banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Kamis, 18 April 2019

Urgensi Sistem Kehidupan



Urgensi Sistem Kehidupan

Menurut KBBI arti dari sistem adalah   perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. 
.
Dalam buku pertama yang saya tulis, dijelaskan bahwa membangun bisnis yang hebat selain harus sesuai syariat juga harus sesuai sunatullah,  yaitu dengan Great Team, Great System dan Great Strategy.
.
Great System/ Sistem yang hebat dibutuhkan bila ingin membesarkan skala bisnisnya. Tanpa dukungan sistem yang hebat maka sebagus apapun teamnya akan sulit untuk maju berkembang maksimalkan potensinya.
.
Dalam level keluarga juga demikian dibutuhkan sistem berkeluarga yang mumpuni bila ingin terbentuk keluarga yang kokoh, tahan dari serangan gaya hidup rusak di zaman jahiliyah moderen ini.
.
Yaitu dengan meneladani Rasulullah SAW. Seperti suami menjadi pemimpin (qowam) bagi istri dan anaknya,  wajib mendidik dengan baik (sesuai syariat), serta ketundukan anak istri kepada pemimpin keluarga tersebut sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.
.
Apalagi di level negara yang demikian rumit terdiri banyak kepala, dengan berbagai ide, kebiasaan, perilaku, dan pemikiran yang berbeda-beda. Serta banyaknya berbagai bidang yang diatur mulai dari sosial, ekonomi, politik, persanksian, dll. Akal manusia yang terbatas akan sangat sulit menjangkau itu semua untuk membuat sistem dan aturan yang komperehensif berikan keadilan, kebaikan merata, efek jera, dsb.
.
Bahagianya kita hidup dizaman ketika risalah Islam telah diturunkan secara sempurna, nyata dan terang benderang, sehingga umat-Nya tinggal menjalankan panduan tersebut. Syariat mengatur secara tuntas urusan bernegara supaya tercipta negeri yang BALDATUN THAYYIBATUN WA RABBUN GHAFUR, sebuah negeri yang diberkahi menyinari dunia memberikan Rahmat bagi semesta alam. 
.
Semoga para pemimpin negeri menyadari urgensi dibutuhkannya sistem terbaik ini.
.

"Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (Para Rosul), maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." QS Al A’raf: 96

Tidak ada komentar:

Posting Komentar