banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 01 Agustus 2022

INI DIA CARA TETAPKAN TARGET BISNIS !

 Seorang pengusaha yang sukses TENTU memiliki target yang menentukan arah pencapaian bisnis. 

 

Mereka adalah orang-orang yang objektif dan memiliki sebuah target yang realistis dalam hidupnya. 

 

Mereka mengetahui apa yang mereka inginkan dan berusaha untuk mencapai hal tersebut. 

 

Salah satu tools membuat target adalah S.M.A.R.T.

 

Kepanjangan dari S.M.A.R.T yaitu Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Timely.’

 

Pertama, Spesific – target yang ingin dicapai haruslah spesifik. Tentukan batasan dari target tersebut sehingga target yang akan dipenuhi tidak meluas. Target yang lebih spesifik mempunyai kesempatan untuk dapat dicapai dan diselesaikan jika dibandingkan dengan target yang umum.


Selanjutnya, Measurable – tidak hanya spesifik, Anda juga harus membuat target tersebut dapat diukur secara logis untuk mengetahui proses dari target tersebut, dan Anda dapat mengetahui kapan target tersebut terpenuhi.


Achieveble – dalam membuat target juga harus objektif dan sekiranya dapat dicapai atau diselesaikan. Dengan kata lain target tersebut tetap harus realistic dan Anda tahu bagaimana cara mencapai target tersebut.


Realistic – target yang dibuat juga harus relevan, dalam artian apakah target tersebut penting dan mampu Anda capai serta kesesuaian target dengan diri Anda.


Timely – Anda harus memiliki deadline atau tenggat waktu dari setiap target yang Anda buat. Hal tersebut akan sangat membantu supaya dapat lebih fokus terhadap usaha yang dijalankan sehingga Anda dapat menyelesaikan dan mencapai target sebelum tenggat waktu yang ditentukan.


Nah.. Anda harus dapat membuat target Anda menjadi target yang S.M.A.R.T karena nantinya target ini akan sangat membantu menentukan arah mencapai setiap target yang telah Anda tetapkan.


Contohnya kami di Simply Fresh Laundry memiliki VISI dengan rumusan SMART yaitu :

Laundry (spesifik) Terpercaya (measurable) yang Mempermudah Urusan Seluruh Keluarga di Dunia (achievable/realistic) Dengan Membuat Pakaian Menjadi Bersih dan Suci pada tahun 2030 (timely).

 

Setiap orang yang ingin sukses harus mempunyai target yang jelas dalam hidupnya. Target seperti doa dan harapan kita kepada Allah SWT. Jika target Anda adalah sebuah kesuksesan dalam berbisnis, maka ukur kesuksesan tersebut, buat lebih spesifik dan tentukan deadline untuk mencapainya. Semoga doa anda mewujud nyata menjadi sebuah pencapaian nyata.


Salam Sukses Berkah Berlimpah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar