banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 26 April 2019

Kesombongan



MENERIMA TANPA MENJALANKAN

.

Bukti ketaatan diri kepada Allah SWT adalah dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhkan segala larangan-Nya.

.

Belum dianggap taat apabila menerima dan mengakui Islam namun tidak mau untuk menjalankan dalam setiap perilaku kehidupan.

.

Dikutip dari Kisahmuslim, alasan Abu Jahal menolak beriman. Bukan karena Muhammad bin Abdullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu berdusta. Tapi yang menghalanginya adalah kesombongan. Jika dia beriman, berarti kabilahnya kalah dalam kemuliaan. Kabilahnya kalah gengsi dengan bani Hasyim. Dan di zaman sekarang, alasan ini pula yang menjadi latar belakang seseorang menolak untuk taat.

.

Di hari Perang Badar, al-Akhnas bin Syuraiq bertanya kepada Abu Jahal, “Abul Hakam (sebutan Abu Jahal di tengah kafir Quraisy), beritahu aku tentang Muhammad. Apakah ia orang yang jujur atau pendusta? Karena di sini tak ada seorang Quraisy pun selain aku dan engkau yang mendengar pembicaraan kita.” Abu Jahal menjawab, “Celaka engkau! Demi Allah, sungguh Muhammad itu seorang yang jujur. Dia sama sekali tak pernah berbohong. Tapi, kalau anak-anak Qushay dengan al-liwa’ (mengatur urusan perang), hijabah (memegang kunci Ka’bah dan pengaturannya), siqayah (memberi jamaah haji minum), dan juga nubuwwah (kenabian), Quraisy yang lain kebagian apa?” (Ibnul Qayyim, Hidayatul Hayara, Hal: 50-51). .


Semoga kita dihindarkan dari sikap sombong yang menolak taat karena kedepankan nafsu (perasaan, harta, kedudukan, jabatan) dibanding keridhoan Allah SWT. aamiin. .

Salam Sukses Berkah Berlimpah!

#kerashati #motivasiislami #yukhijrah #yukhijrahbisnis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar