yang salah, selalu ada yang mengganjal. Sebab kurangnya rasa syukur sehingga yang tampak hanyalah kekurangan di matanya. Padahal masih banyak hal baik yang patut disyukuri sepanjang perjalanan hidup. Ketika banyak bersyukur maka justru nikmat akan digandakan oleh Allah SWT.

(2) Kecapekan (keletihan) yang berkelanjutan : karena aktivitas tidak dilandasi niat yang benar ikhlas karena Allah SWT dampaknya mudah letih, energinya terbatas. Pekerjaan/aktivitas seringan apapun kalau terpaksa akan terasa berat, sebaliknya bila dilakukan ikhlas menjadi terasa ringan. Karena niat itu menguatkan. Seperti orang yang niat puasa lebih kuat walau tidak sahur sekalipun.

(3) Penyesalan yang tidak pernah berhenti : Penyesalan terus selalu muncul, tidak puas dengan keadaan. Berandai-andai seandainya begini dan begitu. Padahal terhadap setiap ketetapan Allah harus diterima adanya. 

Semoga setiap amalan aktivitas diri tidak sia-sia menjadi bekal akhirat. Yaitu dengan Jadikan semua aktivitas harus berkolerasi ibadah, jadikan dakwah (amar maruf nahi munkar) sebagai poros kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar